30/08/2013

August Runaway #3 (Desa Penglipuran - GWK)

21 Agustus 2013

Rute hari kedua di Bali kali ini kayanya sedikit menentang rute wajar yang biasanya dijadwalin sama para tour guide. Bayangin aja 2 lokasi yang mau kami datengin hari kedua ini jaraknya jauhan banget, kaya bumi dan langit, kaya kamu dan aku uhuk. Desa Penglipuran ada di arah Kintamani, di Bangli. Sedangkan GWK ada di arah Uluwatu (kaya rute hari pertama). Iya, saya tau sebenernya kalo rute kali ini bener bener bikin bokong tepos kaya papan gilesan. Tapi mau gimana lagi, dibuat asik aja liat jalanan Bali. Dari Bali Utara sampe Selatan. Sensasi tersendiri buat Ave yang baru pertama kali ke Bali.

Jam 9 pagi, kami mulai cabut dari kosan. Sebelumnya sarapan dulu, nganterin si Ave nyicipin Ayam Betutu yang fenomenal. Ke Bali ga nyobain ayam betutu bagaikan boker ga cebok, nanggung. Lagian si Ave nanyain mulu masakan khas Bali apa yang fenomenal, diajakin makan babi guling dianya ga mau, katanya babinya kayanya basah basah gitu. Hahaha ! Balik lagi ke ayam betutu. Ayam betutu pilihan saya kali ini, di warung langganan jaman ngekos dulu, di Warung Ayam Betutu Laku di daerah Waturenggong, Denpasar. Deket sama kosan, tinggal ngesot aja udah nyampe.

Nasi Campur Ayam Betutu
Seporsinya macem macem harganya. Ada 3 pilihan, dari yang paling murah 8ribu, 10ribu, sampe 15ribu. Kalo makin mahal makin banyak porsinya. Gitu aja sih perbedaannya. Bukan berarti kalo pesen yang paling murah, makannya ga pake piring lho. Ohh, tentu tidak.
Rasa ayam betutu ini selang setahun agak sedikit berubah, rasanya kali ini lebih pedes. Pedes banget sampe lidah saya mau mati rasa. Ini emang saya yang berlebihan, saya kan emang ga doyan pedes, bloggie. Kalo si Ave masih cool aja makannya, sambil sesekali "Sssshh...ssshhh..." Kalo si Ami udah sampe jungkir balik, merayap di dinding, goyang poco poco saking kepedesannya. Abaikan.
Selesai makan, kami langsung cabut ke arah Gianyar, mau ke Bangli, ke Desa Penglipuran. Desa adat di Bali yang masih banyak rumah rumah asli orang Bali. Kali ini udah kedua kalinya saya ke Desa Penglipuran. Walaupun udah 2 kali, saya masih semangat dateng ke desa ini. Dan saya bertekad pengen ngerasain minuman loloh cemcem yang dulu ga sempet saya rasain pas kesana. Sebelum langsung ke Desa Penglipuran, saya puterin dulu jalannya ke Ubud dulu, sekalian ngasih tau Ave. "Ini lho Ubud, Ve" Huehehe. Udah sok sokan kaya tour guide. Udah ngesok begitu, tersesatlah saya di Ubud. Gimana ini guidenya, bawa klien dari jauh kok malah dibawa tersesat. Ga mau jalan terlalu jauh lagi, saya langsung berhenti dan nanya sama mba mba yang jaga toko. Malu bertanya sesat di jalan, kalo tersesat jadi malu maluin. Akhirnya dikasih tau lah arah jalannya sama si mba baik hati. Jadi timbul lagi kepedean saya sebagai tour guide gadungan.
Perjalanan ke Desa Penglipuran
Jam 11.30 siang sampe lah kami di Desa Penglipuran. Bayar tiket 8000 per orang, padahal dulu waktu kesana gratis tis tis, gara gara lagi ada acara Hari Pangan Sedunia, gubernur Bali juga dateng waktu itu. Dan saya masuknya dari samping, bukan dari pintu depannya. Wisatawan gelap

Tour guide dan kliennya
Desa Penglipuran, siang itu sepi banget, bloggie. Mungkin bukan pas weekend, dan bukan musim liburan juga kali yah. Suasana siang itu bedaaa banget sama di Uluwatu yang rame kaya pasar kemaren. Saking sepinya, kalo dikasih bantal, saya pasti bisa tidur nyenyak di tengah jalan Desa Penglipuran. Fyi, karena nasib kami travelling cuma berdua aja. Kadang kalo mau foto berdua sama objek tertentu jadi rada susah. Mau ga mau kami foto sendiri sendiri.
Desa Penglipuran
Loloh Cemcem
Akhirnya kesampean juga ngerasain minuman loloh cemcem ini, bloggie. Sebotol harganya 5000 rupiah. Rasanya ? Rasanya seger, asem asem pedes. Plus dikasih potongan kelapa muda di dalemnya. Rasanya yang mendekati itu, rasanya jambu biji. Nah, loloh cemcem ini rasanya kaya jus jambu biji. Seger, Tambah enak lagi kalo dingin. Sumpah enak.

Siang itu bener bener sepi, bloggie. Biasanya para penduduk suka duduk duduk di bawah angkul angkul sambil nyapa pengunjung. Tapi siang itu cuma ada beberapa ibu ibu aja yang nongkrong. Bener bener keadaannya beda kaya dulu waktu saya kesini.

"Mari mampir dulu, Mbak"
Puas main main di Desa Penglipuran, dan udah puas ngerasain minuman loloh cemcem. Kami cabut menuju GWK. Bayangkan betapa jauhnya perjalanan kami nanti. Bayangkan betapa panasnya bokong kami nanti. Dan setelah melewati perjalanan yang panjang banget, sampailah kami di warung makan belakang kantor buat makan siang. Warung Jawa Betngandang, penyedia makan siang selama saya KP di kantor. Sambil makan smsan sama Farida. Trus si Farida bilang "Kamu itu liburan apa flashback sih ?" Huaaahaha, dua duanya, Far . Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Kalo kata Soekarno, Jangan sekali sekali melupakan sejarah ! Horas bah, ga ada beras makan sampah !

Makan siang sebakul
Puas ngisi amunisi di perut, kami cabut ke GWK sebelom terlalu sore. Lumayan bisa ngerileksin bokong selama di warung makan, bisa menyelamatkan bokong kami dari keteposan.

Jam 3 siang akhirnya kami sampe di pelataran GWK. Dari gapura gede sampe pintu masuk tamannya itu jauh banget bloggie. Kalo biasanya saya suka bilang "ngesot aja nyampe" kali ini ga berlaku. Mungkin bisa sih yaa ngesot, tapi ga tau juga nyampenya kapan. Mungkin sampe proyek GWK jadi 100% belom tentu nyampe ngesotannya. Ahh lebay ini -___-

Begitu selesai markir motor, saya langsung turun dengan semangat 45. Bukaaan, bukan semangat sama GWK nya, tapi semangat ngelus ngelus bokong yang kayanya udah mulai nyatu sama jok motor. Yang bikin tambah ilfeel adalah, di pertigaan kampus UNUD di Jl. Raya Uluwatu itu. MA to the CET : MACEEET ! Tau sendiri jalannya rada nanjak, mana macet pula. Tangan saya sampe pegel setengah mati mencetin rem di stang motor. Maigaat, kalo macet gitu bawaannya apa apa jadi tinggi, tekanan darah jadi tinggi, intonasi suara makin tinggi, tapi sayangnya tinggi badan ga nambah. Huah, lupakan, bloggie. Karena naik motor, saya jadi lumayan bisa nyempil nyempil lucu gitu ngikutin pengendara motor yang lain. saya sukanya nyempil dari kiri. Dan apesnya, di sebelah kiri jalan lagi ada proyek gorong gorong. Nyetir udah gemeteran aja tangannya, takut nyungsep di got yang menganga lebar di sebelah kami. Ga lucu aja kalo nyungsep. Sakit emang ga seberapa, tapi malunya ituu. Ga bisa diungkapkan dengan kata kata.

Si Ave ga kalah semangatnya turun dari motor, tapi tiba tiba dia hampir jatuh bloggie. "Aku lumpuh sesaat, Mi" Jadi begini. Motor yang kami pake selama di Bali ini, Honda Beat. Nah si Beat ini ga punya foot step yang misah kaya motor motor biasa. Foot step Beat jadi satu sama bodi motor, dan posisinya lebih tinggi dari foot step biasa. Si Ave ini kan tinggi, lebih tinggi dari authornya jadi kakinya panjang banget sampe tumpeh tumpeh. Kalo saya bencongin eh boncengin di belakang, posisi kaki si Ave ngelipet to the max banget lah. Kasian emang si Ave. Ga heran kalo akhirnya dia jadi lumpuh sesaat di parkiran GWK.

Pelataran area GWK
Begitu sampe GWK, langsung masuk Amphiteather liat ada tari tarian. Lumayan buat istirahatin badan dulu. Ntar kalo udah rada sorean, rada teduh, baru kami naik ke Plaza Wisnu buat foto sama patungnya Wisnu yang fenomenal itu. Ibaratnya, kalo ke GWK ga foto sama patung Wisnu itu kaya boker ga cebok. Nanggung. Diih dari dulu omongannya boker ga cebok mulu si Ami ini, jorok. Fyi, Wisnu itu pasangannya Laksmi lho, ciyeeee Ami punya pasangan ciyeeeee. Ga percaya ? Googling sonooo #ngacunginparang

Nonton tarian di Amphiteather ini gratis tis tis, bloggie. Semua fasilitas di dalem GWK mah gretongaaan. Udah all in sama bayar 40.000 di awal. Asli ga rugi nongkrong sesorean disini. Uluwatu ? Hah, ga butuuuh. Mau nonton tari Kecak ? Disini juga ada, free pula. Pluss ga ada monyet monyet urakan.
Selama nongkrong di Amphiteather, saya nonton ada 3 tarian. Ada tari Legong, Barong, sama satunya ga tau namanya HAHA. Selesai nonton tarian, kami semua boleh foto sama para penarinya. Gratis emang ga minta bayaran, tapi disarankan buat kasih saweran seikhlasnya selesai foto foto sama mereka.
Kelar nongkrong di Amphiteather, kami nemu ada free nail art service. Tanpa ba bi bu, langsung deh kami serbu. Pertamanya si Ave yang diservis, servis ? motor kali diservis. Saya sih ga terlalu berminat yah, awalnya pengen liat hasilnya si Ave dulu aja. Pengen sih, tapi warna kesukaan saya ga ada. Pengennya merah maroon, kan seksi.

Kelar main kuteks kuteks-an, kami lanjut jalan lagi. Sampelah di Lotus Pond. Cuma kaya tanah lapang dikelilingi tebing tebing tinggi aja sih. Bagus. Bagus dibuat pesta kawinan kali yah. Pengen tiba tiba nikah disana. Lagi ngebayangin nikah disana, mata saya tertuju sama pasangan yang lagi foto prewedding disana. Waah, cantiknyaaa. Mak, anakmu mau nikah maak !
Akhirnya sampailah di destinasi utama kami, Patung Wisnu yang gedenya segede cintaku padamu. Ehem. Yang gedenya, gede banget lah pokoknya. Tapi sayangnya, proyek ini belom jadi jadi. Dari tahun 2007an saya kesini pertama kali, patung ini masih tetep segini aja, ga gede gede. Masa kalah sama Ami, makin hari makin gede -___- Coba aja direndem minyak tanah, kali aja patungnya bisa gedean. Cuma saran sih..
Begitu sampe di Plaza Wisnu, buseeet banyak banget orang. Kami mau foto barengan sama Patung Wisnu aja sampe susah nyari momennya. Nyuri nyuri biar ga ada orang yang ikut kefoto. Si Ave sih sukses, tapi begitu foto saya, ada orang tak diundang. Maan, dia ikut noleh pula maan, udah ikutan pose dia. Kampretoz. Seakan akan dia kaya ibu saya. Tapi sumpah, sumpah itu bukan ibuku bloggie.

Sumpah, dia bukan ibuku (kaya judul FTV)
Nyoba foto buat kedua kalinya, kali ini ga ada "penyusup" tapi hasilnya ga bagus. Kesel ihhh. Tapi si Ami ga kehilangan akal. Selama ini orang selalu foto di depannya Patung Wisnu. Karena saya anti mainstream, saya pengen foto di belakangnya aja. Sepi. Ga ada saingan. Ga ada ibu jadi jadian -__-

Anti mainstream
Puas nongkrong di Plaza Wisnu, kami turun ke Food Center, buat nongkrong nongkrong cantik sambil nunggu Tari Kecak main. Saya pikir harganya bakalan selangit. Tapi ternyata sama sekali ngga, bloggie. Harganya wajar. Maan, GWK bener bener asiikkk. Langsung deh kami pesen minuman sama rujak buat nemenin nongkrong. Syahdunyaaaa....

Ga lama nongkrongnya, jam setengah 6 kami mulai masuk ke Amphiteather buat nyari tempat yang strategis buat nonton Tari Kecak. Pas banget di tengah, ketinggiannya juga pas. Ahh mantap. Ga lama mulai muncul banyak pengunjung yang nyari tempat duduk juga. Haha, boleh sombong nih, tempat kami oke punya loohh, siapa suruh telat :p
Ga terlalu lama kami nunggunya, pemain gamelan mulai masuk ke area panggung. Gamelan Bali mulai dimainin sambil nungguin penarinya pada siap. Kesan saya sama Tari Kecak di GWK ini, bagus banget. Tiap hari ada dan temanya beda beda. Puas banget nonton Kecak di sini. Ga rugi ngeluarin 40.000 rupiah. Worth bangeuuuudd !

Tari Pembukaan
Selesai nonton tarian, penonton dipersilakan foto bareng sama penarinya. Kali ini banyaaak banget penonton yang pengen foto bareng. Lebih banyak daripada tadi siang. Duo Ami Ave ga mau kalah, kami ikut ikutan minta foto bareng.

Bli bli yang meranin ini, kalo dari deket, ganteeeeng banget. Aduh jadi ga fokus ini ceritanya. Ehem.

Puas foto foto, kami keluar dari Amphiteather dan waaahhh GWK malem malem syahdunyaaa. Norak yah ? Ahh bodo, emang syahdu beneran kok. Rasanya lebih syahdu lagi kalo kesananya bareng uhuk kamu uhuk.
Keluar area GWK, kami disuguhi pemandangan kota Denpasar dari atas. Sumpah bagus bangeeet. Tapi apa yang saya ceritain disini cuma bisa diekspresikan lewat foto, sayang banget. Kalo kata Ave, keindahan yang ditangkap mata ga bisa ditangkap lensa kamera. Ga tau ini kamera kami yang bapuk apa kenyataannya begitu :3

Aslinya bagus lho, suer !
Karena ada janji sama sepupu buat ketemuan jam 9 malem, kami langsung cabut dari GWK sekitar jam 7 malem. Sebelumnya kami nyempetin buat beli nasi jinggo dulu. Kalo ke Bali ga makan nasi jinggo ibarat sayur tanpa garam kurang enak kurang gurih, karena itu Inul goyaaangg. Maigaat, fokus fokuss >.< gapapa, seengganya ga bilang "ibarat kalo boker ga cebok"
Sepanjang perjalanan pulang dari GWK ke Denpasar, pemandangannya bagussss banget. Bulan purnama, kelap kelip kota Denpasar dari atas. Bener bener syahdu. Ngebayar semua kekecewaan kami di Uluwatu kemaren :'3
Dan malem itu pula lah pertama kalinya saya ngerasain underpass Simpang Siur yang udah jadi. Kalo setahun yang lalu lewat sini masih berantakan penuh debu di jalan, sekarang amboyy..

Begitu nyampe deket kosan, saya mampir buat beli Nasi Jinggo 3000an yang selalu jadi andalan kalo laper dan ga punya uangg dikala dulu ngekos.
"Mau berapa Ve ? 2 apa 1 ?"
"Satu aja, Mi."
Ok deeh, sesuai pesanan, 1 aja.
Begitu sampe kosan, kami langsung makan, dan si Ave langsung teriak teriak heboh sambil kayang "Miiiiiiikk, enaaaaakkk miiiikkkkk...!!!" Dan akhirnya dia nyesel cuma beli 1 bungkus aja. Puk puk...

Rencananya nanti saya mau beliin lagi sekalian keluar ketemuan sama sepupu yang kebetulan lagi KP di Denpasar juga. Dan apesnya, begitu kami kesana, nasi jinggonya udah abis. Sabar ya, Nak. Kesempatan itu tak datang dua kali. Besok pagi kita beli lagi ya, Nak...

to be continued......

1. Say nanya donk. Kalau dari kuta ke desa panglipuran kira2 waktu tempuh brapa lama ya? Soalnya kita tgl 7 Des mau jln ke bali (tanpa guide) hehhe