30/08/2013

August Runaway #4 (Last Day in Bali)

22 Agustus 2013

Ini hari terkahir kami mengadu nasib di Bali, duit juga makin menipis kaya bedanya cinta dan benci, tipis. Hari itu saya bertekad buat ngehemat uang yang keluar dari dompet. 
Bangun pagi itu rasanya masih ga mau pisah sama kasur. Beda kaya waktu di Banyuwangi, rasanya pengen pisah aja dari kasurnya yang bau apek kaya ga dicuci bertahun tahun spreinya. Rencana kami pagi itu sih pengen liat sunrise di Sanur. Tapi ternyata daya tarik kasur lebih menggairahkan daripada Sanur. Ibarat kasur itu si Jupe, Sanur adalah Mpok Nori. Lebih menggairahkan siapa hayooo ? Ga mau jawab ahh, ga tega nyebutnya. SKIP.

Jam 9 pagi akhirnya kami bisa ngelawan gravitasi yang maha dahsyat di area kasur. Sebagai pelipur lara gara gara kemaren si Ave ga bisa beli lagi nasi jinggonya, sarapan kami kali ini adalah Nasi Jinggo . Daripada nanti dia ngamuk trus kayang di depan kompleks rumah, kan serem. Pagi ini mau saya ajak ke tukang sarapan langganan di Tukad Yeh Aya. Ibu ini jualan macem macem, mulai dari nasi sampe cemilan kue kue basah. Harganya ? Murah meriah.

Ga mau ngulangin kesalahan yang sama kaya kemaren malem, si Ave langsung beli 2 bungkus nasi jinggo. Yang satu nasi putih, satunya lagi nasi kuning. Kalo si Ami tetep slow aja beli 1 nasi bungkus, tapi kavalerinya yang banyak huaaahaha, saya kalap liat kue basah yang menggairahkan di atas meja. Comot sana comot sini. Dan akhirnya kami harus membayar 17 ribu untuk sarapan pagi itu. Huaapaaahh T___T maksudnya hemat biaya makanya beli disini, eh ga taunya dapet 17 ribu. Ami nih kalap ngambilin apa aja. Sesungguhnya barang murah itu lebih bahaya daripada barang mahal. Kalo barang murah bisa bikin kita kalap dan ga sadar udah berapa banyak yang dimasukkin ke kantong, ba ha ya. Camkan itu.

Kebiadaban kami beli sarapan
Ave kalap, dan dia ngebuka 2 bungkus nasi jinggo itu. Kata dia "Yang kuning enyaaaaak, aku sisain nanti ahhh" Saya sempet heran, apa jangan jangan nasi jinggo itu punya semacem zat adiktif ? Kenapa anak manusia satu itu bisa tergila gila sama nasi jinggo. Beda sama temennya yang suka tergila gila sama orang tampans -____- ini wajar kan ? Ya kan ?
Kami makan sambil nonton FTV di salah satu channel, yang bintang utamanya mamas ganteng Fandy Christian. Bagi kami Fandy ini gantengnya kebangetan. Bener bener ga masuk di logika kami kegantengannya. Jadi, selama makan nasi jinggo, hanya teriakan teriakan ini yang keluar dari mulut kami
"Huaaaa ganteng"
"Tatapan matanyaaaaa...."
"Kurusan yah, tapi tetep ganteeeeng"
Source
Selesai ngisi perut dengan nasi jinggo, saya langsung mandi, dan si Ave kayanya masih berjibaku dengan FTV yang ada mamas ganteng Fandy. Selesai mandi mandi cantik, saya nganterin Ave beli oleh oleh. Waktu itu saya anterin ke Pusat Oleh Oleh Dewata di Bypass Ngurah Rai daerah Tohpati. Daerah ini jadi ngingetin saya sama kosan temen temen yang dulu juga KP disana. Ada Ari, Yay, Cigi, sama si Acil. Yaah, setaun yang lalu, memorinya masih tertanam di otak saya. Ternyata di Toko Dewata ada rombongan murid murid SMA dari Solo sama Madiun. Jadi rameeeee banget. Kalo rame rame begini bikin darah tinggi saya naik. Mana ada beberapa murid yang rada (maaf) norak, teriak teriak sama temennya mau beli brem Bali. Aduuhhh, hellow ade adee, biasa aja napa woyy, ga usah norak deh ahh, peliissss. Untung ga terlalu lama Ave beli oleh olehnya, kami langsung cabut dari keramean di dalem. Targetnya, maksimal jam 1 siang udah harus sampe kost buat persiapan pulang ke Banyuwangi. Hal yang paling nyebelin waktu jalan jalan adalah packing. Selaluuuu aja, bawaan tiap pulang lebih banyak dan lebih berantakan daripada waktu berangkat. Padahal saya sama sekali ga beli oleh oleh, lho bloggie.. Heran. Alhasil saya sempet 2x bongkar muat tas, saking bingungnya kenapa tas saya jadi overload. Setelah lumayan berjibaku sama barang bawaan yang membengkak, kami sempet berleha leha sebentar di kasur. Di luar panas banget bloggie, sepanas kalo aku liat kamu jalan sama cewe lain (uhuek), bikin males keluar. Mana perjalanan kosan ke Ubung lumayan bikin gila. Males kalo harus kejebak macet di beberapa titik jalanan Denpasar.
Tepar
Akhirnya dengan niat yang membara, mengingat uang juga udah menipis, ga mungkin nambah semalem lagi tidur di kosan. Jam setengah 2 siang, kami langsung cabut dari kosan dan ke rumah ibu kost buat ngembaliin kuncinya. Guess what ? Lagi lagi saya ketemu sama anaknya yang tampannya ga kalah sama mamas Fandy, huaaaahaha. Lumayan bikin adem hati ini, di kala cuaca Denpasar yang panas bangeud, uhuk. Selesai balikin kunci kost dan bayar. Kami langsung cabut ke Ubung, sebelumnya pamit dulu sama si ganteng, sayang ga ada sesi cipika cipiki T__T
Perjalanan ke Ubung ga terlalu nyakitin, entah kenapa kalo dulu pas awal berangkat, motor yang saya bawa ini beratnya bukan main, tapi waktu pulang rasanya jauh jauuuh lebih ringan, padahal sepintas bawaan kami keliatannya membengkak, lebih banyak daripada berangkatnya. Begitu sampe di RM Padang mas Rony, langsung balikin motor dan minta KTP saya yang kemaren ditahan. Sedikit ngobrol sama Mas Rony, nanyain bis yang ke Gilimanuk biasanya mangkal dimana, trus dikasih tau, dan kami langsung nyebrang ke terminal Ubung buat nyari bis dan dengan sekejap kami langsung nemu bis ke Gilimanuk, harganya 35 ribu per orang, ini harga wajar kok bloggie, jangan dikira kemahalan. Soalnya emang jarak tempuh Ubung - Gilimanuk lumayan jauh. Jam 3, bis pun melaju ke Gilimanuk. Bis ini sistemnya kaya bis kota, sampe Gilimanuk pun dia masih naik turunin penumpang. Dan di daerah Jembrana banyak banget ibu ibu yang naik bis ini sambil bawa banyak belanjaan, bahkan sampe ada yang bawa ayam dikandangin, untung ga sampe ada yang bawa kambing. Bayarnya macem macem, ada yang mulai 3 ribu sampe 10 ribu kalo rada jauhan.

Bye Ubung !
Warnanya samaan, ciyeeee
Dan akhirnya setelah kurang lebih 4 jam perjalanan, jam 18.30 WITA kami semua sampe dengan selamat di Gilimanuk. Walaupun tadi rada deg degan soalnya di jalan liat ada kecelakaan yang lumayan parah. Begonya, si Ami ini ngintip dari jendela bis, trus liat darah darah, liat interior mobilnya yang sampe remuk, alhasil si Ami jadi parno dan sedikit mual :3

Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk
Tadinya berharap pengen liat sunset di atas feri. Tapi ternyata kami telat dari jamnya sunset, langitnya udah terlanjur oren oren kena semburat sinar matahari. Langsung, begitu turun dari bis, kami menuju loket pejalan kaki buat beli tiket feri. Seharga 7.500 rupiah kami bisa nyebrang selat Bali. Rasanya sedikit berat mau ninggalin Bali. Rasa yang selalu ada tiap saya mau pulang dari Bali. Mungkin suatu saat, saya akan kembali lagi :) Amin...

Bye Bali !
Naik ke atas feri, liatin pemandangan senja yang syahdu. Syahdu, se syahdu cintaku ke kamu.

Kapal feri kali ini jauh lebih ngebut daripada feri yang berangkat dari Ketapang ke Gilimanuk. Ngebut kaya speedboat. Dan dari dulu, tiap nyebrang malem, rambut saya selalu berkibar kibar heboh. Tapi kali ini untung udah diantisipasi sama karet rambut. Di atas kapal, saya merenungi uang yang tersisa di dompet. Pengennya sih ngitung uang saat itu juga biar tenang, tapi untung diingetin si Ave

"Jangan ngitung uang disini, anginnya kenceng, duitnya kabur bisa berabe, Bro"

Bener juga kata Ave, duit udah tinggal penghabisan, kalo kabur dibawa angin mending saya ikutan nyebur aja di laut, nyambung hidup sama keluarga hiu (lebaay). Jangan uang lah yah yang kebawa angin, mendingan cintaku aja yang kabur dibawa angin biar disampein sekalian ke kamu, ehem. Skip. Bloggie tau ? Bulan malem itu bagusssss banget. Warnanya oren dan gede banget sampe tumpeh tumpeh. Sekali lagi, keindahan yang ditangkep mata ga bisa ditangkep lensa kamera (bapuk) kami.

Bulannya ciamiiiik
Jam 18.30 WIB, harusnya kapal kami udah merapat di pelabuhan. Tapi gara gara rame pelabuhannya, kapal kami sempet terkatung katung di tengah laut nunggu giliran merapat. Lumayan boring, terombang ambing di tengah laut ga tau kepastiannya gimana. Kaya nasib kami, uhuk. 
Pelabuhan Ketapang dari kejauhan
Daripada boring, saya duduk di pager pembatas kapal. Trus si Ave bilang "Heh ojo penek'an !" (Heh jangan manjat manjat !) membuyarkan kesenangan saya. Dan daripada boring, akhirnya kami merencanakan makan malem nanti di Banyuwangi.

Ave : Makan apa ya ntar, nyam nyam..
Ami : Ayam goreng lagi ?
Ave : Boseen
Ami : Puyunghay ? Mie goreng ? Di depan penginepan ada tuh, Ve !
Ave : Waah iya iyaaa enak, berapa duit ya ?
Ami : Mahal pasti....Gini aja, puyunghay nya beli satu buat berdua. Tapi kita pesen nasinya 2
Ave : Jangan ahh, mahal
Ami : Ayam goreng kemaren aja ya, 15 ribu
Ave :  Aku ntar lele aja, nyamm..Disana jual lele juga kan yaa ?
Pupus sudah harapan kami makan puyunghay...

Akhirnya jam 19.00 WIB, kapal kami kebagian merapat di pelabuhan Ketapang. Banyuwangi, kami dataaaang !

Turun dari kapal barengan sama bis bis gede, karena ga mau mati kesamber bis sama truk, saya sama Ave nunggu rada sepi dulu baru keluar dari kapal. Begitu udah sampe di darat, kami jalan ke penginepan "Ketapang Asri", penginepan yang ada tokainya. Gapapalah, abisnya sepanjang jalan dari pelabuhan sampe stasiun ga ada satu pun penginepan selain si Ketapang Asri. Begitu sampe penginepan, ditawarin sama mamas resespsionisnya

"Kemaren udah dari sini kan mba ? Mau kamar yang mana ? Atas apa bawah ?"
"Bawah mas, kemaren udah diatas soalnya"

Saya pilih kamar yang beda dari yang sebelumnya, dengan harapan kamarnya bisa lebih baik. Awal dibukain kamarnya, ok laah, sedikit lebih bersih, walaupun skala kebersihannya masih belom nembus angka 5 dari skala 1-10. Lupakan kebersihannya. Begitu sampe kamar penginepan, hanya satu yang pengen saya lakuin, apa itu ? NGITUNGIN DUIT. Setelah diitung itung, akhirnya saya putuskan, saya bisa makan malem ini. Tanpa bongkar muat barang, kami berdua langsung keluar penginepan cari makan.

"Pake tempe apa tahu gitu enak kali ya ?"
"Lauknya ayam aja 15 ribu, semoga tempenya ga mahal"

Kami pun sampe rumah makan yang sama kaya 3 hari yang lalu, eh tapi ternyata rumah makannya penuh banget sampe ga ada tersisa satu pun kursi. Kami keluar lagi ke jalan sambil celingak celinguk. Dan ga lama, di sebelah rumah makan itu ada warung lalapan juga. Sepi, dan kami langsung aja masuk. Ditawarin sama bapaknya yang jual "Mau paket lengkap mba ? 15.000 udah dapet nasi, lauk, sama tempe, plus minum" jawaban kami hanya satu : "Iya pak mau, itu aja pak" #sujudsyukur :") Maan, 15 ribu udah dapet paket lengkap. Jadi terharuu, ga harus ngeluarin duit lagi buat beli tempe goreng.

Makan malam di Banyuwangi
Selesai makan, sama kaya biasanya, kami mampir Indoapril dulu beli air botol gede buat sikat gigi sama cuci muka. Kali ini merknya bukan 'Aqua' soalnya pasti mahal, kami cari merk yang paling murah, mengingat duitnya menipis setipis lingerie Mpok Nori. Waktu di Indoapril, saya ngelewatin tempat es krim yang menggiurkan.

"Ve, es krim, enak Ve"

Ga disangka, Ave pun mengabulkan keinginan saya untuk beli es krim. Kami beli es krim yang murah murah aja. Ga lebih dari 3 ribu. Lumayan buat moodbooster.
Selesai belanja belanji di Indoapril, kami balik ke penginepan dan istirahat. 
Ketapang Asri, baik baik sama kami yah :*

to be continued....

No comments:

Post a Comment