12/01/2015

Jelajah Tanah Flores & Timor Day 2 (Atambua - Besikama)

Minggu, 21 Desember 2014

Pagi Atambua :)

Saya terbangun karena suara orang orang yang sedang misa pagi di aula hotel. Saya lupa kalo hari ini adalah hari Minggu, dan pulau Timor kan mayoritas masyarakatnya penganut Katolik. Saya langsung bergegas bangun dan merapikan barang barang, setelah itu saya mandi dan bersiap siap untuk turun sarapan di hotel. Prinsip saya selama jalan adalah, kalo ada makanan gratis langsung dimakan aja, sebanyak mungkin kalo bisa, buat perut sekenyang mungkin. Lupain diet sejenak deh, yang penting perut ga rewel dan bisa menghemat biaya makan. Sarapan di hotel pagi itu, satu butir telur rebus dan setangkup roti dengan selai dilengkapi dengan secangkir teh panas. Ahh cocok ini buat ngeganjel perut sampe nanti siang.

Menu sarapan di hotel
Pagi di kota Atambua
Menuju Mota'ain, Perbatasan Indonesia - Timor Leste

Hari ini rencananya saya menuju ke perbatasan Indonesia-Timor Leste, dan setelah itu jam 1 siang saya mengejar angkot untuk menuju Besikama, Belu. Padahal kalo masih ada waktu, saya pengen mampir ke Timor Leste, ga sebatas di perbatasannya aja. Tapi sayang, jadwal angkot menuju Besikama terakhir adanya jam 1 siang. Fyi, berhubung suasana menjelang natal, angkot maupun bus mulai langka ga sebanyak hari hari biasa. Jadinya kalo ketinggalan angkot, ya berarti ga ada cara lain menuju ke Besikama. Jam 10 pagi, Om Kim udah menjemput dan kami pun langsung menuju perbatasan Timor Leste. Akhirnya saya bisa lihat suasana kota Atambua di pagi hari. Ga terlalu berbeda, masih tetep sepi sama seperti semalem. Tapi seengganya kalo siang lebih terang (ya kali..). Perjalanan menuju perbatasan, melewati jalanan yang super duper sepi, hanya ada mobil om Kim aja di jalan. Pemandangannya juga super, masih hutan hutan yang jarang terjamah manusia. Sepintas saya tiba tiba kepikiran acara Locked Up Abroad di channel Natgeo yang ngebahas orang orang yang dipenjara di luar negeri karena berbagai macam kasus, salah satunya karena menerobos perbatasan negara. Ga kebayang kalo nanti saya ditangkep polisi Timor Leste karena menerobos perbatasan. Perjalanan ke perbatasan biasanya melewati daerah bernama Atapupu, tapi kali ini Om Kim melewati daerah yang berbeda, konon katanya bisa lebih cepat dibanding lewat Atapupu.

Perjalanan menuju Mota'ain
Sekitar satu setengah jam perjalanan, sampailah kami daerah perbatasan. Mulai banyak polisi maupun tentara yang berjaga, saya pun ikutan tegang. Padahal mah kata Om Kim sama anak buahnya, disuruh santai aja. Dan tiba tiba mobil kami diteriakin polisi yang lagi berjaga, kami disuruh berhenti. Dan anak buahnya Om Kim yang mirip rapper Amerika itu pun turun dan ngomong apaan gitu ke polisinya, dan trus ga lama polisinya teriak ke Om Kim disuruh turun. Om Kim dengan santainya turun dan nunjukkin STNK. Trus pak polisinya meres sambil bilang "Kasih uang, ato nanti STNKnya ga balik" trus Om Kim nunjukkin nama di STNK nya dan bilang "Iya, besok Kapolres yang anterin uangnya" Begitu liat nama di STNK Om Kim, polisi itupun nunduk nunduk minta maaf. Dan saat itu makin yakin saya kalo Om Kim ini emang orang terpandang di Atambua dan Timor Leste. Lucky me, guidenya Om Kim. Padahal tadi sempat meragukan jabatan Om Kim ini, maaf omm....
Yang mau ke Timor Leste jalan lurus yaa...
Sama halnya di pos polisi tadi, begitu kami sampe di border, hanya setor muka aja, saya dan Yance bisa masuk Timor Leste tanpa harus ngisi form ini itu kaya lainnya. Bahagia banget hahahahaha. Sepanjang perjalanan menuju tugu perbatasan, kami diceritain sama anak buah Om Kim, kalo tiap malem disini dilepas anjing anjing buat ngelacak orang yang menerobos perbatasan malem hari. Tuh kan bener, bayangan saya persis kaya di acara Locked Up Abroad itu. Di perbatasan ini mondar mandir mobil maupun motor berplat Timor Leste. Mungkin disini udah biasa ya. Duh maklum saya norak abis, ga tau keadaan perbatasan 2 negara yang masih satu daratan. Hahahaha !!

Jalan menuju jembatan perbatasan
Siang itu perbatasan cukup ramai, mungkin karena hari Minggu kali ya
Welcome to Timor Leste
Posto Fronterico Integrado mungkin ini artinya kurang lebih tentang perbatasan, bukan "Disini Jual Pulsa"

Saaaahhh ! Nyampe Timor Leste
Setelah puas mengabadikan foto di perbatasan Timor Leste, kami kembali ke Atambua untuk ngejar angkot menuju Besikama. Sayang sekali, karena waktu udah mepet ga sempet explore Timor Leste lebih jauh. Padahal kami mau dibawa Om Kim ke pasar yang ngejual minuman yang ga dijual di Indonesia. Penasaran kan saya itu minuman apaan. Tapi sayang rasa penasaran saya ga terbayarkan. Hiks. Sebelum menuju terminal angkot, kami sempatkan mampir di rumah makan Padang "Beringin" untuk makan siang. Karena perjalanan menuju Besikama nanti lumayan panjang, Om Kim menyarankan kami makan siang dahulu. Saat itu saya makan udah ga pake acara kunyah lagi, langsung telen aja, yang penting cepet dan ga ketinggalan angkot. Selesai makan, Om Kim langsung memacu mobilnya menuju terminal angkot di Atambua. Sesampainya di terminal angkot, hanya ada 1 angkot, yaitu angkot kami yang ngetem. Syukurlah, saya ga ditinggal angkot menuju Besikama. Padahal saat itu masih jam 1 siang, bukti bahwa banyak supir angkot yang libur ingin menyiapkan natal bersama keluarga di kampung. Perjalanan Atambua - Besikama butuh waktu 2-3 jam. Di dalam angkot, isinya banyak banget orang orang yang membawa hasil kebun mereka. Dan bahkan ada ayam hidup di bawah kursi kami. Bayangkan, betapa panasnya si ayam di bawah kursi, saya yang duduk di kursi aja udah kepanasan. Fyi, perjalanan saya ke Besikama ini adalah ke rumah Yance. Tadinya trip saya ini ga nyampe Timor, tapi berhubung tau Yance mau pulang kampung, saya ngintilin aja. Soalnya denger ceritaYance tentang kampungnya selama ini bikin saya tertarik untuk kesana. Dan Alhamdulillah saya berkesempatan juga ke kampungnya di Besikama, tepatnya Desa Umatoos. Salah satu desa terluar di Indonesia.

Perjalanan menuju Besikama, jalannya rusak parah dan hancur lebur. Bikin kami semua terguncang guncang maksimal di dalam angkot. Terlempar kesana kesini. Saya jadi berpikir, ini jalan terusak yang pernah saya lewatin, dan naik angkot. Perjalanan yang menakjubkan. Setelah terguncang heboh, angkot kami pun berhenti di pinggir jalan yang udah agak halus, mungkin supir angkotnya pengen menenangkan diri sejenak sambil menghisap sebatang rokok abis diguncang guncang di dalem angkot. Saya ga menyia nyiakan kesempatan, saya ikutan keluar dari angkot dan meregangkan otot otot yang mulai kaku gegara duduk menyamping selama berjam jam. Ga terlalu lama angkot berhenti, kami mulai melanjutkan perjalanan. Berita duka dateng dari ayam yang duduk dibawah kursi, akhirnya dia mati gara gara kepanasan, sampe lidahnya keluar. Kasian.

Jalannya rusak cuy
Ngaso dulu in the middle of nowhere
Sambil foto foto, dih norak Mi
Jam 3 sore sampailah kami di kota Betun, ibarat ibu kotanya Besikama. Disini angkot kembali ngetem, karena ada beberapa mama di angkot yang pengen mampir di pasar Betun untuk membeli sirih pinang. Saya juga ikutan salah satu mama beli sirih pinang di salah satu lapak. Saya pun kepo dengan tanya ini itu ke si mama "Ini yang dimakan ?" "Rasanya kaya apaan ?" Hahaha pokoknya saat itu saya keliatan banget pendatang. Yance akhirnya nenangin saya yang mulai kepo "Nanti liat yah mama di rumah makan sirih pinang" Hahahahaha. Sebenernya saya udah liat beberapa nenek yang makan sirih pinang waktu di angkot. Dan seketika saya langsung mual melihat hasil kunyahan mereka yang berwarna merah kecoklatan. Tapi lama kelamaan saya mulai terbiasa rupanya, saya udah ga terlalu mual ngeliatin orang orang yang ngunyah sirih pinang. Ga tua ga muda, ga cowo ga cewe. Sirih pinang itu wajib harus ada di dalam tas mereka.

Kota Betun
Pinang kering
Lapak penjual sirih pinang dan kapur

Welcome to Besikama, Belu !!

Jarak dari Betun ke kampung ga terlalu lama, sekitar 45 menit akhirnya kami sampai juga di rumah Yance, fyi angkot juga mengantarkan kami ke depan rumah. Kesan pertama sampai di kampung ini adalah damai. Bener bener damai dan menenangkan. Bukan seperti kebanyakan rumah di kota, rumah di kampung ini dindingnya terbuat dari batang pohon sagu, mereka menyebutnya "bebak" . Dan tanah yang mereka miliki di kampung itu bener bener luas maksimal. Kalo di kota ga akan ada tanah seluas itu nganggur. Dan, harga tanah di kampung ini masih murah maksimal, 10 juta bisa dapet tanah yang bisa dibangun rumah plus halamannya yang luas. Tiba tiba saya kepikiran buat bangun rumah disini. Suasananya begitu damai.

Begitu saya turun dari angkot, langsung berhamburan orang orang dari dalam rumah Yance buat menyambut saya. Ahh saya serasa disambut oleh keluarga sendiri. Saya merasa warga sini yang sudah terlalu lama merantau. Semua orang memeluk saya dan berkata "Selamat Datang". Mereka orang orang Timor, walaupun wajahnya terlihat keras, tapi saat mereka tersenyum, seketika langsung luruh wajahnya yang keras. Hati mereka baik dan tulus banget, saya bisa ngerasain itu semua. Ahh saya terharu pokoknya waktu mereka meyambut saya penuh suka cita. Bahkan tas saya pun ingin dibawakan oleh salah satu mama (fyi, disini ga ada sapaan tante, semua dipanggil mama). Begitu masuk halaman, saya dituntun menuju kamar yang akan saya tinggali selama di rumah ini. Rumah Yance ini tipenya mencar mencar gitu, dapur, kamar, ruang tamu, ruang tv, kamar mandi, semuanya beda bangunan.

Setelah meletakkan barang barang di kamar, kami langsung menuju ke dapur untuk bertegur sapa dengan para mama yang sedang menyiapkan makan malam. Begitu duduk saya langsung disuguhi teh hangat dan satu ekor ikan bakar. Karena Yance tau saya ga suka ikan bakar yang dibakar ala kadarnya tanpa bumbu, saya pun diberikan ikan goreng. Ikan yang digoreng ini sejenis ikan terbang, dan mereka menyebutnya dengan "ikan indosiar". Begitu memasukkan suapan pertama ikan ini, rasanya fantastis bombastisss !! Walaupun cuma ikan goreng, tapi rasanya enaaaaaaaak banget !! Ini bener bener ikan yang fresh from the sea, baru tadi siang ikan ini nyampe ke darat dan langsung digoreng. Pantesan rasanya yummy maksimal. Inilah awal mula kecintaan saya sama "ikan indosiar" ini. Sejak itu selama 4 hari di rumah Yance saya selalu minta digorengin "ikan indosiar" hahaha.

Mengenal Adat Timor di Desa Umatoos, Besikama

Selesai bercengkrama dengan para mama dan nenek serta ba'i (semacam panggilan om), saya disuruh mandi dan dandan dulu karena nanti ada semacam acara penyambutan, dimana semua anggota keluarga besar akan datang. Yang membuat saya kaget adalah, disini ga ada keran air, masih pake sumur dan harus nimba dulu kalo mau ambil air. Hahaha, saya pun ga menyia nyiakan kesempata, saya pengen nyobain nimba air untuk pertama kalinya. Dan para mama itu pun langsung berteriak panik sambil melarang saya nimba air, katanya sih takut saya jatuh ke dalam sumur. Emang sih, begitu liat ke dalam sumurnya, lutut saya sedikit bergetar, dalem banget, brrrrrr. Tapi saya sukses sih nimba airnya sekali aja, maklum emang berat dan tangan saya langsung lecet kena talinya. Sisanya para mama yang nimbain air buat saya mandi. Makasih mama :") Kemudian saya masuk ke kamar mandi, ternyata di kamar mandi ga ada lampunya bloggie. Saya yang parno sama gelap, takut kalo ada hewan aneh yang nempel di dinding dan loncat ke badan saya. Mama yang tau ketakutan saya pun menyuruh Yance stand by di depan pintu kamar mandi sambil ngajak ngobrol saya biar ga takut. Ahh sedikit lega.

Setelah mandi, saya dipanggil Mama Bui (ini mama kandungnya Yance) untuk masuk ke dalam kamarnya, dan didandani ala wanita Timor haha. Saya dipakein sarung dan selendang dari tenun yang mama tenun sendiri selama 2 minggu. Salut. Keren !! Dan setelah didandani saya keluar kamar dan semua anggota keluarga menatap kagum. Ahh ini saya yang GR ato emang saya cantik banget yaa pake sarung Timor, hihihihi. Sayang, saya ga ada fotonya, soalnya udah kelewat sore dan penerangan minim saat itu. Udah akui aja kalo saya emang cantik kalo didandani ala cewe Timor. Setelah dandan, Mama Bui menyuruh saya bergabung dengan Yance dan para ba'i. Fyi, untuk bisa bergabung dengan para ba'i ini harus orang yang "derajatnya tinggi" menurut adat, sebenernya para wanita disini ga bisa duduk bersama para ba'i. Berhubung saya adalah tamunya Yance, maka saya diperbolehkan duduk di sebelah Yance. Yance sendiri pun juga salah satu yang memiliki derajat tertinggi di keluarga, karena dia anak pertama laki laki satu satunya dari anak sulung di keluarga besar. Untuk duduk bersanding dengan Yance harus orang yang setara derajatnya. Hahaha, bangga kali saya bisa duduk bersanding dengan para pria pria yang memiliki kehormatan menurut adat di kampung ini. *idungkembangkempis

Sebagian para ba'i, yang lain belom pada dateng
Untuk bicara dengan para ba'i pun seharusnya pake bahasa lokal yang halus, berhubung saya bener bener roaming dengan apa yang mereka bicarakan, saya cuma nempelin Yance aja sambil minta diterjemahin hahaha. Ada satu kebiasaan adat yang unik menurut saya, disana itu tiap orang memiliki tempat sirih pinang sendiri. Untuk cowo tempat sirih pinangnya bernama "knabir", sedangkan punya cewe namanya "tanasak". Sudah kebiasaan kalo bertamu, harus saling bertukar sirih pinang. Ketika ba'i menawari saya sirih pinang, saya harus menawari balik "tanasak" yang saya miliki sambil berkata "Ba'i sia, ne'e Ami tanasak hauk ka" artinya : Om semua, ini tanasaknya Ami. Dan para ba'i pun menjawab dengan nada panjang "He'e" (cara bacanya Heeeeeeeee'e) pokoknya harus bernada panjang dan ada cengkoknya gitu deh. Hahaha. Tapi berhubung para ba'i tau kalo saya bukan pengkonsumsi sirih pinang, mereka menawari saya itu hanya bertujuan sebagai formalitas aja. Saya ga diharuskan untuk makan sirih pinang pemberian mereka. Oh iya, disini panggilan saya adalah "Bete Klaran" artinya adalah anak perempuan kedua (saya anak perempuan kedua dari 3 bersaudara). Sedangkan Yance disini panggilannya adalah "Kakak Ulu Bria" artinya anak pertama dari keluarga Bria.

Ini tempat sirih pinang para cowo. Lucu yah
Ini tempat sirih pinang buat cewe, bentuknya kotak biasa kaya "besek" gitu
Ga terasa, ternyata matahari udah mulai pulang ke peraduannya. Senja semakin gelap dan saya semakin bertanya tanya, kenapa ga ada lampu yang dinyalain. Dan masa ngobrol gelap gelapan begini ? Dan ga beberapa lama, kakak kakak pun menyalakan lilin untuk menerangin kami semua malam itu. Semakin malam, anggota keluarga semakin banyak yang berdatangan, total malam itu kurang lebih ada 25 orang. Dan keraguan saya terhadap kegelapan malam terbantahkan, ternyata kami semua diterangi oleh cahaya bulan. Begitu saya melihat ke atas langit, pemandangannya superb banget. Bintang teraaaaang banget, ditambah beberapa jejak milky way pun terlihat samar samar. Ini pertama kalinya saya melihat langit sebersih dan seindah itu. Subhanallah. Walaupun kami semua berkumpul dalam gelap, tapi saat itu menyenangkan sekali, mengingatkan sama jaman malam inaugurasi SMA dan kuliah pake api unggun mihiihihi.

Sederhana namun berkesan
Kami semua disana larut dalam pembicaraan kami sambil menikmati hidangan makan malam sederhana berupa ikan goreng, nasi, dan sayur daun singkong rebus. Tapi rasanya ? Sumpah enak banget. Kebiasaan orang Timor kalo makan adalah, mereka suka makan dengan garam. Sayur dicolek ke garam dulu baru dimakan, ikan juga dicolek ke garam dulu. Saya pikir ikannya belum berbumbu, ternyata udah asin dan enak. Kenapa coba mereka nyolek ke garem lagi ? Ternyata kata Yance ya memang itulah adatnya. Okay. Saat acara makan malam pun, ada beberapa orang yang tadinya duduk sejajar dengan kami, tiba tiba mundur ke belakang jauh di belakang saya. Ternyata itu adalah ipar Yance (nyadu) yang statusnya dibawah Yance dan para ba'i, sehingga saat makan dia ga boleh berada sejajar. Dan setelah liat sekeliling, cuma saya satu satunya wanita yang duduk di kursi dengan para ba'i. Sedangkan kakak cewe dan para mama duduk di bawah beralaskan tikar. Tapi, walaupun kami duduk berbeda sesuai dengan status adat, kerukunan dan keakuran keluarga tetap terjaga. Kami asik mengobrol hingga malam larut. Yah walau saya kebanyakan roaming ga ngerti apa yang mereka bicarakan sambil sesekali menyenggol Yance sambil nanya "Artinya apaan ?"

Jam 12 malem, saya udah ga kuat menemani para ba'i dan mama ngobrol, saya pun undur diri untuk beristirahat. Yance cerita ke saya, sampe pagi pun kalo kita masih tetep mau melek bakal ditemenin sama mereka. Dan selama para ba'i belom pulang, cewe cewe harus stand by di dapur kalo aja gelas kopi mereka sudah kosong, harus segera diisi lagi. Saya juga salut dengan mereka yang dateng dari jauh berjalan kaki ditemani cahaya senter aja, bahkan ada beberapa bapak yang ga pake senter. Begitu saya tanya kenapa bapak ga pake senter ? Kalo pulangnya jam 2 pagi gapapa ? Ga takut hantu ? Jawaban bapak itu adalah "Bapak ga takut, nona. Bapak cuma takut Tuhan". Ahh.. bapak :")

Malam pertama saya di desa Umatoos, Besikama, di Pulau Timor. Good night, Besikama..... zzzz

Tambahan info :
- Di daratan Timor, ga ada sebutan panggilan "mas" ato "mbak". Disini panggilannya nona, kakak, dan om
- Ga heran kalo ada film Atambua 39 derajat Celcius, karena emang cuacanya disini super duper panas. Jam 10 pagi disini sama kaya jam 1 siang di Jawa. Ga tau apa yang buat cuaca disini begitu panas.
- Jangan kaget kalo berkunjung kesini dan melihat orang orang yang makan sirih pinang meludah begitu aja, emang itu kebiasaan mereka. Jangan kaget juga melihat warna ludahnya yang berwarna merah bata.

1. Saya merasa seperti (pelaku) yang sedang berada dalam isi cerita ini. Sungguh sebuah tulisan identitas; menghibur, asyik dibaca dan dikemas dalam rangkaian kata-kata sederhana. Saya sebagai warga pribumi, lahir, besar, menangis dan tertawa di bumi Besikama lebih khususnya lagi lahir dari perut Umatoos, tentu sangat mengapresiasi "tulisan langkah" ini. Thank you my sister, thank you for your experiences that you share for us.

1. Hai.. makasih yaaa udah baca kisahku di Besikama ini hehehe. Sumpah indah banget kampungnya anschweins :)