29/01/2015

Jelajah Tanah Flores & Timor Day 11 (Eksplore Labuan Bajo - Gua Batu Cermin)

Selasa, 30 Desember 2014

Hari ini adalah jadwal saya untuk cabut dari Hotel Blessing ke Golo Hilltop Hotel yang cukup terkenal di Labuan Bajo itu. Bolehlah ngerasain hotel berkelas dalam trip ini, setelah beberapa hari ini menekan pengeluaran abis abisan. Hehe, padahal mah ini efek abis gajian aja makanya langsung hedonisme, langsung nyedot uang yang mengucur lumayan deras di rekening saya. Setelah menguras sarapan yang disediakan hotel saya langsung naik lagi ke kamar untuk packing ulang barang barang yang udah berantakan, kemudian saya mencari sewa motor. Jangan harap ada sewa motor murah kaya di Bali yah, disini sewa motor mahal banget, udah gitu stamina motornya kurang bagus pula. Bahkan waktu itu saya pernah ditawari sewa motor seharga 150.000 sehari, mana pake acara ngomong begini pula tukang sewanya, "Orang kaya kok mau cari sewa murah, cari aja ke semua tempat ga ada yang murah. Nanti kalo ga dapet balik sini lagi ya" Saya kesel setengah mati sama si om galak tadi, tapi saya aminin aja deh di bagian "Horang kayaaaah.."

Dan buktinya, saya berhasil dapet motor sewaan seharga 75 ribu sehari, setengah harga dari yang ditawarkan om om galak tadi. Ahh emang rejeki anak soleh ga lari kemana.. Jam 12 siangsaya cek out dan langsung cabut menuju Golo Hilltop untuk ngerasain jadi "orang kaya" yang tadi dibilang om penyewa motor hahaha. Dalam perjalanan menuju Golo Hilltop, mendung menggelayut dan gerimis ringan mulai turun. Motor pun ga bisa dipacu lebih kencang lagi, karena emang motornya yang ga enak . Ditambah membawa beban  anak manusia plus bawaannya tas segede dinosaurus bikin motor makin ngik ngik. Gapapa lah yang penting motornya murah haha. Golo Hilltop terletak di atas daerah perbukitan, sehingga kita bisa melihat suasana laut Labuan Bajo dari kamar. Fyi, Labuan Bajo ini kota yang kecil banget, 2 hari saya disana, saya bisa langsung hafal jalannya dan ga perlu tanya sana sini untuk nyari tempat tujuan.

Sesampainya di Golo Hilltop, saya disambut hujan yang cukup deras. Alhamdulillah, hujan selalu turun saat saya tiba di tempat tujuan. Selain disambut hujan, saya juga disambut oleh owner hotel yang seorang wanita bule berambut pendek yang ramah banget (saya lupa namanya). Saya konfirmasi reservasi saya kemaren dengan bahasa inggris, eh ternyata si owner balesnya pake bahasa indonesia. Hahahaha, rasanya aneh banget, ternyata dia bisa bahasa indonesia, terlanjur saya sok sokan british #ditimpuk. Tapi waktu itu kamar saya lagi dibersihkan karena baru aja ada yang cek out. Saya dipersilakan menunggu di area pool dan restaurant. Ahh berasa orang berduit juga nih saya hahaha. Sekali lagi, saya bukan backpacking yah, saya ini tipe flashpacking. Yaitu pejalan yang menengah, ga terlalu hemat dan ga terlalu hedon. Sambil menunggu kamar dibersihkan, saya ditelpon Syukron. Syukron akan mengajak saya jalan jalan ke Gua Batu Cermin siang ini, tapi tunggu hujannya reda dulu. Ga lama pelayan hotel ngasih tau saya kalo kamarnya sudah siap, saya langsung naik ke kamar paling atas. Fyi, Golo Hilltop ini tipenya seperti cottage. Dan saya pesan cottage yang paling atas, supaya pemandangannya lepas. Ada harga yang harus dibayar, karena Labuan Bajo ini konturnya berbukit, saya harus rela naik naik tangga sambil menggendong tas segede dinosaurus ini sampe ke atas. Di Labuan Bajo itu, tangga adalah hal wajib yang kalian temui disini. Saya pun ngerasa ga bersalah kalo makan banyak, karena kalori saya pasti terbuang saat saya naik turun tangga selama di Labuan Bajo. Hahaha.

Dari teras kamar
Buat yang nyari view ke arah pelabuhan, jangan menginap di Golo Hilltop yah, karena hotel ini viewnya sedikit ke arah pantai Waecicu, sedangkan pelabuhannya lumayan jauh bahkan ga terlihat dari sini. Tapi buat yang mau nyari kedamaian dan ketenangan, disini tempat yang paling pas. Setelah menaruh barang barang di kamar, saya langsung tancap gas menuju Gua Batu Cermin bersama Syukron mengingat hujan juga sudah reda, Alhamdulillah selalu dimudahkan.

Sebelum masuk Gua Batu Cermin kami membayar tiket dulu sebanyak 15 ribu/ orang. Syukron kaget kenapa semahal itu, kemudian Syukron bilang kalo dia orang asli Labuan Bajo, akhirnya kami dapat diskon 5 ribu/ orang. Syukron menyayangkan kenapa mereka main tembak harga seperti itu, mana ga pake karcis resmi pula. Padahal kalo masuk biasanya cuma bayar 2.500 saja. Dasar penjaga loket, tau aja kami pendatang. Untung ada Syukron.

Welcome To Batu Cermin
Jalan menuju gua melalu jalan berpaving yang di kiri kanannya hutan bambu. Satu hal, bloggie jangan lupa bawa lotion anti nyamuk kemanapun kalian pergi. Di sini nyamuknya ganas ganas, tipe nyamuk kebon yang gede gede. Kata Syukron, karena tadi hujan deras, gua jadi sepi. Padahal tadi pagi saat belom turun hujan disini rame banget. Mungkin Syukron bisa menangkap air muka saya yang heran kenapa tempat ini sepi banget. Syukron menambahkan, "Di sini biasa dipake pacaran anak anak SMA, tuh di sebelah sana ada SMA. Ini kalo jam jam pulang sekolah rame banget. Banyak orang pacaran. Udah ga kaget lagi" Yaelah... tempatnya horror begini mana banyak nyamuk sempet sempetnya memadu kasih. Tepok jidat aja deh saya denger penjelasan Syukron.

Menuju gua sama Syukron sang guide abal abal :p
Dari kejauhan mulai tampak bentuk Gua Batu Cermin yang menjulang tinggi, "Nanti kita masuk ke dalamnya" kata Syukron sambil menunjuk gundukan batu yang menjulang itu. Gua Batu Cermin ini dulunya ada di dasar laut. Terbukti dengan banyaknya coral coral yang tersebar di dalam gua. Coral yang sama kaya saya temukan di Pulau Rinca, ini sebagai bukti bahwa tadinya Labuan Bajo dan kepulauan di sekitarnya ada di bawah laut berjuta juta tahun yang lalu. Wallahualam bishawab. Tapi saya cukup terkesan dengan tekstur batuannya yang persis seperti coral. Akhirnya kami sampai di mulut gua yang ditutupi akar akar pohon yang tumbuh di atasnya, sepintas mengingatkan saya sama Angkor Wat. Semoga suatu hari nanti saya bisa kesana, Aamiin.

Ayo tebak mulut guanya dimana ? :D
Setelah mempersiapkan senter, kami segera masuk ke dalam gua melalui tangga yang naik turun. Ada beberapa titik yang cukup curam sehingga kita harus ekstra hati hati. Apalagi suasananya cukup gelap. Gua ini ga direkomendasikan untuk orang yang phobia kegelapan dan tempat sepi ya. Soalnya emang di dalem gua ini gelap dan licin jadi kita harus hati hati menginjakkan kaki kalo ga mau terpeleset. Gua ini lumayan luas bloggie. Dinamakan Batu Cermin, karena kalo terkena sinar matahari, batu ini akan berkilauan. Tapi sayang saat kami kesana, sinar matahari ga ada jadinya ga ada kilau kilau dari batunya. Dan kalo ga jijik silakan jilat batu batu disini, katanya sih asin bekas rendeman air laut jaman dulu. Waktu terbaik ke Gua Batu Cermin adalah siang hari yang panas. Kemudian kami masuk ke area yang gelap banget. Di depannya disediakan helm gua. Bagi pengunjung yang mau masuk ke dalam lorong gelap itu harus menggunakan helm dan membawa senter. Saya parno banget, asli. Berhubung kami cuma bertiga saya ga berani untuk masuk. Apalagi jalan masuknya sempit banget dan gelap total. Saya coba tanya Syukron apa di dalamnya, tapi Syukron bilang ga ada apa apa juga. Dia juga enggan masuk karena takut sesak nafas.Baiklah, kalo guide nya aja ogah, saya pun ikutan ga berani heheeeuu~

Bentuknya seperti coral di laut, ada yang mau jilat ? Buat membuktikan rasa asinnya
Saya pernah liat liputan Gua Batu Cermin, disana katanya ada fossil penyu dan bintang laut menempel di dinding gua. Tapi saat saya kesana saya ga menemukan fossil hewan laut sedikit pun. Jangan jangan inti dari gua Batu Cermin ini harus melalui lorong gelap tadi ? Saya mulai bingung karena ga ada satupun orang yang bisa ditanyakan. Saya kurang puas di gua ini, karena apa yang saya ingin liat ga ada. Hiks. Sedikit koreksi untuk pariwisata Labuan Bajo, harus ada papan informasi supaya pengunjung culun macam kami ga kebingungan di dalam gua. Huft. Maklumlah, Labuan Bajo memang baru saja menggeliat di bidang pariwisata. Masih banyak hal yang harus dibenahi. Salah satunya masalah vandalisme. Tolong ya buat anak anak SMA yang suka pacaran di gua Batu Cermin tangannya jangan gatel coret dinding gua. Ga usah sok sweet nulis nama kalian dan pasangan di dinding gua. Cintanya ga bakal abadi kok. Geram banget saya melihat beberapa spot di gua ini yang dipenuhi coretan anak labil. Dan benar saat saya googling, memang untuk melihat fossil penyu itu harus masuk ke lorong gelap itu. Ahh sebel kenapa saya waktu itu ga masuk, Syukron juga sih pake bilang disana ga ada apa apa. Huuuffftttt.....

Setelah mengantongi beberapa kekecewaan di Gua Batu Cermin, kami segera pulang untuk mencari makan siang di Pantai Pede. Tapi sebelumnya kami mau isi bensin dulu, karena bensin di motor kami berdua menipis. Disinilah petualangan mencari bensin dimulai. Fyi, pom bensin di Labuan Bajo bisa dihitung dengan jari satu tangan aja. Denger denger cuma ada 2 unit saja, itupun jam 12.00 - 13.00 sudah tutup. Mau ga mau kami mencari bensin eceran yang dijual. Dan itupun jaraaang banget yang jual bensin eceran. Padahal kalo di Bali mah tiap jengkal pasti ada penjual bensin eceran. Dalam perjalanan saya dari kos ke kantor aja ada lebih 10 penjual bensin eceran. Sedihnya NTT, kenapa sih pembangunan ga merata. Kami berkeliling hampir sejam mencari penjual bensin eceran dengan perasaan campur aduk takut motornya mogok. Akhirnya, kami menemukan penjual bensin eceran yang dijual seharga 25 ribu/ 1 liter. Okay, gapapa. Daripada maksa nyari bensin seharga 10 ribu per liter, ga akan dapet di seluruh penghujung NTT ini. Bersyukurlah.

Kami makan siang di area Pantai Pede sambil menonton TV liputan jatuhnya pesawat Air Asia. Selama saya trip hampir 2 minggu ini saya jadi fakir tv dan internet. Kalo ke NTT, ganti provider Telkomsel ya. Bukannya promosi, tapi ini provider yang paling kenceng. Tips untuk makan di Labuan Bajo, pesanlah ikan sebagai lauknya. Karena disini ikan murah meriah, tapi kalo ayam harus merogoh kocek lebih dalam lagi ya. Bisa dihargai 22 ribu. Beuh. Setelah kenyang, kami melanjutkan menuju Pantai Pede. Bayangan saya pantai ini seperti Pantai Kuta di Bali, tapi ternyata....... kotor dan terbengkalai. Yang bersih dan terawat hanya pantai Pede yang jadi private beachnya hotel hotel berbintang di sepanjang pesisir pantai Pede ini. Seperti hotel La Prima, Bintang Flores, The Jayakarta, Luwansa Beach. Saya ga mampu bayar kamar disana, jadinya saya menikmati pantai Pede di bagian yang kotor dan terbengkalai saja.

Ternyata kata Syukron, pantai ini dalam sengketa. Perebutan hak milik. Dan sampai sekarang belum ditentukan kepemilikannya. Sehingga pantai ini jadi ga terawat karena ga jelas pemiliknya. Padahal dulu sejak masih di bawah pemerintah, pantai ini bersih dan indah. Ya sudahlah, sekali lagi harap maklum. Labuan Bajo baru menggeliat tahun 2008 lalu, sehingga masih banyak potensi wisata yang harus dibenahi selain Taman Nasional Komodo. Memang dulu Labuan Bajo terkenalnya hanya sebagai pintu gerbang menuju TNK, sehingga ada anggapan kalo ga ada TNK mungkin Labuan Bajo hanyalah kota pelabuhan kecil biasa. Ketika hari mulai sore kami pun pulang untuk beristirahat. Saya ga sabar ingin ke hotel untuk meceburkan diri di kolam renangnya yang menggoda untuk diceburi. Dalam perjalanan pulang, kami melewati Jl. Puncak Waringin, disinilah spot yang lumayan bagus untuk melihat kota Labuan Bajo dari atas dengan latar belakang pelabuhan. Disini juga banyak hotel hotel berdiri, salah satunya yang paling bagus adalah Bayview Gardens Hotel.

Sesampainya di hotel saya langsung menuju kolam renang dan menceburkan diri disana. Seketika otot otot saya yang tegang langsung kendor, relax banget. Apalagi ga terlalu rame pengunjung, hanya ada 1 om bule yang lagi nyantai tiduran. Akhirnya kami berkenalan dan saling ngobrol. Dia dari Jerman dan sudah 3 minggu di Flores, karena disana lagi musim dingin, dia mau nyari kehangatan (baca : matahari). Si om ini dateng sendirian. begitu saya tanya selama 3 minggu udah kemana aja di Flores. Dia jawab dia cuma di Labuan Bajo aja dooooong !! Dia bahkan ga tau Kawah Kelimutu. Dia bilang dia terlalu malas untuk jalan jalan,karena di luar panas banget. Oh my God om, kalo saya 3 minggu bisa keliling Indonesia, saya jabanin deh. Setau saya bule bule suka banget jelajah Indonesia, baru kali ini nih nemu bule males hahahaha, dah gitu botak lagi. Saya pun menikmati air kolam sambil minum jus nanas sambil menanti senja. Indah.

Nikmat mana yang kau dustakan ?
Malamnya lagi lagi saya makan di Kampung Ujung Labuan Bajo, rasanya seafood disini ga ada tandingannya deh. Idola saya adalah cumi cuminya. Nendang abis, 50.000 udah dapet 1 renteng cumi cumi buanyak banget plus nasi plus minum plus sayuran. Ini murahnya kebangetan. Udah gitu porsinya banyak banget pula, bisa buat bertiga. Saya ga pernah keluar Kampung Ujung tanpa perut kekenyangan hahaha. Selalu ada kata kata "Hufft.. kenyang, ga bisa gerak" setiap beranjak dari kursi.

Kampung Ujung (Source)
Ada 1 warung langganan saya selama 3 kali kesana, saking terbiusnya dengan kenikmatan hidangan mereka, saya ga mau berpaling ke warung lain. Saya bakal sebutin posisi warungnya, perhatikan dengan seksama ya. Sorry saya ga punya fotonya, karena begitu nyampe Kampung Ujung saya lupa mau foto, udah kelewat happy banget langsung kalap pengen makan hahahaha. Jadi posisi warung ini saya patok dari Cafe Brewers di ujung jalan ya. Dari Cafe Brewers jalan terus sampe nemu tulisan 'Wisata Kuliner Kampung Ujung" seperti foto di atas (tulisan pertama ya, karena ada banyak tulisan itu di sepanjang Kampung Ujung), nah warung favorit saya ada di sebelahnya, tinggal maju dikit dari tulisan itu. Taraaaaaaa sampe deh. Ciri cirinya, mba penjaga ikannya masih muda dan rambutnya panjang agak tomboy, dia orang Jawa tulen.

Selesai makan seafood di Kampung Ujung saya berjalan kaki keliling jalan Soekarno Hatta. Ini ibaratnya jantung kota Labuan Bajo, karena pusat keramaian ada di jalan ini aja. Untuk menemani jalan jalan, saya membeli es krim Campina Hula Hula Kacang Ijo favorit saya, dan harganya 10.000, byuhhh mahal banget, padahal di Indoapril sebelah kantor aja 4.000. Inget inget ini lagi di NTT, propinsi yang katanya tertinggal di Indonesia, salah satu propinsi termiskin, tapi indahnyaaaa ngalahin Jawa yang maju banget pembangunannya. Kalo boleh berpendapat, sih saya tetep milih NTT yang kaya gini aja, ibarat orang NTT ini adalah orang yang humble. NTT I love you :*

Tambahan info :
- Labuan Bajo ini kota yang berbukit, siapin dengkul dan betis karena kita akan selalu bertemu dengan tangga dan jalan mendaki
- Saat di Gua Batu Cermin, masuk aja ke lorong gelap itu. Jangan kaya saya yang cemen dan akhirnya menyesal hiks
- Golo Hilltop : 081339255535 (Inggrid). Rate 475.000 semalem Deluxe Room
- Makan di Kampung Ujung kalo mau makan seafood enak dan murmer. Ga usah gaya ke cafe cafe bule, mahal dan porsinya ga sebanyak di Kampung Ujung
- Saya sewa motor di Pippos, ini terkenal banget di Labuan Bajo. Semua plat motornya ada nama "Pippos"
- Pom bensin di Labuan Bajo langka, brace yourself !

1. bro, boleh minta kontak sewa motor pippos? itu alamatnya dimana ya? trims

1. Maaf ya saya sdh tdk punya kontaknya. Waktu itu saya cari langsung di tempat. Untuk lebih memudahkan, ancer2nya di sebelah pasar.

2. saya sempat ke labuan bajo 2 minggu dan sewa motor.... kisaran sewa motor disana 70-75.ooo perhari....tapi saya ada kenalan namanya yan dia sewakan cm 60.000 perhari dan bisa lebih murah kalau sewa 1 minggu /bulan....081236230495.... cara pemesanan bisa juga lwat tlp, sms, whatsapp line.... mantap kan.... semoga info ini bisa membantu.... ^^

3. Hai Lina, makasih infonya siapa tau bisa membantu :)

2. hai,, mau tanya.. kalau di labuan bajo itu ada angkutan umum seperti angkot atau bemo gitu ga ya buat keliling?
    thx

1. Hai Cindy
      Di Labuan Bajo ga ada angkutan umum kaya gitu, jadinya emang sewa motor lebih efisien
      Kalau kuat jalan sih, jalan kaki di sepanjang jalan Soekarno Hatta Labuan Bajo juga asik kok :)