31/08/2013

August Runaway #Intermezzo (Balada Penumpang Sri Tanjung)

Ibu Ibu Rempong

Cerita ini terjadi waktu perjalanan pulang kami ke Solo. Jadi gini ceritanya, ada ibu ibu yang tempat duduknya kepisah sama anaknya. Si ibu itu di 11E, dan si anak di 8E. Emang, waktu itu kereta penuh banget, saya sama Ave aja sampe kepisah bangkunya, tapi masih tetep sebelahan, saya 7C, si Ave 7D. Fyi, anaknya si ibu ini udah gede, udah umur umur kuliahan. Dan si ibu itu akhirnya tetep maksa mau duduk di bangku 8D biar bisa sebelahan sama anaknya. Dia takut kali kalo anaknya ilang. Tapi plis ya buu, anak ibu ga akan ilang. Si Ave di depannya bakal ngejaga anak ibuk dengan baik, dan ga mungkin kalo anaknya ibu itu loncat dari jendela kereta, jendelanya aja kecilnya seupil begitu. Ga lama, di stasiun lain datenglah penghuni bangku 8D yang asli. Si ibu itu kalang kabut dan nyuruh penghuni asli itu buat ngungsi sementara di nomer 8A, tepat di depan saya.

"Ibu, nanti kalo ada yang komplain, baru saya pindah ke bangku 11E"

Si penghuni asli 8D itu udah keliatan males banget ngomong sama si ibu rempong, super jutek. Lagian siapa sih yang suka kalo kaya gini. Dan ga lama, penghuni asli itu pun bilang ke si ibu rempong.

"Bu, pindahnya sekarang aja, saya males kalo nanti pake pindah pindah, repot. Kalo yang punya bangku 8A dateng malah repot pindah pindahnya"

Dan teteeuuup, ibu rempong itu ga mau pindah ke tempat duduk aslinya. Astagaaaaa. Kenapa sih harus pake sebelahan kaya gitu ? Anaknya juga udah gede kaliii, walaupun ga segede patung Wisnu di GWK -___- Ga lama si ibu rempong itu ngeliat saya, mungkin dia nyadar kali ya kalo mimik muka saya udah aneh, huaahaha

"Wah, mba ini enak sih, kepisah tapi tetep sebelahan sama temennya"
"Ga sebelahan gapapa juga kok sebenernya, Bu"
"Ehehehe..."

Saya harap ibu ini bakal sadar dan pindah ke bangku aslinya. Kenapa sih ga nurut sama nomer tiket aja ? Gitu aja kok dibuat susah sih, apa jangan jangan kaya gini ya karakter orang Indonesia, ga mau diatur. Miris aja sih.
Ga lama datenglah kondektur buat ngecek tiket, dalem hati saya seneng banget, pasti si ibu rempong ini bakal disuruh pindah ke tempat duduk aslinya. Eh tapi ternyataaaa, kondekturnya tetep diem aja walaupun si ibu itu ga nempatin bangku yang sesuai. Maigaaat, aturan kok ga dijalanin sih. Heran saya. Satu hal yang bisa saya simpulkan dari penumpang kereta ekonomi, mereka ga bisa liat ada bangku kosong. Kalo ada yang kosong, langsung aja ditempatin, ga peduli nomer bangku di tiket mereka berapa #facepalm. Lalu gimana akhir kisah mereka ? Si penghuni asli itu turun di Sidoarjo, dan sampe saya turun di Solo, si ibu rempong itu masih sebelahan sama anaknya. Selamat anda beruntung !

Ibu Ibu Nyinyir

Cerita ini juga terjadi waktu perjalanan pulang ke Solo. Si ibu ini salah beli tiket. Tujuan dia turun di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, tapi di tiket tertulis dia harus turun di Stasiun Gubeng, Surabaya. Nah, begitu sampe Gubeng datenglah penumpang yang seharusnya nempatin bangku si ibu ini.

Bapak penumpang asli (B) : Permisi, Bu. Ini bangku saya
Ibu Nyinyir (I) : Ini bangku saya, Mas
B : Boleh saya liat tiketnya, Bu ? Soalnya di tiket saya, tertulis saya harusnya disini
I : Waah, saya duluan kok, Mas !
B : Cuma mau liat aja Bu, kok bisa samaan
I : Saya itu pesen tiketnya seminggu sebelum berangkat lho, Mas !
(plis deh ibu, bukan masalah mesennya tanggal berapa, si Bapak mau liat tanggal keberangkatan)
B : Saya mau liat tanggal keberangkatannya aja, Bu
I : Aku itu pesen dah lama lho, Mas

Akhirnya si Bapak itu ngeluyur pergi manggilin petugas KA nya. Ninggalin ibu ibu aneh itu. Ga lama datenglah petugas KA buat ngecek tiket si Bapak dan si Ibu. Teryata tiket si Ibu ini salah, seharusnya dia turun sekarang, di Gubeng.

Petugas : Ibu harusnya turun disini sekarang, trus bangku ibunya ditempatin bapak ini
Ibu : Aku turun di Lempuyangan, Mas !
Petugas : Di tiket tertulisnya Gubeng, lho Bu.
Ibu : Aku wes tuo lho masss, aku ra mudeng opo opoo... (Aku udah tua lho mas, aku ga ngerti apa apa)
Petugas : Aturan tetep aturan, Bu

Untung si petugas baik hati itu mau nganterin si Ibu buat beli tiket ke Jogja di loket tiket stasiun Gubeng. Dan untungnya KA berhentinya lumayan lama di Gubeng. Coba kalo bentar doang, bisa terlunta lunta si Ibu itu. Ga lama, si petugas dan si Ibu dateng. Akhirnya diputuskan kalo si Ibu dapet tiket, tapi harus pindah gerbong ke gerbong 3.

"Maaas, aku lho udah tua mass...jauh mas kalo jalan"

Si bapak baik hati itu pun ngalah, dan rela pindah ke gerbong 3 demi ga dibawelin si Ibu itu. Setelah urusan clear, si Ibu ini masih aja ngebahas sambil ngumpat ngumpat petugas loket tempat dia beli tiket di Banyuwangi. Sebenernya kan salah si Ibu, jelas jelas kalo beli tiket itu harus dicek dulu, eh sekarang malah marah marah. Padahal kan kalo pesen tiket KA pake nulis form dulu, kemungkinan untuk salah kan kecil, kecuali si Ibu itu salah tulis. Nah, jangan jangan si Ibu itu ga beli tiketnya sendiri. Berarti yang salah, orang yang ngebeliin tiket ibu itu. Nah lho, ribet.

"Kurang ajaaaaarrrr, wong tuwo diapusiiiii. Kurang ajar itu yang di loket tiket. Aku orang tua ga tau apa apa diboongin, mau turun di Jogja malah dikasih ke Gubeng. Kurang ajaaaaaarrrr"
Dan diikuti anggukan penumpang lain yang sebaya sama si ibu itu. "Iyo beneerrr, Bu" Hadeeehhh... maklum lah ibu ibu.. Dan si Ave pun bisikin ke saya "Sampe Jogja, bakalan dibahas terus itu sama si ibu ibu"

Ga lama, datenglah kondektur buat ngecekin tiket penumpang lagi. Hingga akhirnya kondektur pun sampe di bangkunya si Ibu

"Mas, ini aku tadi beli tiket lagi lho, tiket asliku harusnya turun di Gubeng, padahal aku mau ke Jogja. Ini aku beli lagi buat turun Jogja. Kurang ajar !"
"Kenapa waktu beli ga dicek dulu, Bu ?"
"Lha aku wong tuwoo , Maaasss... Kurang ajar iku wong lokete !! Ini aku urus bisa yaa, Mas ?"
"Ngurus apa ?"
"Komplain kalo salah tulis tiketnya, kurang ajar itu wong lokete"
"Ibu beli tiketnya nulis form dulu kan ? Ibu beli sendiri kan ? Kok bisa salah ?"
"Lha aku ga ngerti masss, aku wong tuwo masssss...."
"Yaudah, kalo ibu mau komplain, komplain ke tempat ibu beli tiketnya aja. Jangan ke saya"
"Kurang ajar itu masss. Aku mau komplain"
"Tapi uangnya ga bisa kembali, Bu"
"Wessss, itung itung amal yo, Masss.."
"Kalo amal harus ikhlas, Bu" *ngeloyor pergi*

Sayup sayup saya masih bisa denger ibu itu masih ngomong "Kurang ajar" sama "Aku wong tuwo" Aduuuh, kayanya bener yang dibisikin Ave tadi, sampe Jogja pun bakal masih tetep dibahas. Ini adalah salah satu nyinyiran si Ibu yang berhasil terekam di memori otak saya.

Waktu itu ada pedagang asongan Pop Mie masuk, dan orang di sebelah saya beli. Si Ibu itu liat, dan bilang
"Tak pikir, pedagang asongan dah ga boleh masuk. Eh masih masuk, toh. Berapaan, Mas ?"
"8 ribu, Bu"
"Mahalnyaa, beli mentahannya aja ga segitu. Padahal cuma modal air panas doang"

Hey maaaaan, ibu itu ngomong di depan pedagangnya lho. Jahaaatnyaaaaa -____- Dan ga cuma pedagang Pop Mie aja yang digituin, pedagang kopi juga digituin, Dibilang "cuma modal air panas doang" Aduh, ibu udah tua, banyakin istigfar napa... -__-

Oase di Padang Pasir

Sebenernya saya pengen posting fotonya sekalian, tapi menurut kode etik, kayanya ini ga etik yah. Ga minta ijin dulu buat ngepost fotonya. Jadi ceritanya begini, waktu di Gubeng, naiklah penumpang yang tampans banget, ketampanannya tingkat khayangan. Dan perlu dinobatkan jadi orang paling ganteng se kereta Sri Tanjung saat itu. Lebih afdol kalo liat fotonya sih, tapi saya ga mau ntar kalo dituntut sama si ganteng. Yaudah, bloggie bayangin aja yah hihi. Saking gantengnya, si Ave pun ngambil fotonya diem diem, posisi Ave ini emang cocok banget, sudut pandangnya pas buat liat si ganteng. Dekeeet banget sama si Ave. Akhirnya doa saya dikabulkan, ada juga orang ganteng di Sri Tanjung. Sebenernya ga cuma si ganteng ini aja, di gerbong saya lumayan banyak bertaburan mamas mamas lumayan tampan. Tapi, teteuup dia yang paling tampaanss Kenyinyiran ibu ibu tadi pun seketika sirna waktu saya liat kegantengan yang berseliweran di dalem kereta. Kalo lagi tersepona eh terpesona sama si ganteng, si Ave cuma bisa bilang "Inget umur, inget umuur" Soalnya sepintas si ganteng ini masih muda kinyis kinyis.

Ratapan Anak Tiri

Kejadian ini terjadi waktu perjalanan berangkat kami ke Banyuwangi. Di depan kami, ada sebuah keluarga kecil. Bapak, ibu, dan anaknya yang masih seumuran kelas 1 SD. Sepanjang perjalananan, saya ga pernah liat si Ibu ini ngomong sama anaknya. Berhubung bapaknya nongkrong di bordes (mungkin biar ga sempit) si anak ini cuma berdua aja sama ibunya. Tiap anaknya nanya, si ibu cuma jawab "Ga tau"

"Bu, jam berapa sekarang ?"
"Ga tau"
"Bu, nyampe Banyuwangi kapan ?"
"Ga tau"

Dan waktu itu si anak ketiduran, bukannya kepala anaknya ditaruh di pangkuannya. Si ibu ini malah pindah tempat duduk, ngebiarin anaknya tidur sendiri di bangkunya. Ibu ini keliatan super jutek bangeet. Apalagi waktu nyuapin si anak. Sumpah suapannya ga ada sedikit pun cinta. Piringnya berantakaaaaan banget, nyuilin ayam buat si anak pun sembarangan kaya ga niat. Maigaat. Ada lagi, waktu si anak minta dianterin ke kamar mandi, si ibu ini mau nganterin, sambil narik kerahnya si anak, bukannya ngegandeng dengan lembut -___-
Ga lama, begitu udah rada maleman, si bapak dateng lagi ke bangku. Si anak dielus elus sayang kepalanya, diajak ngomong, bener bener beda perlakuannya kaya si ibu. Saya simpulkan, mungkin itu istri baru bapaknya. Kalo ibu kandung ga mungkin se jutek itu, senakal nakal anaknya. Ibu kandung mana yang kejam kaya gitu. Dari awal berangkat sampe nyampe Banyuwangi saya sama sekali ga liat ibu ini megang anaknya, ngajak ngobrol anaknya. Padahal di sebelah saya ada keluarga yang angeeeet banget, anaknya juga seumuran sama si anak malang. Anaknya diciumin, ditidurin, disuapin, diajak ngomong. Bener bener keliatan sayang. Dan agak ke depan dikit, ada pasangan muda yang anaknya masih bayi, sekitar 3 bulan. Pasangan ini keliatan bahagiaaaaa banget, ayahnya nyuapin, sedangkan ibunya gendong si dedek bayi. Jadi pengen punya anak #abaikan. Kalo kata Ave, kami udah diliatin fase fase hidup berkeluarga. Kami diberi contoh yang baik dan buruk, supaya besok kalo punya keluarga ga kaya keluarga di depan kami.

Yah kurang lebih itulah cerita yang ada selama saya naik kereta Sri Tanjung. Bukannya sok mau ngurusin urusan orang. Cuman ini kerjaannya orang nganggur. Ga ada yang bisa diliat selain tingkah penumpang lain. Jadinya naluri menganalisis kami muncul tiba tiba.

No comments:

Post a Comment