29/08/2013

August Runaway #2 (Uluwatu - Kuta)

 20 Agustus 2013

Jam setengah 4 pagi kami bangun, ga kaya dulu, bangun bisa molor sampe jam 9 pagi, lupakan yang dulu. Rencananya jam setengah 5 kami langsung cabut ke pelabuhan Ketapang buat nyebrang ke Bali, dan nyari bisnya antara di Ketapang ato Gilimanuk. Pasti ada. Selesai beres beres dan packing ulang, kami cabut dari penginepan dan jalan ke pelabuhan. Jarak penginepan ke pelabuhan ini deket banget, ngesot aja bisa nyampe kok. Begitu sampe di loket pejalan kaki, ada om om calo nawarin tumpangan ke Ubung. Awalnya ga mau, tapi setelah dipikir pikir, kalo naik bis gede yang enak kan turunnya pasti di Mengwi, mendingan ini sekalian ke Ubung. Akhirnya kami mau dan disuruh lari sama om calonya, soalnya udah keburu mau berangkat. Dengan jurus seribu langkah tanpa bayangan saya langsung lari ngikutin si om calo. "Ayoo cepet cepeeet !!" Om calonya bilang begitu terus selama saya lari, ga lama saya noleh ke belakang, si Ave masih jauh ketinggalan di belakang. "Paaak, temen saya masih di belakang, tunggu pak !!" Dan kayanya teriakan saya ga digubris sama om calo itu, saya masih tetep ngeluarin jurus seribu langkah tanpa bayangan dan akhirnya saya sampe di armada yang mau ngangkut kami ke Ubung. Bis ? Bukan. Angkot ? Bukan. Gerobak sapi ? Bukan. Tapi mobil APV yang masih baru, bersih, dan adem. Enak banget naik beginian sampe Ubung, bisa ngelanjutin tidur yang tertunda. Harganya 80 ribu per orang. Sepintas saya pikir ini kemahalan dan pengen ngebatalin, tapi setelah dipikir pikir, 80 ribu sama fasilitasnya patutlah. Langsung kami naik naruh pantat, di dalem udah ada tante tante sosialita yang duduk di depan sama om sopirnya.

05.00 WIB
Sampe di dalem kapal, saya turun dari mobil sambil ngebawa tas gembol dan naik ke dek paling atas. Soalnya kalo duduk di dalem kabin, bawaannya mual. Saya harus liat laut biar ga mabuk janda.

Dadah Banyuwangi, dadahh Jawa !
Sunrise of Java, tapi sayangnya mendung
Duo Papskipapap mencari cinta
Gembolan kami
Galau of The Year
Selat Bali
Sekitar jam 6, matahari udah mulai terik. Sebenernya ga panas sih, cuma silau aja. Om om nahkoda di dek paling atas akhirnya ngajak kami buat masuk ke ruang nahkoda buat duduk. Diajak ngobrol ngobrol dan ternyata ada orang Solo juga diantara tim nahkodanya, dia cerita semua keluarganya dulu kuliah di UNS. Dunia ini sempit kakak.

Om nahkoda yang masih muda
Jam setengah 7 WIB ato jam setengah 8 WITA kami nyampe di Gilimanuk. Rasanya juga dejavu sama kaya kemaren malem. Gilimanuk, kita ketemu lagi :"). Kami udah nyiapin KTP buat pemeriksaan kalo mau keluar pelabuhan. Setelah dicek KTP nya, melaju lah mobil yang kami naikin ke Denpasar. Maigaat, pemandangannya masih sama kaya dulu. Jadi keinget taun lalu :")
Pelabuhan Gilimanuk
Sejak dari awal berangkat tadi, saya sama Ave asik berjibaku dengan analisa kami. Siapakah orang dua di depan kami ini. Suami istri, adik kakak, atau majikan supir ? Sepanjang perjalanan, tante sosialita ini manggil si sopir dengan sebutan "Abang"

"Bang, jangan ngebut ngebut lah, Bang. Ga mau lah aku, Bang"
"Bang, kalo ngantuk, ngopi ngopi dulu lah, Bang"

Ga lama, hpnya si Abang bunyi. Dan dikasih ke tante sosialita. Maksudnya biar si tante yang angkat telponnya. Nah, makin yakinlah saya kalo tante ini istrinya si abang. Biasanya kan gitu, kalo ada telpon di hp suaminya pasti dikasih ke si istri kalo suaminya lagi nyetir. Saya masih setia nguping, apa yang diomongin sama tante itu, kayanya yang telpon itu cewe. Jangan ditiru yah, ga baik nguping itu :p

"Nanti jam 4 sore aku mau jemput suamiku yang di Belanda itu.. Gimana perutmu, udah besaarr ?"

Suamiku yang di Belanda ? Berarti ada suami yang di Banyuwangi, ada suami yang di Zimbabwe ? Suami tante ini banyak maaan, mau maunya si Abang dimadu, kasian. Sepintas saya pikir begitu. Dan ga lama tante itu bilang ke si Abang abis telponan sama cewe itu.

"Hee Bang, istrimu ini ternyata udah di Bali ? Aku pikir masih di Jawa, Bang. Naik apa dia Bang ? Kasian, hamil begitu, Bang"

Oalaaaah, jadi yang telpon itu adalah istrinya si Abang. Tante dan Abang ini ga suami istri, dan suaminya si Tante artinya cuma satu, ya yang di Belanda itu lah. Lumayan lega saya dengernya, ternyata si Abang ga jadi dimadu. Kayanya hubungan persuami istrian Tante dan Abang ini deket banget sampe saling kenal gitu, mungkin dulu sahabat jaman SMA kali yah. Asik sih 2 orang ini. Lumayan bikin ga boring selama perjalanan. Ada beberapa obrolan si Tante sama Abang yang bikin saya senyum senyum sendiri.

"Waktu itu aku ditawari kredit, murah Bang 270 ribu per bulan. Aku ambil lah, Bang. Aku pikir APV ehh ternyata TV, Bang. Kurang ajaaar, brengseek. Salah denger aku, Bang"

"HPku ada lima, Bang. Bagus bagus semua. Harganya 9 juta semua. iPhone itu, Bang. Ehh dibawa kabur sama dia. Itu ada HP bapakku Bang. Kalo aku kangen biasanya aku liat HP itu, Bang. Biarlah jelek HP itu, tapi itu satu satunya kenangan bapakku, Bang. Brengsek bajingan dia"

Tante, tante istigfar yuuuk, daritadi ngomongnya kasar begitu http://www.smileycodes.info

Setelah berjam jam di dalem mobil yang muter lagu lagu ala Banyuwangi-an, dengan volume yang keras banget, bahkan musik yang saya dengerin dari earphone aja sampe kalah volumenya. Lagunya asik sih, rada rada dangdut gimanaa gitu, untung saya masih bisa ngontrol ini badan buat ga goyang dombret. Setelah berjuang menahan biar ga goyang dombret di mobil, sampailah kami di Ubung jam 11.30 WITA. Pas 4 jam perjalanan dari Gilimanuk ke Denpasar. Ditawarin sama si abang buat dianterin ke tempat tujuan, tapi saya tolak. Saya mau cari sewaan motor dulu sama Mas Rony. Akhirnya dengan lambaian tangan dan ucapan terima kasih sambil diwanti buat hati hati, kami berpisah dengan Tante dan Abang. Daah tante, daaah abang :")
Begitu turun dari mobil saya berusaha buat inget inget yang mana rumah makannya mas Rony berhubung ada 2 rumah makan padang (waktu itu saya lupa nama rumah makannya), interiornya berubah semua. Akhirnya saya masukkin deh salah satu rumah makan, dan begitu masuk langsung inget "Ini bukan rumah makannya mas Rony...Berarti yang di sebelahnya" Tapi udah kepalang tanggung, udah masuk masa mau keluar lagi. Terpaksa deh kami makan disana. Saya sengaja nyelesaiin makan duluan dari si Ave, maksudnya mumpung Ave masih makan, saya mau keliling nyari sewaan motor, biar si Ave istirahat dulu. Masuk masuk ke arah Jl. Pidada, ga nemuin sedikitpun ada persewaan motor. Balik lagi jemput Ave, trus bayar makan. Kami langsung hunting sewa motor, sebelumnya nanya dulu sama kasirnya. Dan dengan yakin, saya langsung masuk ke rumah makan padang satu lagi, yang namanya Sambal Lado. Mungkin disini bloggie bertanya tanya yah, kenapa saya bisa bingung. Masalahnya 2 rumah makan padang ini bener bener bersebelahan, bloggie. Dan tampak luarnya mereka sama. Setahun banyak yang berubah, keadaannya beda banget. Ok, balik lagi ke topik. Begitu masuk RM, langsung keliatan mukanya mas Rony. Maigaaaaaat, kamu yang selama ini aku cari mas, kamu kemana aja mass...tahukah kamu, aku keliling mencarimu...setahun banyak yang berubah darimu, mas. Skip. Langsung deh minta sewa motor disana. Dan ditawarin sama mas Rony, seharinya 80 ribu. Astagaaa, itu harga yang mahal banget, dan bikin saya bisa bisa ga makan nasi di Bali, nanti malah makan pasir. Nawar nawar cantik. Akhirnya dapet 60 ribu per hari. Ok lah, ambil aja. Satu satunya pilihan, motor ini penting, kalo mau nyari lagi diluar bakal buang buang waktu, mengingat waktu itu udah siang banget. Lagian mas Rony ini lumayan uhuk ganteng uhuk. Selesai transaksi, KTP saya ditahan, dan dapet armada Honda Beat berplat DK. Denpasar, here we come !!

Dengan gembolan yang banyak, kami berdua membelah Denpasar menuju Sanur (kosan) ngelewatin jalan Gatot Subroto sama Bypass Ngurah Rai. Lagi lagi, saya ngerasa dejavu. Sedikit ga percaya, maaaan aku kembali lagi kesini. Bukan Gatot Subroto namanya kalo ga macet dan padet. Udah panas, capek, bau asep. Bikin saya bener bener badmood akut. Sekitar sejam perjalanan kami, akhirnya sampe juga di kosan. Seharusnya lama perjalanannya ga sampe sejam juga sih. Cuma gara gara macet, dan ada beberapa jalan yang dialihkan, jadinya saya rada muter. Waktu ambil kunci kamar di rumah ibu kostnya, yang ngasih anaknya yang pertama, cowo ehem. Bloggie tau ? Gantengnya, makin juara. Bikin adem hati ini HUAAAHAHAHAHA. Padahal setaun yang lalu gantengnya ga kebangetan kaya sekarang. Duh deekk...
Begitu sampe kosan, kami langsung mandi dan bongkar muatan. Begitu saya mau nyalain AC, ternyata batere remotenya abis. Rasanya lemeees banget mau beli batere di warung sebelah, mana panas. Akhirnya dengan tekad yang bulat, saya langsung kabur ke warung sebelah naik motor buat beli batere sama es Nutrisari hahaha, sebenernya Nutrisari ini belinya ga terencana, mendadak pengen aja, maklum panas banget. Begitu sampe kosan, ternyata batere yang saya beli salah ukuran, harusnya beli AAA tapi saya malah beli ukuran AA. Pasti ini gara gara es Nutrisari bikin gagal move on fokus. Aduuhh.
Jam setengah 3, kami langsung keluar kos mau jalan jalan. Rencananya hari ini mau nonton Tari Kecak di Uluwatu sekalian liat Sunset. Syahdu kaan ? Tunggu dulu....
Sebelum ke Uluwatu, mampir dulu ke kantor saya dulu jaman KP di Bypass Ngurah Rai, Sanur. Mumpung searah. Sampe kantor, langsung kangen kangenan, ketawa ketawa, melepas rindu setelah sekian lama tak bersua (ngomong opoo). Puas sekitar 1 jam cerita cerita sama mamake manajer, saya pamit mau cabut ke Uluwatu. Ternyata underpass Simpang Siur udah jadi, jalan tolnya juga udah jadi. Jadi makin ga sabar buat liat kaya apa, setahun yang lalu saya tinggal masih berantakan.
Source
Waktu lewat sana ga sempet moto, jadinya ini saya cariin aja ya di internet fotonya kaya gimana. Bagus banget aslinya, kaya di luar negeri. Kata mamake manajer, jalan tol ini udah jadi tapi belom dibuka. Makanya waktu saya liat, yang arah ke Benoa masih belom ada mobil, masih sepi dan ada palangnya. Perjalanan ke Uluwatu ngelewatin Jimbaran, kampus UNUD, Pecatu Indah Resort gerbang masuknya pantai Dreamland, sama ngelewatin GWK. Dari GWK masik terus aja jalannya, sampe ujung, sampe udah ga ada jalan lagi, itulah Uluwatu. Gampang banget rutenya ke Uluwatu ini, cuma tinggal ngikutin satu jalan aja, Jl. Raya Uluwatu.

Begitu udah sampai agak ke atas, jalanan mulai sepi. Kebanyakan yang lewat cuma mobil aja. Yang naik motor cuma bisa diitung sekitar 2-3 motor, itupun udah termasuk kami. Dan kalo lewat jalan itu, emang bisa ditebak pasti mau ke Uluwatu. Kiri kanan jalan mulai jarang rumah penduduk, cuma semak semak aja. Jadi bisa ngebayangin kalo malem suasananya gimana.

Sepi, sesepi hati ini #tsaah
Setelah ngelewatin jalan lurus nan sepi, jam 4.45 WITA sampailah kami di Pura Luhur Uluwatu. Markir motor, bayar tiket masuk 15.000 buat turis domestik, plus dapet selendang kuning dan kalo pake celana pendek dikasih sarung ungu. Begitu masuk ke area Uluwatu ada papan peringatan buat ngejaga barang barang bawaan, soalnya monyet disini urakan. Sempet jiper, soalnya saya takut sama yang namanya monyet. Tapi akhirnya nekat, soalnya kan pengunjungnya banyak, ga cuma kami berdua aja. Kebanyakan pengunjung sore itu sih turis mancanegara semua. Ga tau lagi musim liburan ato gimana, sore itu Uluwatu rameeeeeee banget. Udah panas, rame pula, pluss ada monyet. Bikin males sih sebenernya. Pengen foto, objeknya ketutupan orang banyak. Jadi rada ilfeel. Saya pribadi sih emang orang yang ga suka keramaian. Sebenernya wajar sih yaa kalo objek wisata itu pasti rame. Tapi, di Uluwatu ini, akses jalan kakinya sempit banget, buat orang 3 jalan deret deretan aja bisa sempit banget, belom ditambah sebelah jalan setapak ada semak belukar habitatnya si monyet monyet itu. Mana banyak orang yang suka berhenti mendadak buat ambil foto, trus kita juga terpaksa ikut nungguin, soalnya dari arah berlawanan ada orang lewat juga. Sedikit kurang kondusif suasana sore itu. Mana sinar mataharinya lumayan masih terik untuk ukuran jam setengah 5 sore.


Pura Luhur Uluwatu dari kejauhan
Teriknya matahari Uluwatu
Nafsu kami buat nonton Tari Kecak sedikit surut. Inget kan ? Kalo kami baru nyampe kos jam sekitar setengah 2 siang tadi, dan itupun nonstop belom istirahat sama sekali. Cuma nyegerin badan bentar sambil minum es Nutrisari, abis itu lanjut jalan ke Uluwatu, mampir kantor bentar. Fyi, jalan setapak di Uluwatu ini berundak bloggie, banyak banget tangganya. Jalannya naik turun. Seandainya, kondisi kami ga capek, mungkin kami masih sanggup buat nunggu Tari Kecak main pas sunset nanti. Ditambah monyet monyet, makin bikin saya pengen cepet cabut dari Uluwatu. Tapi sumpah rasanya, badan ini capek banget. Tulang tulang mau copot. Kepala udah kesemutan sampe berkunang kunang. Sebagai tour guide gadungan, saya sedikit ngerasa bersalah ngejadwalin Uluwatu di hari pertama kita nyampe. Yasudahlah, jangan ditiru ya bloggie. Pelajaran hari pertama, kalo baru nyampe Bali, jangan langsung ke Uluwatu, capek, apalagi kalo kaya kami yang stay nya di daerah Sanur, bukan Kuta kaya turis kebanyakan. Kalo pada naik pesawat sih ga masalah yah, apalagi kalo disupirin selama di Bali, pasti tenaganya masih tumpeh tumpeh. Ok skip.

Karena ga dapet sunset di Uluwatu yang konon katanya ajib banget, jam 05.15 sore kami balik ke Kuta buat ngobatin kecewa pengen liat sunset. Dengan jurus seribu gas tanpa bayangan, saya pacu motor ke arah Kuta.
Patung Dewa Rucci - Simpang Siur
Dan jam 6 sore pun kami sampe di pantai Kuta. Langsung naruh pantat di pasir, duduk nikmatin angin sepoi sepoi, dengerin debur ombak, sambil liat matahari yang mulai turun ke peraduannya. Sumpah ini lebih syahdu daripada Uluwatu, ini baru namanya istirahat. Biarlah orang bilang pantai Kuta ini pantai mainstream, tapi disinilah saya nemuin kedamain. Ciyee damai ciyeeee.

Pantai Kuta yang tak pernah sepi
Walaupun ga dapet sunset fenomenalnya Uluwatu, kami dapet sunset Kuta, ga masalah lah ketutupan sedikit awan mendung. Gapapa. Kalo mau liat sunset, cari aja di google, banyak :3

Waktu sunset, kami liat lumayan banyak pasangan muda mudi dimabuk asmara yang liatin sunset sambil pelukan, sambil liat liatan, sambil gandengan, sambil main futsal. Ngeliat ada momen indah (bagi mereka) kami langsung foto fotoin mereka diem diem, itung itung jadi fotografer prewedding dadakan. Ini bukan maksudnya norak lho, norak liat orang pacaran difotoin. Ini maksudnya, kami udah cukup bahagia kalo liat mereka bahagia. Udah itu aja :")


Kalo kalian masih pacaran, saya doain semoga cepet naik ke pelaminan. Tapi kalo kalian udah menikah, saya doain semoga cinta kalian abadi sampe maut memisahkan kalian berdua. Amin.

Puas liat sunset sambil istirahat, kami rencananya langsung balik aja pulang ke kosan. Sebelumnya cari makan dulu sama beli batere buat remote AC, sekalian beli es krim. Es krim adalah moodbooster bagi para jomblowati seperti kami. Slurffppp :9
Bulannya indah, kaya kamu :">
Dan pas kami berbalik, ternyata bulan malam itu bagussssss banget bloggie. Terang banget, bulan purnama. Suasananya makin syahdu. Seandainya ngeliat bulan itu sama kamu, uhuk. Lupakan. Sebagus bagusnya bulan malam itu, lebih indah bila kamu disampingku. Uhuk uhuk, hueek. SKIP.
Puas ngeliatin bulan, kami langsung cabut dari daerah Kuta menuju Sanur buat cari makan dan pulang ke kos. Bayangin, perjalanan dari pantai Kuta sampai Sanur sama sekali ga kena traffic light, jadi ga ada kesempatan buat ngerileksin bokong. Begitu sampe rumah makan di Sanur, bokong saya kayanya sempet mati rasa. Sempet kepikiran kalo bokong saya ketinggalan di Kuta tadi. Bokong, dimana kau berada...
Menu makan malam Ami
Abis makan, kami langsung beli batere dan es krim di toserba Ayu Nadi di deket kosan. Toko Ayu Nadi ini toko yang bersejarah, saya inget waktu jaman ngekos disini, kalo butuh apa apa selalu beli disini. Bahkan saya masih inget sama muka kasir kasirnya. Ehh ini ga lebay lho, sumpah. Ga tau kenapa ya ? Saya semacem kaya punya kemampuan bisa nginget sesuatu dengan baik. Terutama wajah orang. Ciyee Ami ciyeeee. Begitu sampe kos, langsung masang batere di remotenya. Dan walaaaaa, AC pun nyala. Segeeeerrrr. Setelah beres beres tempat tidur, kami langsung istirahat, dan ga lupa foto foto tolol dulu sebelum tidur.
Mafia
Hari pertama jalan jalan di Bali, cuma 2 kata. Luar biasaaaahhhh (capeknya) #abaikan kata kata terakhir.

No comments:

Post a Comment