13/01/2016

Solo Bakcpacking Sulawesi - Ternate (Intro)

Saya sempat ragu awalnya untuk memulai perjalanan ini, alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah karena saya solo traveling. Namun udah kepalang tanggung rasanya, tiket semua sudah di tangan, saya ga mau jadi pengecut. Don’t be scare to walk alone, don’t be scare to like it (John Mayer). Inilah jarak terjauh yang pernah saya tempuh sendirian. Malamnya saya bener bener ga bisa tidur, kepikiran bagaimana perjalanan saya besok. Rasanya tegang setengah mati, sempet kesel sama diri sendiri kenapa bisa senekat ini. Terkadang nekat dan berani itu beda tipis, setipis cinta dan benci (yaelaah). Tapi di satu sisi, saya ngerasa seneng karena ini merupakan sebuah achievement kalo saya berhasil melakukan perjalanan ini. Bukan tanpa alasan kenapa saya memilih solo traveling kali ini. Kalau saya nungguin temen temen nyesuaiin jadwal mereka, alamat saya ga akan berangkat kemana mana. Akhirnya saya putuskan untuk berangkat sendiri saja. Tiket sudah di tangan, tas carrier udah dikeluarin dari lemari. I am ready :)

 Berikut ini itinerary saya :


25 Desember 2015 : Flight Denpasar – Makassar, malamnya langsung naik bus malam menuju Toraja 26 Desember 2015 : Explore Toraja dalam 12 jam, malamnya kembali lagi ke Makassar
27 Desember 2015 : Makassar city tour
28 Desember 2015 : Flight Makassar – Ternate, explore Ternate day 1
29 Desember 2015 : Explore Ternate Day 2
30 Desember 2015 : Flight Ternate – Manado, sesampainya di Manado langsung menuju Tomohon 31 Desember 2015 : Kembali ke Manado, malam tahun baru di Manado
1 Januari 2015 : Fligth Manado – Jogjakarta (Transit Balikpapan)
2 Januari 2015 : Sampai dengan selamat di Jogja, langsung pulang ke Solo kampung halaman tercinta.

Persiapan yang harus dilakukan yang paling penting adalah browsing sebanyak banyaknya, kumpulin informasi terkait destinasi. Dan jangan lupa juga untuk share trip ini di Forum Backpacker Indonesia (BPI), Kaskus Domestik dan forum forum sejenis. Untung untung bisa dapet temen jalan dari sana, atau kalau ngga dapet pun, ga jarang kita bisa saling bertukar informasi dengan temen temen yang sudah pernah ke tempat tujuan kita. 3 bulan sebelum hari keberangkatan, saya banyak share trip saya di BPI dan Kaskus, dak akhirnya ada beberapa orang yang mau join trip saya. Walaupun mereka ga ikut rangkaian jadwal saya dari awal sampai akhir, tapi itu sudah cukup membuat saya happy. At least saya ga bener bener sendiri. Dan akhirnya saya yakin, perjalanan ini akan berakhir menyenangkan. Enjoy my story, bloggie.

No comments:

Post a Comment