12/01/2015

Jelajah Tanah Flores & Timor Day 3 (Kampung Besikama, Kab. Belu, Timor)

Senin, 22 Desember 2014

Seharian Jadi Orang Timor

Pagi itu saya terbangun agak siang, karena malemnya saya tidur cukup larut sekitar jam 1 pagi. Maklum, buat bisa tidur di tempat baru agak susah buat saya. Ditambah hawanya cukup panas, ga tau kenapa daerah Timor ini panasnya udah berasa matahari di ubun ubun (ya kaliii di Padang Mashyar) hahahaha. Tapi karena kebaikan mama dan kakak disana, kamar saya mendadak dibuatin jendela dan dipasangan kipas angin. Mereka cekatan banget, saya aja sampe takjub. Makasih mama dan kakak.

Sekitar jam setengah 9 pagi saya baru keluar kamar, dan di dapur para mama langsung menyambut saya "Pagi, gimana tidurnya ?" sambil menyiapkan sarapan untuk saya. Sarapan saya pagi itu adalah "pisang ramas" dan secangkir teh hangat. Pisang ramas itu, pisang yang diremes sama tepung trus digoreng, semacam pisang goreng tapi pisangnya dihacurin gitu. Ahh nikmatnya pagi di pedalaman Timor. Udaranya seger banget bloggie, dan sejuk maksimal. Apalagi ditemani host fam saya selama di Timor ini. Beda kalo siang, pagi disini anginnya masih rajin berhembus, kalo siang mah boro boro, panasnya maksimal banget. Fyi disini banyak banget anjing, ada kira kira sekitar 5 anjing suka nongkrong di dapur. Dan kalo saya mau ke dapur, para mama cekatan ngusir anjing anjing itu karena tau saya paling takut sama anjing. Mereka baik banget pokoknya, sumpah. Selesai sarapan saya mencuci baju yang pake kemaren, biar ga banyak banyakin baju kotor di tas. Seru banget deh nyucinya, pake nimba air dulu, trus nyuci beralaskan rumput. Saya malah keasikan main air daripada nyuci baju hahaha.

Menu sarapan, pisang ramas dan teh hangat
Dapur tradisional di kampung
Rumah di pagi hari, segeerrrrrrr
Hari ini rencananya kami sekeluarga mau berkunjung ke rumah bapaknya Yance, Bapak Jonas. Jangan tanya kenapa mereka pisah rumah, emang lagi ada masalah keluarga, tapi sejauh ini saya lihat mereka rukun aja. Sebelum berangkat, mama nyiapin semua keperluan selama perjalanan. Fyi, perjalanan ini jalan kaki lho bloggie, jauhnya sekitar 3km dan udara siang mulai mengigit. Saya parno aja kalo tiba tiba pingsan di jalan karena kepanasan (lebay) makanya saya makan pisang sebanyak mungkin yang disediain mama di kamar saya sejak kedatangan saya, semacam welcome fruit hahaha. Setelah mempersiapkan diri, saya dan rombongan mulai berjalan ke rumah Bapak. Biar ga kepanasan, mama ngasih saya payung trus saya dibawain air mineral 1,5 liter. Fyi, selama di kampung, Yance nyuplai air mineral satu kotak buat keperluan kami minum. Yance bilang sih air masak di kampung rasanya ga enak, ada after taste nya gitu. Saya pun penasaran dan nyoba, emang bener rasanya ga enak, ada rasa getir setelah nelen. Sejak itu saya setuju sama Yance hahaha.

Perjalanan ke rumah Bapak banyak pemandangan yang asik banget. Kaya rumah rumah beratapkan jerami ala ala rumah tradisional gitu. Pokoknya banyak banget pemandangan superb selama perjalanan saya ke rumah Bapak. Yance nenangin saya yang heboh sendiri liat rumah rumah tradisional itu "Nanti bapak rumahnya juga gitu, puasin lah foto disana". Jarak satu rumah dengan rumahnya itu jauh jauh bloggie. Terpisahkan tanah lapang yang luas, hutan sagu, dan pohon pohon kelapa. Bener bener pemandangan yang ga pernah saya temuin sebelumnya, sekalipun di desa di Jawa yah. Bahkan beberapa kali kami harus melewati semak semak yang rumputnya setinggi badan. Saya mulai parno aja sama ular, ulet, dan segala macem binatang aneh yang hidup disana. Perjalanan sejauh 3 km dengan cuaca yang panasnya ga tanggung tanggung, ga terasa karena selama perjalanan mata saya dimanjakan oleh pemandangan yang indah banget. Subhanallah

Sesampainya di rumah bapak, saya seneng banget liat pohon buah kersen (beberapa orang menyebut juga dengan buah ceres) yang banyak banget buahnya yang mateng. Keponakan keponakan Yance pun langsung manjat ngambilin buahnya begitu tau saya suka banget sama buah kersen. Makasih yah. Di kampung ini semuanya bisa didapet dengan mudah, kalo pengen nyemil buah bisa langsung petik. Dan sejauh ini yang saya lihat mereka ga pernah ke pasar untuk beli makanan, karena disini melimpah. Jagung ada, sagu ada, ikan ada, pepaya ada, pisang ada, daun singkong ada. Fyi, disini nasi bukan makanan pokok, mereka lebih suka sagu dan jagung.

Keponakan Yance yang jago banget manjat pohon
Buah kersen yang legit menggigit
Setau saya di rumah bapak nanti akan ada beberapa ritual adat. Saya sebenernya kurang ngerti apaan. Karena saya ga ngerti apa yang mereka bicarakan, Yance cuma ngasih tau garis besarnya. Saya menunggu di teras sambil menikmati angin siang yang sepoi sepoi. Di rumah bapak ini sejuk banget bloggie, anginnya ramah banget berhembus, dan rumah bapak ini teduh banyak banget tanamannya. Dan yang lebih enak lagi adalah, sambil minum kelapa fresh from the tree, syurgaaaa. Bapak manjat sendiri pohon kelapa untuk kami minum. Bapak juga bikinin sendok untuk nyungkil buah kelapanya dari batok kelapa. Ohh, nikmat mana yang kau dustakan ?

Kelapa fresh from the tree lengkap dengan sendoknya
Saat mendekati jam makan siang, saya dipanggil oleh Mama Bui, disuruh masuk ke dalam rumah bapak, untuk membantu masak. Rumah bapak ini tipikalnya seperti rumah panggung tradisional yang pendek dan kecil. Dimana seluruh kegiatan dilakukan disana, memasak dan tidur pun dilakukan di satu tempat. Dan di dalam rumah itu kita ga bisa berdiri secara sempurna, harus sedikit menunduk karena rumah bapak ini langit langitnya rendah. Saya yang ga tahan dengan asap kayu bakar pun menolak dengan halus untuk masuk ke dalam rumah yang dipenuhi dengan asap yang mengepul. Ditambah di dalam rumah para mama lagi menyembelih ayam, dan seketika saya melihat ayam itu lagi meronta ronte sambil berlumuran darah. Oh my God, darah. Dijamin saya ga akan mau makan ayam itu karena saya liat proses pembunuhannya. Maafkan saya Mama Bui. Saya pun kembali bergabung dengan anggota keluarga lain di teras sambil menikmati angin sepoi sepoi.

Saat makan siang pun tiba, saya dan Yance dipanggil mama untuk masuk ke dalam rumah untuk melakukan sedikit ritual. Saya pun ga ngerti ini semacam ritual apa. Yang jelas di hadapan saya terhidang nasi dan ayam rebus (fyi, saya paling benci ayam rebus, apalagi tadi liat pembunuhannya). Yance pun berbisik
"Nanti pas makan diem ya, ga boleh ngomong sedikit pun"
"Tapi aku ga suka ayam rebus"
"Udah makan aja"
"Kalo muntah ?"
"Makan aja udah.."
"Kalo keceplosan ngomong ?"
*dikeplak Yance*
Akhirnya setelah mengakhiri percakapan aneh sebelum makan, ritual pun dimulai. Yance disuapin ati ayam rebus oleh Mama Bui. Dalam hati saya berdoa "Mama, jangan suapi aku hati ayam. Hati ayam goreng aja ga suka, apalagi direbus" Dan doa saya terkabul, untung mama ga nyuapin saya hati ayam. Hati ayam itu khusus untuk para cowo aja. Setelah ritual menyuapi, mama mempersilahkan saya dan Yance makan. Ini berarti dimulai acara makan dalam diam *sigh. Saya makan pelan pelan banget sambil ngelirik Yance yang makan dalam diam, sambil dalam hati bergumam "Dasar sok cool" Saya makan nasinya aja bloggie hahahahaha. Sambil sedikit cuilan ayam aja sih, biar nambah rasa. Kemudian ga lama Yance pun berhenti makan, saya ikutan berhenti. Kami diam cukup lama sampe akhirnya Yance bilang "Udah boleh ngomong.." Fiuuuh.... Akhirnya makan siang yang sesungguhnya pun dimulai. Para anggota keluarga pun mulai makan. Saya ga makan terlalu banyak hiks, ayam rebus menunya, saya ga suka banget bloggie. Ikan indosiar goreng mana mama...... huhuhuhu

Setelah selesai makan, dimulailah ritual selanjutnya. Yance disuruh makan sirih pinang. Seharusnya saya juga disuruh makan sirih pinang. Tapi karena mama khawatir saya bakal mabok kalo ga kuat sama sirih pinangnya, saya boleh menskip ritual ini. Alhasil Yance aja yang makan sirih pinangnya. Begitu masuk ke dalam mulutnya, langsung mukanya si Yance kicep abis. Dan samar samar saya denger suara "Krek..." tanda pinangnya berhasil digerus. Setelah berhasil sekali telan air ludahnya, Yance langsung ngelepeh sirih pinangnya. Ini cuma buat formalitas aja bloggie, yang penting Yance berhasil ngunyah sirih pinangnya aja. Ritual yang lucu.

Selesai ritual sirih pinang, Yance mengajak saya jalan jalan di lingkungan sekitar. Melihat tanah keluarganya yang super duper gede  yang saat itu lagi dipake sapi buat ngerumput. Kemudian saya berjalan jalan melihat bekas banjir besar yang melanda kampung ini. Banyak rumah yang terbengkalai ditinggal penghuninya saat banjir. Rumah hampir tertimbun lumpur sisa banjir hingga atap. Saya jadi ngeri ngebayangin banjirnya. Kata Yance sih saat bulan Februari-Maret pasti banjir di kampung sini. Udah jadi langganan banjir. Sehingga mama di rumah harus mengungsi jauh ke rumah nenek yang daerahnya aman banjir. Kasian.

Bekas banjir
Tadinya semua rumput, tapi sejak negara api menyerang banjir, sebagian jadi tanah
Sapi bernama "Riska"
Ga terasa hari sudah sore, kami semua pamit sama bapak untuk pulang ke rumah, karena malam harinya kami masih harus melakukan kunjungan keluarga ke rumah Mama Morin, tantenya Yance. Soalnya tadi pagi diundang makan malem sama Mama Morin. Saya membayangkan makan ikan yang yummy, karena makan siang saya kali ini ga maksimal. Fyi, orang kampung disini jarang menggunakan bumbu seperti orang jawa. Mereka cuma tau garam dan gula aja sepertinya. Direbus, dibakar dan digoreng. Yang bikin makanan mereka terasa enak adalah kesegaran bahannya. Seperti contohnya ayam, mereka baru potong ayam itu ketika mau dimakan. Sama halnya dengan ikan, setiap hari mereka selalu melaut untuk mengambil ikan. Karena mereka ga punya kulkas, maka semua bahan makanan harus habis hari itu juga, dan hari berikutnya ambil lagi yang baru. Makanan mereka selalu segar.

Perjalanan pulang nemu jembatan bekas banjir dulu.
Jalan yang kami lalui ini tadinya adalah sungai saat banjir
Sesampainya di rumah, mama mengajak saya membersihkan ikan untuk makan malam nanti. Tapi sepertinya mama tau kalo saya sedikit jijik megang ikan hahaha, beliau cuma menyuruh saya melihat saja "Jangan dipegang ikannya, nanti tanganmu amis" sambil tersenyum. Ahh mama. Ga lama kemudian, bergabunglah keponakan Yance yang masih berumur 8 tahun, namanya Tia. Dan tanpa segan dan jijik, Tia ikut ngebantuin mama bersihin ikan dengan lincahnya. Memang, sejauh yang saya liat selama ini, Tia ini anaknya suka membantu dan melakukan pekerjaan orang dewasa, Menggendong adiknya sambil menyuapi, membantu membersihkan ikan, mengupas mangga sendiri. Benar benar anak yang baik. Beda sama saya yang waktu seumuran dia dulu, kerjaannya cuma main aja. Buktinya sampe segede ini masih jijik megang ikan mentah. Payah banget Ami ini. Selesai membersihkan ikan dan membumbui ikan dengan garam, Yance teriak nyuruh saya mandi soalnya hari mulai gelap. Oh iya saya lupa kalo kamar mandi disini ga pake lampu, dan langsung ngacirlah saya ke kamar mandi.

Ini namanya ikan "kombong" kalo di Jawa nyebutnya ikan kembung
Ini salah satu ikan favorit saya juga selain ikan indosiar.
Sore hari di rumah
Malam Hari di Kampung Lo'omota

Yak, ini malam kedua saya di desa Umatoos tepatnya kampung Lo'omota. Seperti biasa, gelap udah menjadi makanan sehari hari di kampung ini. Rupanya malam kedua pun saya mulai terbiasa gelap gelapan dan mulai bisa berjalan tanpa liat ke bawah kali aja takut kesandung batu. Waktu itu setelah mandi saya memakai piyama, dan Yance manggil saya buat siap siap ke rumah Mama Morin. Kata Yance waktu melihat saya dalam balutan piyama, ga masalah buat saya pergi bertamu menggunakan piyama. Katanya piyama ini udah bagus banget buat orang kampung sini. Ok deh, saya ga perlu bersiap siap mengganti baju. Malam ini yang ke rumah Mama Morin hanya kami bertiga saja, yaitu saya, Yance, dan Mama Bui. Saya dan Yance menunggu mama Bui keluar rumah sambil melihat bintang yang sinarnya terang banget. "Nanti, di rumah mama Morin kamu bisa liat yang lebih terang lagi. Disana belum ada listrik, jadi gelapnya total banget, bintangnya lebih terang" Saya semakin ga sabar ke rumah mama Morin. Ga lama, mama sudah keluar rumah dengan kain sarung ala timornya dan senter. Yup senter, untuk menerangi jalan kami menuju rumah mama Morin.

Ini pertama kalinya saya berjalan di tempat yang super duper gelapnya, hanya ditemani cahaya senter dan aplikasi senter di hp. Anehnya saya ga merasakan merinding disko ato ngerasain adanya makhluk astral (halah) di kegelapan ini. Saya malah sangat menikmati sambil sesekali melongok ke atas melihat bintang. Yance menyadarkan saya untuk melihat jalan di bawah karena kontur jalan mulai naik turun bergelombang. Kata mama ini bekas aliran banjir makanya menyisakan jalan tanah yang bergelombang seperti ini. Saya hanya manggut manggut aja sambil nanya "Rumah mama Morin yang mana ?". Saya mulai curiga mama dan Yance salah masuk rumah orang karena saking gelapnya jadi ga keliatan bentuk rumahnya. Yance bilang "Besok siang kita kesini ya, liat kampung ini siang hari lebih bagus, rumahnya tradisional"

Setelah 15 menit berjalan akhirnya sampe juga di rumah mama Morin. Rumah mama Morin kecil banget bloggie, ga lebih besar dari kamar saya. Hiks. Tipe rumahnya sama seperti rumah panggung disini. Kita ga bisa berdiri sempurna karena langit langitnya rendah. Makan, tidur semua dilakukan di satu ruangan saja. Karena rumah terlalu sempit untuk menampung kami semua, maka saya, Yance, anak Mama Morin dan suami mama Morin pun duduk di semacam teras rumah saja ditemani cahaya bulan dan lampu sentir (semacam lampu petromak tapi lebih kecil ukurannya). Saya yang udah lapar sejak sore tadi pun mulai membayangkan enaknya makan malem nanti. Harapan saya ga macem macem, saya cuma pengen banget makan ikan. Saya pun berbisik ke Yance "Makannya apa nanti ?" daaaaaan ternyata Yance jawab "Ayam, mama Morin tadi beli ayam kampung. Kayanya sih direbus lagi. Disini ga bisa digoreng" Oh my...... Kemudian saya melongok ke dalam rumah, dan benar mama Morin lagi membunuh ayam kampung itu, saya liat lagi ayam itu meronta ronta. Ya ampun. Saya emang paling ga suka liat ayam atau bahan makanan apapun dibunuh di depan saya, kecuali ikan ya. Apalagi kalo saya liat darahnya, beuh 100% saya ga akan mau makan makanan itu. Apalagi ini direbus hiks. Dan seketika saya ngerasa pengen pulang dan makan ikan goreng di rumah. Saya tiba tiba terisak di punggung Yance. Lucky me, karena suasana yang gelap gulita, ga ada 1 orang pun yang liat saya nangis. Yance aja ga nyadar kalo saya terisak di punggungnya sampe akhirnya dia sadar ketika saya nyedot ingus "Sroooottt..." Kemudian Yance pun nepuk nepuk pundak saya sambil bilang "Sabar ya, nanti pulang baru kita makan ikan ya"

Ga tau kenapa, waktu itu rasanya saya sedih banget hahaha pengen buruan pulang trus makan ikan goreng. Apalagi saya belom makan sejak siang tadi. Fix, don't mess with hungry woman. Hahahaha !! Jadi kalo temen temen saya di Facebook pada komen saya ini tangguh bisa jalan jalan ke pedalaman, mereka sedikit salah, hahaha buktinya saat itu saya nangis karena ga kuat sama keadaannya. I'm not so though guys, wkwkwk. Akhirnya dalam kegelapan, makanan pun sudah siap disajikan. Supaya saya ga terlalu takut gelap, mama Morin menyalakan senter yang kami bawa dari rumah sebagai alat bantu penerangan. Bener, nasi putih dengan ayam rebus kuah menunya. Kenapa saya ga suka ayam rebus disini tapi masih mau kalo makan soto ? Disini ayam direbus tanpa tambahan bumbu apa apa bloggie, cuma garem aja. Kebayang dong masih ada rasa amis dari ayamnya. Saat itu, nasi di piring saya, langsung saya transfer sebagian besar ke piring Yance. Dan saya cuma makan pake garem aja, itu aja udah nikmat banget. Inget kan kalo di postingan sebelumnya, kebiasaan orang sini kalo makan adalah selalu tersedia garam buat bahan cocolan. Saat itu saya manfaatin aja garemnya buat saya taburin di nasi.

Yuk makan yuk....
Nenek Muti lagi ngulek pinang, soalnya beliau ga bisa gigit pinang lagi.
Ga punya gigi,nyirih pinang tetep lanjuuuutttt
Setelah makan malam, para mama mulai nyemilin sirih pinang. Dan kali ini, Yance juga ditawarin lagi makan sirih pinang. Yance ga bisa nolak soalnya yang ngasih langsung dari nenek. Sambil terpaksa, akhirnya masuk juga satu set sirih pinang lengkap dengan kapur ke dalam mulutnya. Dilihat dari ekspresi mukanya, kayanya sirih pinang itu rasanya ga enak banget yah. Sayang sekali selama disana saya ga sempet nyobain. Soalnya para mama melarang, takut kalo saya ga kuat dan mabok. Mabuk disini konteksnya bukan tipsy kaya abis minum miras yah, tapi pusing dan keringet dingin yang mengucur. Katanya kalo ga biasa makan sirih pinang memang itu efek awal yang bakal terjadi. Tapi saya ga liat Yance mabuk selama ini kalo dipaksa mama makan sirih pinang, dia sih ngeles "Aku kan kuat" hhhhh... -__-

Cukup lama kami gelap gelapan di kampungnya mama Morin, akhirnya jam 10 malem kami kembali pulang. Setiap pulang bertamu, saya diajari untuk selalu berkata "Mama, Ami fila onan" yang artinya "Mama, Ami pulang dulu" dan para mama serentak menjawab "He'e.." dengan nada yang panjang dan cengkok khasnya. Sebelum pulang, mama Morin meminjamkan kami senter yang beliau punya, soalnya katanya senter kami kurang terang. Dalam perjalanan pulang, saya digandeng mama Bui, karena mama tau saya paling takut sama yang namanya anjing. Apalagi malam itu suara anjing menggonggong dan melolong saling bersahutan. Kalo tadi berangkatnya saya ceria bisa liat bintang yang bertaburan, tapi dalam perjalanan pulang saya tegang setengah mati sampe keringetan hahaha.

Setelah perjalanan yang menegangkan, akhirnya kami semua sampe dengan selamat di rumah. Yance tau kalo saya masih laper, dia menyuruh adiknya untuk menyiapkan ikan goreng dan nasi untuk saya makan. Ga tanggung tanggung, saya langsung ngabisin 2 piring nasi dengan lauk ikan goreng indosiar. Ini dosa terbesar saya selama diet, makan malem dengan porsi kuli jam 11 malem. Dan setelah itu saya langsung tidur. Parah banget.