14/08/2013

Resep : Lumpia Manis Isi Jagung Keju

Postingan ini ga ada hubungan sama cerita SIM Basi sebelumnya, mentang mentang dipost di hari yang sama. Sebenernya saya masak ini pas weekend kemaren, tapi baru sempet ngepost sekarang. Weekend ga ada kerjaan, iseng iseng buka buku resep mamake, nemulah resep yang cucok buat dimasak pas weekend. Bukan rahasia lagi kalo si author ini selain suka sama cowo ganteng, dia juga suka banget sama masak. Terutama masak yang manis manis yah, resiko orang manis ya begini, ehem. Skip. Yang saya buat ini agak sedikit dimodifikasi dari resep aslinya. Masalah rasa ? Jangan ditanya, Ho Chaaak !! Baiklah, langsung aja nih saya kasih resepnya. Kali ini saya serius kok ngepostnya. Masalahnya menyangkut hajat hidup orang banyak nih, salah salah bisa bikin orang keracunan HAHAHA

Pertama tama siapin dulu bahan bahannya, perlu digarisbawahi kalo bahan masakan kali ini beda sama bahan bangunan ya, itu ga ada hubungannya sama sekali.
Bahan bahan
  1. 200 ml susu cair, saya pake merk Ultra Milk. Jangan pake susu Bear Brand yah, soalnya Bear Brand ga bisa dimasak, maksimal suhunya buat panasnya cuma 37 derajat aja.
  2. 2 sendok makan susu kental manis
  3. 100 gram jagung manis pipil rebus
  4. 2 sendok makan tepung terigu
  5. Kulit lumpia yang siap pakai
  6. 75 gram keju cheddar parut
  7. Gula pasir secukupnya
  8. 2 sendok makan margarin
Sekarang, marilah kita buat bahan untuk isiannya

  1. Panaskan margarin, setelah lumer tambahkan tepung terigu. Aduk aduk sampai berbutir, ntar rasanya kaya berpasir pasir di wajannya.
  2. Setelah itu, masukkan susu cair yang udah dicampur 2sdm susu kental manis sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk sampai rata dan udah ga ada gumpalan tepung lagi.
  3. Masukkan jagung, aduk rata.
  4. Masukkan keju cheddar, gula pasir secukupnya (cukup satu sendok makan aja). Aduk sampai kental, angkat, dinginkan.
Isian enyak
Isian ini enak juga loh kalo dimakan langsung, rasanya kaya bubur susu dikasih jagung manis sama keju. Yummy. Sambil nunggu dingin, saya terus melecehkan isian ini (mencolek colek dan menjilat) -____- jangan ditiru yah, jadi ga higienis ntar apalagi kalo buat dijual. Kasian pembelinya.
Setelah dingin, isian pun siap dimasukkin ke kulit lumpia siap pakai. Buat ngerekatinnya cukup pake air aja, bloggie. Dioles olesin buat jadi lemnya.


Kemudian, digoreng dengan api sedang cenderung kecil, kulit lumpia ini gampang gosong kalo apinya kegedean. 
Sekalian buat ngelumerin isiannya. Biar kalo digigit bisa tumpeh tumpeh di mulut, membuncah hingga ke dasar hati. Ngomong apa, Miii...Miiii -___-

Jangan lupa setelah digoreng ditiriskan bener bener yah, abis ditirisin di penyaringan ditaruh di atas tissue makan biar minyaknya bisa terserap. Kulit lumpia ini nyerep minyak. Kalo ga bener bener ditiriskan, takutnya minyaknya banyak banget. Bikin bibir yang makan bisa mengkilap seksi. Skip.
Setelah puas berguling guling di atas tissue makan, Lumpia Manis semanis Ami ini siap dihidangkan. 
Tarrraaaa !!
Lumpia ini garing dan renyah di luar, tapi lembut banget di dalemnya. Sama kaya si author, di luar keras tapi hatinya lembut kaya Hello Kitty :3 #abaikan. Begitu digigit awalnya bunyi "kresss" trus begitu ngunyah isiannya langsung kerasa lembut, ada butiran debu jagung manis yang enak banget, susunya berasa, kejunya mantap. Jangan kaget kalo makan tiba tiba ada efek lagu Paradise-Coldplay saking enaknya. Oh iya, waktu bikin ini, isian saya sisa tinggal dikit. Nah ini saya punya tips, isian yang sisa bisa disimpen di wadah tertutup trus masukin ke dalem kulkas. Kalo mau dipake masih bisa. Biasanya enak juga dijadiin isian roti tawar buat sarapan. Ato enak juga kaloo dibuat isiannya crepes. Bebas lah mau dimasukkin kemana. Asal jangan dimasukkin ke hati aja, ntar bisa sakit hati. Kasian.

Selamat mencoba, bloggie. Percayalah, ini resep serius. Satu keluarga makan masakan saya, masih sehat sehat aja kok sejak postingan ini dipublish. Resepnya aman HAHAHA. Dan buat yang ga suka keju, kejunya diilangin aja. Rasanya masih tetep Ho Chaaak !!

Bye !

No comments:

Post a Comment