19/01/2015

Jelajah Tanah Flores & Timor Day 5 (It's Time Back To Kupang)

Rabu, 24 Desember 2014

Ada Pertemuan Maka Ada Perpisahan

Setelah ngerasain 4 hari 3 malam di sebuah kampung yang jauh dari peradaban, ini saatnya saya untuk kembali ke Kupang dan melanjutkan trip overland saya menuju tanah Flores. Pagi itu suasana cukup tegang karena bis yang kami pesan beberapa hari sebelumnya tak kunjung datang. Bahkan ketika nomor telepon si supir, handphone nya mati. “Kuncinya ada di supirnya, kalo hpnya mati, berarti bisnya ga jalan. Ini kan malam natal, jarang ada bis yang jalan” kata kak Nandi. Saya semakin pusing dan uring uringan, apalagi tiket pesawat Kupang – Ende untuk tanggal 25 Desember udah di tangan, jadi hari ini kami harus sampe di Kupang entah gimana caranya. Satu satunya transportasi menuju Kupang hanya ada pagi ini saja, kalo terlambat berarti kami gagal ke Kupang. Yance juga ikut uring uringan, dan keputusan hari itu bulat kalo kami ga dapet bis, kami langsung menuju ke Atambua aja untuk nyari bus yang menuju Kupang. Bahkan saking hecticnya pagi itu, pisang goreng yang dibuatkan mama untuk sarapan pun ga sempat saya sentuh.

Ga lama bapak Jonas dengan sigap langsung pergi ke Betun, kota terdekat dari kampung untuk mencarikan kami bis yang menuju Kupang. Saya di rumah udah harap harap cemas, begini nih nasib tinggal di kampung yang bener bener jauh dari peradaban dan jauh dari jalan besar. Akhirnya setelah cukup lama, bapak kembali dari Betun dan memberi kabar kalo ada 1 bis yang menuju Kupang, ga lupa bapak pun udah memesan kursi untuk saya dengan si konjak (kenek bahasa Kupang). Problemnya adalah, kami harus mencari angkot untuk menuju Betun. Lagi lagi bapak dengan sigapnya mencarikan kami angkot menuju Betun. Alhamdulillah, berkat doa yang saya panjatkan dalam hati dan berkat kesigapan bapak, saya pun bisa berangkat ke Kupang pagi itu. Jam 8 pagi, saya dan Yance pamit menuju Betun dengan keluarga di rumah.

“Mama, bapak, kakak, nenek, ba’i terima kasih banyak udah mau menerima saya di rumah. Terima kasih semua ketulusan dan keramah tamahannya selama saya disana. Bahkan saya diberikan kain tenun yang mama dan nenek tenun sendiri. Nenek Uku, terima kasih untuk selendangnya, cantik. Mama Bui, terima kasih untuk sarungnya yang ga kalah cantik. Untuk bapak Jonas, terima kasih madu murninya yang udah diberikan ke saya, yang bapak ambil langsung dari pohon. Untuk ba’i Romanus, terima kasih wejangannya. Mama Morin, Mama Melly, Kak Nandi, Kak Tri, Lori, Tia,Bensha, terima kasih untuk semuanya. Mama, bapak, kakak, nenek, ba’i, Ami fila onan”
(Teruntuk keluarga baru saya di Desa Umatoos, Besikama Kab. Belu, Timor, NTT)

Fyi, saya selalu menangis kalo mengingat kebaikan mereka disana dan saat saya membuka foto foto selama saya disana. Sungguh, ketulusan mereka luar biasa. Saya ga tau kapan lagi bisa kesana, dan apakah saya masih bisa bertemu Nenek Muti atau dengan Nenek Uku, para nenek yang luar biasa baik disana. Bahkan Nenek Muti sempet berkata “Semoga kamu bisa ketemu saya lagi, saya takut saya meninggal saat kamu kesini lagi” dalam bahasa lokal (bahasa Tetun) tentunya yang kemudian diterjemahkan oleh Yance. Saya menangis sepanjang perjalanan menuju Kupang. Apalagi lagu di dalam bus melankolis banget, lagu malaysia ala tahun 90an. Saya teringat bapak Jonas, beliau orang yang paling saya kagumi. Asik banget traveling bisa nemu keluarga baruuuuu. Uuuuu, jadi baper kan !

Adat Bak 2 Mata Pisau, Di Satu Sisi Tajam dan Di Sisi Lainnya Tumpul

Tapi baru sesampainya di Bali, saya diceritain Yance kalo mama dan bapak sebenernya udah ga rukun. Menurut keluarga mama, bapak itu orang yang jahat. Tapi selama saya disana, bapak itu orang yang baik dan tulus, bener bener ga munafik. Ternyata ikan yang saya makan selama 4 hari ini adalah hasil tangkapan bapak, kalo bapak itu jahat kenapa beliau mau bela belain melaut untuk ngasih makan anak istrinya ? Dan kalo saya membela bapak, Yance selalu bilang bapak berlaku baik karena ada saya disana, aslinya jahat. Entahlah, saya selalu berharap semuanya baik baik aja. Semoga dari 2 belah pihak bisa saling intropeksi diri dan kembali jadi keluarga yang utuh. Setelah diceritakan garis besarnya oleh Yance. Permasalahan antara Bapak dan mama sebenernya ga terlalu besar, tapi kakunya adat membuat masalah ini semakin menjadi jadi .Sehingga membuat pandangan saya terhadap adat sedikit berubah. Adat itu kaya 2 mata pisau, ada sisi baiknya dan ada sisi buruknya. Bahkan saat di bis pun saya melihat Yance nangis, ketika saya kenapa. Dia jawab “Inget bapak...” Saat itu saya cuma bisa kasih free puk puk aja ke Yance “Asal kamu tau, aku juga pengen nangis” kata saya dalam hati

Saya suka sama bapak Jonas, beliau orang yang baik. Indeed. Bahkan dia sempat bilang ke saya “Saya pengen minta nomer hp Nona, tapi saya ga punya hp, jadi ga bisa telpon” ucap bapak sambil tertawa. Saat itu saya berjanji ke bapak “Iya pak, nanti saya belikan hp ya”. Bapak Jonas itu orang yang baik banget di mata saya. Saya kangen saat bapak memanggil saya dengan panggilan “Nona”. Saat bapak mengantarkan kami ke Betun untuk menuju Kupang, menunggu saat bis kami berangkat. Saat bis mau berangkat, bapak menyuruh saya untuk segera naik “Nona, naik sudah, bisnya mau berangkat” Oh God, I miss him so much. Saya kangen bapak Jonas.

Cukup part sedih sedihannya, haha serius saya nangis beneran ngetik di bagian tadi. Hah. Berat banget ngetik dan inget inget mereka keluarga baru saya disana. Sedih banget bloggie. Sumpah. Itulah nikmatnya traveling, selalu bertemu dengan orang baru seperti keluarga kita sendiri. Miss you all, guys. Kalo selama ini di acara Ethnic Runaway, hostnya nangis saat pisah sama keluarga mereka di pedalaman, percayalah bloggie itu bukan skenario. Itu nyata.

*******

Perjalanan menuju Kupang sangat berbeda saat perjalanan menuju Atambua, yang bisnya bagaikan dugem rasa sauna. Menuju Kupang ini rasanya sangat nyaman, mungkin karena saya ga duduk di atas mesin bis kali ya. Bahkan saya sering tertidur dalam perjalanan. Ditambah hujan gerimis dan hawa dingin dingin sejuk di Soe sukses membelai saya untuk tertidur.Di perjalanan, suasana natal cukup kental terasa. setiap rumah dihiasi dengan hiasan bintang besar yang menyala. Dan setiap rumah ada semacam gubuk kecil miniatur rumah tempat Yesus lahir, dan domba domba nya. Setelah browsing, rupanya NTT, terutama pulau Timor merupakan daerah yang penduduknya mayoritas beragama Katolik terbesar di Indonesia.

Gedung DPRD di Kefamenanu, bangunan paling mentereng disana
Perjalanan ga terasa, jam 5 sore pun kami akhirnya sampai di Kupang. Kupang kotanya cukup besar, bahkan banyak hotel hotel dari brand ternama yang membangun hotelnya disini. Setelah 4 hari tinggal di kampung, saya sedikit takjub sama kota Kupang yang ternyata ga tertinggal sama sekali. Bagus kotanya. Jauh dari ekspektasi saya, rasanya pantas Kupang jadi ibukota NTT. Sayang sekali malam harinya saya ga sempat jalan jalan di Kupang, karena saya kecapean. Sesampainya di hotel yang dekat dengan bandara, saya langsung mencuci pakaian dalam yang kotor selama 4 hari ini. Mau nyuci di kampung rasanya tengsin juga jemur pakaian dalam di rumah orang haha. Jadinya malam hari di Kupang saya manfaatkan mencuci dan beristirahat

Good night, Kupang

Tambahan Info :
- Bis dari Betun - Kupang dipatok dengan harga 80.000 rupiah. Bis bis banyak yang ngetem di pasar Betun kalo hari biasa. Kalo suasana Natal, jangan harap bisa mudah mendapatkan bis.
- Bandara El Tari Kupang letaknya di pinggir kota, jadi carilah hotel yang dekat dengan bandara kalo jadwal flightnya pagi.
- Sempetin makan daging Se'i, daging asap khas Kupang. Ada 2 versi, babi atau sapi :D