29/01/2015

Jelajah Tanah Flores & Timor Day 12 (New Year Eve at Labuan Bajo)

Rabu, 31 Desember 2014

Pagi itu setelah menunaikan solat subuh, saya ga tidur lagi karena saya ingin lihat view dari kamar yang indah banget. Sebenernya saya ga tidur lagi karena saya mau mencuci baju hahaha. Jangan heran kalo ada beberapa foto yang baju saya sama terus, itu sebenernya karena saya emang bawa baju cuma beberapa aja. Jadi ya cuci kering pakai melulu :D

View dari kasur, indah kan
Udah agak terang
Kemudian saya menjemur pakaian yang saya cuci di railing balkon supaya kena panas. Kemudian saya turun ke bawah untuk sarapan dan berenang lagi. Sarapan di Golo Hilltop jangan ditanya porsinya, banyak banget. Roti satu keranjang plus pelengkapnya, scrambled egg / pancake, dan buah potong, dilengkapi dengan kopi Flores atau teh hangat. Masih kurang ? Tenang ada cereal plus susunya disediakan. Silakan ambil sepuasnya. Sukses saya dibuat kekenyangan saat sarapan di Golo Hilltop. Saat sarapan, saya melihat rombongan anak anak muda yang lagi bersiap siap untuk ikutan live on board pas malam tahun baru nanti. Saya bingung mau ngapain tahun baru nanti di Labuan Bajo, sebuah kota pelabuhan yang kecil. Setelah berendam rendam dan berenang kecil sambil ngobrol dengan om bule pemalas itu saya naik ke kamar untuk beres beres dan sekedar tiduran nunggu jam cek out. Waktu sampai di teras kamar saya, saya kaget karena baju baju yang jemur di railing balkon mendadak hilang semua. Saya panik liat ke kolong cottage barangkali baju baju saya tertiup angin. Kemudian saat mau masuk kamar, saya sadar sesuatu..........saya salah kamar bloggie. Hiks bego banget hahaha. Saya pun turun tangga lagi dengan kesal, dan kemudian saya terpeleset dan.......jatuh menggelundung. Sukses bikin tulang kering kaki saya lebam dan luka kaki saya yang tergores coral menjadi terbuka lagi. Belum lagi tangan saya tergores batu tangga karena saya berusaha menahan badan saya supaya ga meluncur jauh ke bawah. Sedih banget kan. Mana sepi ga ada yang nolongin pula. Tapi gapapa deh daripada ada yang liat kan tambah malu.

Siang itu saya cek out jam 12 untuk pindah ke Bayview Gardens Hotel, karena untuk tanggal 31 di Golo Hilltop udah full booked. Tapi gapapa, kan sekalian nyobain satu satu hotel bagus di Labuan Bajo. Jam cek in di Bayview Gardens jam 1 siang, tapi waktu itu saya hanya ngedrop barang aja di resepsionis dan jalan keliling keliling Labuan Bajo. Ga banyak yang bisa dilakukan di sekitar kota kecil ini, saya pun mulai bosan mengitari kota Labuan Bajo. Dan berencana mengajak Syukron ke air terjun Cunca Wulang atau Cunca Rami, tapi sayangnya Syukron ga merekomendasikan ke air terjun tersebut dalam cuaca yang seperti ini. Ok deh, karena ga ada yang banyak dilakukan lagi, lagian sudah tiba waktu saya cek in, saya pun kembali ke hotel.

Begitu sampai di hotel kami disambut Om Hubert selaku pengelolanya, om Hubert ini orang asik banget sumpah, kocak abis deh pokoknya. Banyak ngomong dan bahasa Inggrisnya bagus banget, sebelumnya om Hubert memperingati saya untuk kuat nanjak menuju kamar. Saya ga kaget lagi sih, karena saya udah terbiasa dengan tangga dan jalan menanjak sejak di Labuan Bajo. Satu tips saat naik tangga yang seakan ga ada habisnya : jangan liat ke atas. Sesampainya di kamar, saya takjub sama kamarnya yang bagus banget. Sederhana tapi lucu, bahkan di kamar pun berundak, ada beberapa anak tangga menuju kasurnya. Dan viewnya, superb banget. Ga salah saya milih Bayview Gardens Hotel. Pantes om Hubert pernah bilang, competitor Golo Hilltop itu adalah Bayview Gardens. Top deh, bagus banget emang.

Kamar di Bayview Gardens Hotel

Sudut untuk minum kopi/teh sambil melihat pemandangan

View dari kamar
Setelah masuk ke kamar yang dingin dan kasurnya seakan akan manggil saya untuk naik, saya pun tertidur dengan pules banget. Ketika udara di luar panasnya bukan main, kamar yang dingin adalah pilihan yang tepat. Saya terbangun sekitar jam 4, kemudian keluar melihat pemandangan pelabuhan di sore hari. Dan berniat untuk membeli kaos ala ala Labuan Bajo gitu buat kenang kenangan. Pilihan saya tertuju sama Exotic Komodo, di depan bandara Komodo, Labuan Bajo. Di Exotic Komodo ini menawarkan penginapan, restoran dan art shop. Di sana saya membeli kaos seharga 88 ribu, bahannya bagus, dan menurut saya ini murah. Setelah puas membeli barang kenang kenangan, saya kembali ke hotel. Dalam perjalanan ke hotel, suasana tahun baru mulai terasa. Banyak anak anak kecil yang sudah tak sabar untuk meniup terompet mereka, panggung hiburan di pelabuhan pun telah disiapkan, muda mudi Labuan Bajo mulai banyak yang keluar sambil berjalan kaki memenuhi Jl. Soekarno Hatta. Saya semakin membayangkan seperti apa nanti perayaan tahun baru ala Labuan Bajo.

Menuju senja di Labuan Bajo
Labuan Bajo di malam hari
Setelah magrib saya keluar. Sebenernya disini saat ini banyak teman teman saya yang udah berdatangan ke Labuan Bajo, tapi mungkin karena ada kesibukan masing masing jadinya kami ga bisa merayakan bersama. Ada yang ingin ke beach club untuk ajeb ajeb, ada yang ingin tahun baruan sama warga setempat. Syukron mengajak saya merayakan tahun baru bersama di kampungnya untuk merasakan tahun baru ala warga lokal dengan nasi kuning. Tapi karena kampungnya Syukron lumayan jauh, saya pun mengurungkan niat saya untuk bergabung dengan Syukron. Thanks anyway Syukron.

Seperti malam malam sebelumnya, saya selalu menyempatkan makan malam di Kampung Ujung. Kali ini menunya rada hedon, soalnya kan hari ini mau seneng seneng. Pesen kerapu bakar, cumi goreng, dan cumi bakar. Beuh sedap. Saya sudah terbiasa untuk makan share meja bersama pengunjung lain. Bahkan mereka sopan sopan, saat pesanan mereka sampai duluan dan akan mulai makan, mereka semua pamit makan dulu kepada kami, padahal kenal saja ngga. Mungkin ini salah satu keramahan yang ga akan saya temukan di tempat lain.

Selesai makan, saya berkeliling sambil melihat lihat cafe mana yang bisa saya samperin untuk ngabisin waktu. Akhirnya saya masuk ke Osteria del Mare sambil melihat kembang api dari arah pelabuhan bergabung dengan para bule. Sekali lagi, jarang sekali saya melihat turis domestik disini. Jam 10 malam para bule bule mulai pulang, saya pun merasa mulai boring. Saya ikutan pulang jam setengah 11. Begitu saya tanya sama pelayannya, ternyata cafe ini tutup jam setengah 10 seharusnya, tapi karena masih banyak pengunjung, maka mereka tetap buka. Orang orang di Labuan Bajo ini lebih memilih untuk tahun baruan di rumah masing masing daripada di cafe dengan hingar bingar musik dan kembang api. Hal ini terbukti dengan banyaknya penduduk Labuan Bajo yang menggelar pesta kecil kecilan di depan rumahnya, membakar jagung dan memasang lagu dangdut dengan speaker yang diletakkan di luar rumah.

Saya pun pulang, tapi sebelumnya mampir ke minimarket di sana untuk membeli cemilan. Ternyata di dalam minimarket itu rame banget, banyak orang memborong berkrat krat bir, dan bahkan ada beberapa orang yang mabuk, baru kali ini saya liat orang mabuk di depan mata saya. Suasana makin ga kondusif, selesai membeli makanan dan beberapa minuman saya kembali ke hotel. Begitu samapi di hotel, saya dipanggil om Hubert dari atas, rupanya om Hubert lagi minum sambil merayakan tahun baru di hotel. Akhirnya kami pun juga sama merayakan tahun baru dari hotel saja daripada keluar. Saya inget, om Fabi pun pernah berpesan kepada saya untuk tahun baruan di hotel saja daripada keluar, banyak orang mabuk. Om Hubert pun begitu, lebih memilih tahun baruan di hotel saja sambil menjaga hotelnya haha. Kami memakan cemilan sambil menunggu pergantian tahun. Sambil samar samar terdengar musik dangdut dari arah pelabuhan. Hingga akhirnya tiba pergantian tahun, kembang apinya meriah banget. Bahkan kapal kapal pun ikut meluncurkan suarnya meramaikan suasana. Langit Labuan Bajo malam itu dipenuhi dengan kembang api warna warni.

Kembang api dari hotel
Malam itu saya sedikit sedih, karena ini malam terakhir dalam trip saya kali ini. Besok malam saya sudah tidur lagi di kosan di Bali. Saya ga bersemangat banget malam itu. Saya pengen extend sehari lagi atau 2 hari lagi deh berhubung masuk kerja mulainya tanggal 5 Januari 2015. Tapi saya inget sebuah tips, kalo ga mau kerasa males masuk kantor, usahakan pulang liburan 2 hari sebelumnya. Makanya saya menjadwalkan tanggal 2 Januari sebagai tanggal kepulangan saya. Hiks sedih banget. Tapi mau gimana lagi..... Good night Labuan Bajo.