29/08/2013

August Runaway #1 (Solo - Banyuwangi)

Liburan kali ini berawal dari iseng iseng aja pas lagi chatting sama Ave. Isengnya anak pengangguran emang begini, harap maklum aja.

Ave : Pengen ke Bali
Ami : Ke Bali yoook !
Ave : Kapan ?
Ami : 19 Agustus berangkat !
Ave : Sip (y)

Akhirnya duo papskipapap ini membulatkan tekadnya sebulat bola matamu untuk liburan ke Bali, 3 hari 2 malem. Singkat, padat, semok, dan menyenangkan. Karena sebelumnya si Ami udah pernah hidup di Bali, jadinya dia bisa dijadiin tour guide dadakan.
"Anda mau kemana saja, Non Ave ? Biar nanti saya buatkan itinerary nya"

Sebelum berangkat, saya browsing nyari penginepan murah, nyari persewaan motor murah. Dan ternyata liat update harga per April 2013, penginepan yang tadinya 60 ribu semalem jadi 100 ribu semalem. Kalang kabutlah si tour guide gadungan ini, kenapa harganya naik semua. Setahun yang lalu ga segitu harganya padahal. Ohh Bali, setahun tanpa diriku sungguh banyak yang berubah darimu. Ga habis akal, saya dapet ide yang brilian (biasa aja sebenernya). Saya putusin buat tidur di kosan lama aja selama disana, kosannya kan bisa disewa harian. Semoga harganya bersahabat, kalo setahun yang lalu sih harganya masih 75 ribu semalem. Langsung aja saya kontak kontak lucu sama ibu kostnya, dan ternyata ibu kost masih inget sama saya :") Ya ampuuun jadi terharu. Akhirnya dikasih harga 100 ribu permalem buat tidur di kosannya. Tanpa ragu ragu langsung saya pesen buat 2 hari. Mengingat fasilitasnya emang tiada dua dengan harga yang ditawarkan miring banget, semiring poninya Andika ex Kangen Band. Selain itu anaknya ibu kost, gantengnya juara deh #abaikan. Penginepan udah dapet, tinggal nyari sewaan motor di daerah Ubung. Udah ada yang dituju sih sebenernya, namanya Mas Rony di Rumah Makan Padang Sambal Lado, Ubung (sebelahnya Alfamart Ubung), dulu pernah nyewa motor disana. Yakin seyakin yakinnya kalo mas Rony masih buka jasa sewa motor, kalo masalah harga masih belom tau pastinya. Mau ngontak mas Rony, nomer handphone nya udah ilang. Yaah semoga naiknya ga banyak. Dirasa udah lengkap persiapannya, duo papskipapap ini siap mengadu nasib di Pulau Bali selama 3 hari.

Packing ciyeee packing

19 Agustus 2013

Stasiun Jebres
Jam setengah 9 pagi kami udah sampe di Stasiun Jebres buat nunggu kereta Sri Tanjung yang bakal kami naikin 12 jam kedepan. KA Ekonomi sekarang pake AC lho bloggie, jadi ekspektasi saya waktu itu semoga bisa lebih nyaman, yah walaupun tanpa AC pun sebenernya udah cukup nyaman.

Jam 8.45 kereta sampe dan para penumpang pun langsung pada belingsatan naik ke gerbong. Kalo kami mah cukup stay cool aja, padahal dalam hati juga pengen buru buru masuk ke gerbong -___- Awalnya sempet salah gerbong, gara gara saya salah liat nomer gerbong di tiket. Saya pikir gerbong 3, ehhh ternyata harusnya saya di gerbong 5. Mataku, ada apa denganmu ? Mengapa kau tak bisa membedakan angka 3 dan angka 5 ? Dengan berdusel duselan dengan kardus kardus penumpang, kami jalan dari gerbong 3 ke gerbong 5 paling belakang. Begitu nemu tempat duduknya, langsung deh naruh pantat dengan elegan. Sama kaya sebelumnya, kalo naik KA Sri Tanjung, saya selalu berdoa semoga ada cowo tampans satu gerbong ato satu cubicle tempat duduk sama saya. Kan lumayan buat cuci mata selama 12 jam. Tapi sayangnya, lagi lagi saya duduk barengan sama anak kecil. Ohh anak kecil, mengapa populasimu begitu banyak hingga mengalahkan cowo tampans, why ohh why -___-
Ga lama ada mas mas dengan muka bingungnya nanya "Mhas, mhas, inhi gerbhang 5 bhukan ? Gerbhang 5 ?" (ini medok ceritanyaa). Saya sama Ave cuma toleh tolehan sambil bilang "Gerbang ? Gerbong kaliiii, mas" Yap, inilah awal mula kami ngetawain orang orang di dalem gerbong 5. Gitu aja kok diketawain sih ? Emang, selera humor kami rendah.

Sepanjang perjalanan masih banyak pedagang asongan yang lalu lalang. Saya pikir kalo udah pake AC, pedagang ini ga bisa masuk lagi, eh ternyata masih bisa. Emang sih jumlahnya ga terlalu banyak dibandingkan dulu ga pake AC. Gapapalah, malah seneng masih ada yang jualan, seengganya dagangan mereka bisa jadi pemadam kelaparan kalo kita kita lagi kelaperan di jalan. Secara, harga nasi bungkus yang dijual mereka murah meriah, cuma 3000-4000 rupiah, dan itu ngenyangin. Masih sama kaya yang dulu, pedagang asongan jualannya beraneka ragam, mulai dari yang wajar kaya aqua mijon sampe jualan peralatan dapur 10 ribuan. Akhirnya, jam 2 siang, kereta berhenti di Stasiun Gubeng, Surabaya, dan lapar pun mulai melanda kami berdua. Kami baru sadar kalo di stasiun Gubeng kan ga boleh ada pedagang asongan masuk. Pupuslah harapan kami buat makan siang. Mirisnya, selama kereta berhenti di Gubeng, penumpang lain mulai buka bekal makanan mereka dan makan siang. Ada yang bawa ayam goreng, tumis kacang panjang, nasi goreng, tahu sumedang pokoknya enak enak lah. Sedikit nyesel kenapa daritadi waktu pedagang nasi bungkus seliweran, kami ga beli buat makan siang. Maigaat, kalo begini kan jadinya cuma bisa ngeliatin penumpang lain makan sambil nelen ludah. Gleek.

"Ve, enak Ve" sambil nunjuk mas mas di depan kami yang makan ayam goreng
"Itu juga enak, Mi" nunjuk ibu ibu makan nasi pake tumis kacang panjang
"Gilaaa, liat itu mbaknya, makannya luaamaaaaa buanget"
"Mau masukkin ke mulut aja, ditata dulu di sendok"
"Kalo kita mah langsung aja, keburu laper"
*glek* (nelen ludah)
"Ntar kalo udah selesai, kita tanyain yuk...mbak, nasinya enak mbak ?"
"Kita belom makan mbak..."
"Liatin mbak makan aja, udah seneng kok"
Ga lama kami liat di luar jendela ada warung makan yang tulisan menunya gede banget, sampe keliatan dari dalem gerbong kereta .
NASI RAMES
NASI AYAM GORENG
NASI AYAM PENYET
MIE AYAM PANGSIT
MIE REBUS
ES TEH
ES JERUK
"Enaknyaaa..."
"Ve, kalo dengan nunjuk aja makanannya bisa keluar, mau pesen apa ?"
"Mie ayam pangsit, nyam nyamm.."
"Ga nasi, Ve ?"
"Eh iya ya, nasi ayam goreng ya enak itu"
"Sama lah.."
"Mbak, mbak pesen. Nasi ayam gorengnya 2, es teh 1, es jeruk 1" *berkhayal*

Yah begitulah kelakuan kami kalo kelaperan, sampe lemes berkhayal tentang makanan. Mau beli nasi yang dijual di restorasi kok harganya mahal, 15 ribu men. Kalo beli nasi bungkus asongan bisa buat 4-5 kali makan. Lumayan itu duitnya. Kalo ga kepaksa, kami tetep bertekad buat ga beli nasi goreng yang dijual di restorasi.  Dan kami pun bertahan sampe nunggu ada pedagang asongan lewat, walaupun ternyata itu hampir sia sia. Berdasarkan pengalaman kami berdua, kelaperan itu bisa menurunkan sense of humor, selera humor kami jadi rendaaaaah banget, apa apa diketawain. Bahkan, hal yang wajar pun bisa jadi lelucon buat kami. Ini kelaperan akut sodara sodara, pliss jangan ditiru. Ga lama, ada suara, "Nasi rames, nasi rames, nasi ramesss...."
"AVEEE !! NASI VEEEE !!"
Bagaikan menemukan setitik kehidupan yang telah lama hilang, kami langsung melambaikan tangan ke kamera "PAAAAK !! NASEEEE !!!" Sebungkusnya 4000 rupiah, kaaaan murah kaaaaannnn. Kalo katanya Ave, bapak tukang nasi ini adalah malaikat. Kenapa ? Karena bapak ini datengnya tiba tiba dan perginya tiba tiba, padahal kereta kami ga berhenti lumayan lama. Masa bapak itu loncat waktu keretanya jalan. Ngeri, kaya di film film action.
"Bapak itu malaikat, Mi"
"Bener, waktu aku lagi ngambil duit buat bayar, trus noleh ke si bapak, bapak itu dah ga ada lagi"
"Udah aku bayar kaliiiii, makanya pergi -____-"
Bapak itu beneran malaikat, soalnya bapak itu penjual terakhir selama perjalanan kami ke Banyuwangi, bahkan sampe Banyuwangi pun udah ga ada yang jualan. Bayangin cobaaa kalo bapak itu ga ada, bisa bisa kami terpaksa beli nasi restorasi 15 ribu kalo ga mau mati kelaperan. Rugi kaaak. Dasar kere :3

Inget kalo KA Sri Tanjung ini pake AC ? Tadinya waktu berangkat kan si Ami ini sombong, sok sokan ga pake jaket "Alaaah, ga dingin ahh, palingan masih aja panas kaya dulu" Dan ternyata dinginnya dah kaya di Alaska, dingin pake banget. Mana pake baju tipis kaya saringan tahu, celananya bolong gede pula. Gigi sampe gemerutuk saking dinginnya. Liatin penumpang lain udah pada pake jaket, pake kaos kaki, pake syal, ada yang sampe bikin Igloo saking dinginnya (lebaaaayyy). Mau nyoba tidur tetep ga bisa, pengen keluar ke bordes tapi males jalan, rasanya kaki ini udah beku. Akhirnya setelah sekitar 3 jam saya berjibaku dengan rasa dingin, jam 9 malem, sampailah kami di stasiun Banyuwangi Baru, stasiun paling ujung di pulau jawa sebelum keretanya nyemplung selat Bali -___-

Stasiun Banyuwangi Baru
Duo papskipapap pun nginjek tanah setelah 12 jam ngawang di atas rel. Tiba tiba kerasa dejavu, jadi keinget setahun yang lalu, ga ada yang berubah dari stasiun Banyuwangi Baru. Kami langsung keluar stasiun mau cari penginepan buat tidur malem ini. Ada beberapa pertimbangan yang akhirnya bikin kami memutuskan buat tidur dulu semalem di Banyuwangi. Padahal kalo mau langsung nyebrang malem itu bisa banget, rombongannya juga banyak. Tapi yasudahlah, malam itu kami tidur berselimutkan langit Banyuwangi. Malem itu kami tidur di penginapan "Ketapang Asri" semalem ada yang 85 ribu sama 60 ribu. Bedanya, kalo yang 85 ribu ini kamar mandinya di dalem dan pake AC. Tadinya mau ambil yang 60 ribu aja buat menghemat biaya, tapi kalo kamar mandinya di luar, males banget lah. Gapapalah kalo harus berkorban dikit 25 ribu. Selesai bayar, kami dianter sama mamas resepsionis ke kamar. Di luar ekspektasi, kamarnya jorok banget bloggie. Kebersihannya dari skala 1-10, saya kasih nilai 2. Iya 2, saking joroknya. Kalo bukan satu satunya penginepan yang strategis di Ketapang, saya ga akan milih ini penginepan. Terus saya inspeksi ke kamar mandinya, daaann...
"AVEEEEE !! ADA TOKAINYAAAAA !!"
Maigaaaat, ada tokai masih berenang renang dengan syahdunya di lobang WC bloggie. Kami langsung kalang kabut. Komplain ke mamas resepsionis, dan akhirnya dia yang nyiram tokai itu sambil nunduk nunduk minta maaf. Yaudahlah, apa mau dikata, namanya aja penginepan transit, keadaannya pasti kaya gini. Penginapan ini laris banget dan ga pernah sepi, ga heran soalnya cuma ini satu satunya penginepan yang strategis, deket ke stasiun sama pelabuhan Ketapang . Yah, itu mungkin yang bikin pengelolanya males ngurusin. Pasti mikirnya, jorok aja masih banyak yang mau kok, buat apa dibersihin ? -____-

Tanpa nginget nginget kejadian tokai tadi, kami langsung keluar cari makan. Si Ave pengen makan ayam goreng. Akhirnya kami beli nasi lalapan ayam goreng di sekitaran sana. 15.000 udah pake es teh. Lumayan lah, ga mahal ga murah. Tapi, tetep aja sayang keluar duit segitu hahahaaha, dasar kere. Pulang makan malem, kami mampir Indoapril yang sebelahan sama penginepan. Kami beli air mineral 3 botol gede, buat sikat gigi, cuci muka, dan cuci yang lain (hahaha). Mau pake air di penginepan maleeesss, banyak jentik jentik nyamuknya, udah kaya ga dikuras dari jaman jebot. Selesai belanja air, kami balik ke penginepan dan bersih bersih badan dan tidur. Posisi tidur udah kaku kaya mumi. Males gerak gerak, kasurnya jorok banget, bau apek spreinya. Bahkan spray anti nyamuk yang saya bawa dari rumah aja, dijadiin spray pengharum dadakan. Bodo amat lah mau keracunan, asal wangiiii~

to be continued.....

No comments:

Post a Comment