19/01/2015

Jelajah Tanah Flores & Timor Day 6 (Kupang - Ende - Moni)

Kamis, 25 Desember 2014

Welcome to Ende, Flores !

Pagi itu saya bangun pukul setengah 4 pagi untuk bersiap siap dan repacking karena flight saya menuju Ende jam 06.15 pagi. Rasanya sedikit menyesal karena kemaren saya ga menyempatkan keliling kota Kupang dan pagi itu rasanya berat meninggalkan tanah Timor. Setelah semua beres, saya keluar kamar dan menagih taksi yang saya pesan malam sebelumnya ke resepsionis hotel. Saya memesan taksi untuk jam setengah 5 pagi. Tapi sampe hampir jam 5 pagi taksi yang ditunggu ga dateng dateng juga. Saya melihat diparkiran memang ada taksi, tapi itu bukan taksi untuk saya, itu untuk tamu yang lain. Rasanya pagi itu saya kesal setengah mati. Saya bolak balik nagih ke resepsionisnya “Kak, flight saya sejam lagi ya” Dan mungkin antara dia kasian ato kesel dengerin saya uring uringan, akhirnya taksi di parkiran itupun diberikan ke saya. Nah, daritadi kek.

Akhirnya saya masuk ke boarding lounge setelah membayar airport tax seharga 20.000 rupiah, suara pemberitahuan pun terdengarnya samar banget. Harus konsentrasi penuh buat dengerin info boardingnya.

Dan akhirnya, saat itupun tiba. Saya akan meninggalkan tanah Timor ini dan menuju Flores. Bye Timor, mungkin lain waktu saya akan kesini lagi dan lebih banyak mengeksplore Timor. Masih banyak hutang saya di Timor. Saya belum sempat makan se’i, daging asap khas Kupang, saya juga belum melihat pemain sasando , saya juga belum ke Crystal Cave yang fenomenal, saya belum ke Pantai Kolbano. Banyak hutang saya di tanah Timor ini. Lain waktu, dalam trip selanjutnya saya bakal fokus untuk jelajah Timor. Tadinya kan emang ga ada rencana ke Timor, tapi karena ada temen yang mudik kesana di tanggal trip saya, sekalian aja ditebengin wuaaaahahaha !

Bye Kupang ! Bye Timor !
Perjalanan menuju Ende menempuh waktu selama 45 menit saja, ga sampe 1 jam. Ga terasa perjalanannya, FA pun memberi tahu kepada penumpang sebentar lagi pesawat akan segera mendarat di Ende. Satu hal yang membuat saya terkejut saat itu adalah, bapak bapak di samping barisan saya sedang asik telponan dong. Ga pake malu saya langsung berteriak “WOY BAPAK KOK TELPONAN DI PESAWAT ! GA BOLEH TAU !” Seketika puluhan pasang mata langsung tertuju ke saya, seperti keheranan. Dan ada bapak bapak yang mengatakan “Ga apa apa kok mba”. Langsung saya sikat “Ga apa apa dari Hongkong ! Bapak ga baca aturan ? Atau bapak ga pernah naik pesawat. Ck, orang kampung !”. FA juga ga bisa berkutik, karena saat itu pesawat udah dalam posisi siap mendarat. FA mau ga mau tetep stay di kursinya sambil melihat keributan ini. Saya bukannya ga punya sopan ato apa apa ya, tapi please kalo ini masalah aturan dan menyangkut hajat hidup orang banyak, saya ga bakalan segan buat negur. Terserah orang satu pesawat mau kira saya pembuat keributan ato gimana, tapi saya yakin saya bener kok. Liat aja di depan bangku jelas jelas tertulis aturan undang undang mematikan ponsel saat di pesawat.

Saat pesawat berhasil landing dan para penumpang sibuk menurunkan barang bawaannya, salah satu FA Wings Air memberikan senyum penuh arti kepada saya seakan akan berkata “Bagus Mba, tegur aja penumpang ngawur kaya gitu” Ciyeeeehhh.. hahahahaha !! Dan kalo mungkin ada yang baca blog ini dan kebetulan saat itu satu pesawat sama saya, salam kenal ya hahaha !!

Pemandangan sesaat sebelum landing
Dengan latar belakang Gunung Meja, Ende

Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende
Terlalu Pagi di Ende

Pukul 07.05 WITA, saat itu hujan rintik rintik menyambut saya saat tiba di Ende. Dalam hati saya berdoa semoga besok pagi saat ke Danau Kawah Kelimutu cuacanya cerah dan ga tertutup kabut. Selesai foto foto, saya langsung berlari menuju terminal kedatangan untuk menghindari hujan. Saat saya memasuki terminal kedatangan, seluruh mata langsung tertuju kepada saya, ahh pasti ini gara gara kejadian di atas pesawat tadi, bodo amat lah. Dengan santainya saya melenggang kangkung keluar terminal kedatangan.

Di luar terminal kedatangan banyak banget supir supir yang menawari mobilnya untuk mengantar ke Moni, desa terdekat untuk ke Danau Kawah Kelimutu. Tapi karena saya udah ada tumpangan, maka saya menolak para supir yang dengan gigihnya menawarkan jasanya kepada saya. Sambil menunggu hujan reda dan mengatur strategi (ciyeh) saya duduk glesotan sambil telponan sama mumich, ngabarin kalo saya udah sampe di Ende. Sepertinya saya datang terlalu pagi saat itu, ditambah om Robert orang yang akan mengantarkan saya selama overland ini menjemput siang jam 2 karena pagi itu dia sedang misa natal. Om Robert ini orang Moni yang akan menuju Labuan Bajo karena dia tinggalnya di Labuan Bajo. Baiklah. Untuk membuang waktu sambil menunggu jemputan om Robert, saya berjalan jalan keliling kota di Ende

Saya keluar bandara dan menunggu angkot pagi itu. Hingga akhirnya datanglah sebuah angkot. Dan saya jadi tau kalo angkot di Ende ini ga punya trayek, dia mau nganter kemanapun tujuan penumpangnya. Mantep. Saat ditanya mau kemana saya cuma bisa jawab “Kemana aja Om, nanti kalo ada yang menarik saya turun deh” Hahahhaa, keliatan banget luntang lantungnya.Akhirnya saya minta diberhentikan di tukang gorengan di pinggir jalan. Itung itung sarapan.

Setelah kenyang,saya melanjutkan jalan kaki menuju rumah pengasingan Bung Karno. Setelah berjalanan ga terlalu lama sampailah saya disana. Dan ternyata tutup, kecewa sih karena ga bisa masuk. Sebenernya saya ga terlalu kaget juga, soalnya tau dari para blogger, mereka juga banyak yang kecewa karena ga bisa masuk. Karena jam bukanya ga jelas. Hanya Tuhan dan penjaganya saja yang tau.

Situs Pengasingan Bung Karno di Ende
Karena bingung mau kemana lagi, saya dan Yance sekali lagi terlunta lunta di kota Ende yang pagi itu cukup sepi karena sedang hari raya natal. Dan akhirnya saya memutuskan untuk naik angkot lagi, sambil berkonsultasi dengan supirnya kemana kami harus mengadu nasib. “Ya kalo mau nongkrong cari cafe ato semacam KFC McD gitu ga ada disini, disini kotanya kecil, ga asik” Lah.... Saya pun puter otak kemana tempat yang pas untuk membunuh waktu sambil menunggu jemputan om Robert. Eureka, saya menemukan tempat yang pas. “Pantai Ria om !” seru saya kepada sang supir angkot.

Sampailah saya di Pantai Ria, disana banyak banget saung saung restoran yang belum buka. Ga pake babibu lagi, saya langsung menuju ke salah satu saung dan beristirahat. Kemudian saya langsung menggelar sarung yang saya bawa sebagai alas tidur. Siapa yang bisa menolak belaian angin dan deru ombak yang samar samar. Mata saya mulai merem melek, dan kemudian saya tertidur berbantalkan tas saya.

Ternyata saung, angin pantai dan suara ombak adalah kombinasi terbaik untuk teman tidur. Terbukti, saya sukses tertidur lama disana, ga terasa udah jam setengah 12 siang aja. Saya kaget ketika dibangunkan pegawai restorang hahahaha ! Sumpah ini epic saudara saudaraaa. Dengan malas malasan saya berusaha untuk bangun dan berjalan nyari makan. Saya memutuskan untuk makan di sebuah tempat makan ayam crispy di dekat dekat situ, namanya Amazy Chicken. Karena sejauh ini cuma tempat makan ini aja yang buka, ga ada warung warung sederhana yang buka. Mungkin memang karena pas dengan hari raya Natal sehingga semua toko tutup untuk merayakan Natal. Selesai makan, saya ga terlalu lama menunggu jemputan om Robert. Akhirnya inilah saatnya menuju Moni, desa yang merupakan titik untuk ke Danau Kawah Kelimutu. Yuhuuuu, Kelimutu I'm comiiing !

Heading to Moni

Dalam perjalanan menuju Moni, om Robert banyak bercerita tentang Moni. Dia juga bercerita jalur Ende – Moni itu rawan longsor apalagi kalo musim hujan begini. Jadi kalo nanti om Robert agak ngebut ketika melewati tebing tebing rawan longsor jangan panik. Karena ga ada supir yang mau ketiban batu batu gede hasil longsoran tebing di Moni. Sebisa mungkin mereka harus cepet ngelewatin tebing rawan longsor itu. Tapi tenang, perjalanannya ga melulu seram kok. Masih ada yang indah indah untuk dilihat.

Buat yang ga tahan mabok, sangat disarankan untuk minum obat anti mabuk yah. Soalnya jalannya naik turun dan penuh tikungan. Ga lebay, saya aja pernah sekali terlempar di dalam mobil karena waktu itu posisi saya lagi ga menahan beban badan saya, dan ketika jalannya menikung, seketika saya langsung terlempar. Teman saya dan om Robert di bangku depan pun langsung kaget mendengar suara “gedebuk” di belakang. Tikungannya yahud ga main main bloggie. Saya yang biasanya tahan mual aja, seketika langsung mual dan pusing begitu dalam perjalanan Ende – Moni ini. Apalagi kalo disambi mainan handphone, dijamin kalian semua bakal langsung jackpot. Beuh. Makanya selama perjalanan ini, saya infoin ke orang rumah, saya absen whatsapp-an dulu. Lagi ga mau mainan handphone. Ga berapa lama, kami melewati titik longsor yang pertama. Longsornya ga tanggung tanggung bloggie, bukan pasir tapi batu. Tapi untungnya batunya ga terlalu gede dan ga terlalu nutupin jalan karena udah dipinggirin sama petugas.

Salah satu titik longsor dalam perjalanan menuju Moni
Dan tiba tiba hujan deras pun turun. Om Robert mulai deh “menakuti” saya dengan bilang kalo ujan begini harus ngebut kalo ga mau kejatuhan batu. Ya ampun, saya tegang setengah mati. Apalagi kerasa mobil yang dibawa om Robert, kecepatannya mulai bertambah. Rasa mual dan pusing tiba tiba ilang entah kemana karena perasaan tegang saya. Tiba tiba di depan terlihat batu segede dinosaurus (lebay) yang nutupin hampir seluruh ruas jalan. Sehingga ada truk dan beberapa mini bus yang terhenti ga bisa melanjutkan perjalanan karena jalannya sebagian besar tertutup batu. Kata om Robert sih batu ini udah 3 hari ngendon di situ belom dipindahkan petugas.

Mobil miring banget ke kiri demi menghindari batu
Hampir memasuki Moni, hujan pun reda dan kami langsung menuju Watugana Bungalow milik Om John untuk bermalam disana, om John ini gimbal euy. Rasta ! Watugana Bungalow ini ga perlu diragukan lagi, karena di tripadvisor maupun dari masukkan para blogger, penginapan ini recommended. Sesampainya di penginapan saya langsung menurunkan barang barang dan segera beristirahat. Entah kenapa saya merasa ngantuk banget hahaha. Jadinya saat itu saya tertidur (lagi) sampai jam 5 sore. Sementara om Robert asik ngopi dengan om John di bawah. Jam 6 saya mulai bangkit dari kasur dengan kepala yang berat karena kebanyakan tidur mungkin. Untuk meredakan pusing, saya segera mandi. Kebiasaan saya adalah, saya selalu mandi dengan air dingin, walaupun saya berada di tempat dingin sekalipun. Saya kurang suka mandi dengan air hangat hahaha.

Jam 7 malam saya menghampiri mereka dan mengajaknya untuk nyari makan malem. Ternyata Moni di malam hari itu bener bener gelap. Dan sangat ga menarik untuk dikelilingi. Menurut saya kalo ga ada Gunung Kelimutu, mungkin Moni ini hanya desa biasa saja. Setelah berjalan cukup jauh dari penginapan, tiba tiba kami disapa oleh seseorang “Mba, pagi tadi yang baru landing di Ende kan ?” Heran saya, gelap banget gitu masih aja ada yang ngenalin wajah saya disana haha. Rupanya om yang menyapa saya tadi adalah supir yang menawari jasanya untuk ke Moni tadi pagi di bandara. Kami cukup berbincang banyak dengan si om. Bahkan dia mengajak kami ke acara pesta yang sedang diadakan ga jauh dari penginepan, ada acara dansa katanya. Tapi kami ga janji untuk ikut, karena malam ini harus tidur awal karena jam 4 pagi kami harus mengejar sunrise di Danau Kawah Kelimutu.

Setelah pamit dengan si om, saya melanjutkan mencari makan malam. Akhirnya karena jalan semakin gelap dan spooky. Kami puter balik menuju penginapan saja. Dan mencari makan yang dekat dekat saja. Tepat di depan penginepan ada rumah makan, sepintas nampak tutup tapi apa salahnya nanya dulu siapa tau dia mau masakin kami haha, lagian saya cuma mau minta nasi putih aja kok, saya kan punya abon. Dan ternyata, emang rumah makan itu masih terima orderan kok, walaupun sepintas nampaknya lagi tutup. Memang begitulah tipe rumah makan di Moni. Kami disana bertemu dengan 2 bapak bapak. Kami berbincang banyak dengan mereka. “Beruntung kalian malam ini bintangnya terang, biasanya kalo bintangnya terang, besok pagi cerah. Ga ada kabut, danaunya bisa keliatan jelas” Alhamdulillah. Semoga besok lancar. Selesai makan, kami langsung pulang ke penginepan untuk beristirahat. Namun ternyata sampai di penginepan, kami malah bermain kartu. Saya menyebutnya main kartu ala om om ojek hahahaha. Karena ini pertama kalinya saya main kartu dengan cowo cowo yang bukan seumuran dengan saya. Dan tipe permainannya pun saya ga pernah tau sebelumnya, seru banget bener bener ala om om tukang ojek hahahahaa !!

Tambahan info :
- Perjalanan Ende - Moni kurang lebih satu setengah jam sampe 2 jam perjalanan dengan jalanan yang berkelok kelok
- Usahakan untuk mencari penginapan di pinggir jalan besar, karena Moni kalau sudah malam gelap banget. Dan diperparah dengan sedikit susah mencari makan disana.
- Watugana Bungalow : 081339167408 (John), ini recommended banget. Untuk harga ga saya cantumkan harga fixnya, karena kita masih bisa nego alus sama om John. Range antara 150 - 250 ribu.