22/09/2014

Second Itinerary Trip Overland Flores

Ga ada bosen bosennya utik utik itinerary buat trip akhir tahun nanti. Makin ga sabar nungguin akhir tahun buat nginjekkin kaki di tanah Flores yang udah lama saya idam idamin. H-89 fellas !! Ini 89 hari paling lama dalam hidup saya mihihiiii....Okeh, untuk detail itin kali ini, saya yang awalnya start dari Labuan Bajo dan berakhir di Kupang, sekarang malah kebalikannya yaitu start dari Kupang dan berakhir di Labuan Bajo. Pertimbangannya adalah, dari segi harga tiket, lumayan miring kalo saya start dari Kupang. Dan kalau saya start dari Kupang, waktunya lebih banyak dan jadi ga terburu buru, bahkan saya masih punya 1 hari buat spare waktu kalo ada halangan yang ga diduga, insya Allah sih ga ada dan ga menyusahkan. Selain itu, kalo saya start dari Kupang, saya bakal bisa explore pulau Timor bahkan sampe perbatasan sama Timor Leste. Mantap abis kan, ngehehehe. Yuk mari dilihat itin terbaru saya kali ini..

Day 1 : Flight DPS-KOE jam 13.50. Begitu sampe di Kupang, nginep semalem. Keliling kota Kupang, kota yang sempet ga saya ketahui dimana letaknya, mehehe.

Day 2 : Cabut ke kampung temen di Kabupaten Belu, pengen ngerasain tinggal di kampung yang katanya masih primitif. Satu hal yang pengen saya lakuin disana, saya pengen bagi bagi coklat ke anak anak di kampung sana. Soalnya pernah baca di suatu blog, anak anak disana bakal seneng banget nerima permen dari kita, padahal permen bagi kita ga lebih dari sekedar pengganti uang kembalian di minimarket.

Day 3 : Stay di kampung sehari, pengen explore kampung. Pengen jalan jalan ke pasarnya, pengen nyobain pantainya, yang katanya masih perawan ting ting. Pengen ngeliat oma oma di kampung yang lagi bikin tenun ikat khas Timor. Kalo bisa, sekalian beli tenun ikat yang lucu buat dijadiin rok, hihi.

Day 4 : Cabut ke Atambua, pergi ke perbatasan Timor Leste. Seandainya masih ada waktu agak banyak, saya pengen mampir sekalian ke Timor Leste, untuk visa kayanya pake VOA, jadi gampang sih kalo mau kesana. Pengen liat rumahnya KD sama Raul Lemos wkwkwk.

Day 5 : Menuju Kupang dari Atambua selama 6 jam perjalanan. Besoknya, saya mau terbang ke Maumere. Cukuplah 5 hari jalan jalan di pulau yang kalo saya liat di peta deket banget sama Australia, amrazing Timor.

Day 6 : Flight ke Maumere jam 06.10. Sampe di Maumere kurang lebih jam 7 pagi. Lumayan ada waktu dikit buat explore kota Maumere, sebelum siangnya sekitar jam 2 cabut ke Moni, buat nanjak ke Kelimutu buat liat sunrise besok paginya.

Day 7 : Liat sunrise di Kelimutu, dengan pemandangan 3 kawahnya yang bisa ganti ganti warna. Ga sabar banget kesini. Kelimutu, tetep jadi primadona trip saya kali ini. Sekitar jam 9 pagi saya sudah harus sampe di Moni lagi buat ngejar bis ke Ende, dan selanjutnya untuk lanjut ke Bajawa. Jujur, disini bakal jadi hari yang capek banget pasti. Ngejar angkutan umum dan loncat dari satu kota ke kota lain. Nonstop. Kalo mau pake travel sih katanya bisa, tapi harganya itu lho. Ga bersahabat di kantong pejalan kere macem saya. Hiks

Day 8 : Sampe di Bajawa, paginya jalan jalan ke Kampung Bena. Kampung yang tradisional banget. Kaya naik mesin waktu ke jaman megalitikum. Kampung Bena ada di kaki gunung Inerie, yang katanya gunung ini tipe strato murni, artinya bener bener segitiga kaya piramida. Bagus banget kalo kita bisa dapet titik yang pas buat foto gunung Inerie ini. Siangnya sepulang dari Kampung Bena, lanngsung cabut ke Ruteng. Buat ngerasain nyantai nyantai dulu di kota yang landscape nya kaya di perkotaan kecil di Spanyol. Setelah hari hari sebelumnya saya marathon dari satu kota ke kota lain.

Day 9 : Perjalanan Ruteng - Labuan Bajo. Finally, Labuan Bajo jugaaaaa !! Langsung cari kapal murah buat LOB ke Komodo, pengen ngerasain LOB, kalo ga sempet sih one day trip aja ke Pulau Rinca. Tergantung sikon dan dana. Kalo murah saya ambil paket LOB nya, kalo mahal saya one day trip aja naik kapal nelayan yang katanya cuma 20.000 PP

Day 10 : Disini menyesuaikan, kalo misalnya memungkinkan saya ikut LOB, kalo ga memungkinkan saya cuma ikut one day trip. Semoga dapet. Aamiin

Day 11 : Tahun baruan di Labuan Bajo

Day 12 : Flight LBJ-DPS jam 08.30 pagi.

Rencana total biaya perjalanan masih sama kaya sebelumnya, tapi seengganya saya ga "buang" uang di tiket pesawat. Sisa uang, bisa saya gunain buat ikutan LOB ke Pulau Komodo, dibanding itinerary sebelumnya, saya cuma bisa ikut pake kapal nelayan aja karena terkendala biaya dan waktu. Itupun hanya sampe Pulau Rinca. Untuk di itin kali ini saya siapin spare waktu sehari buat jaga jaga kalo ada halangan. Hasil dari ngobrol sama sesama blogger, katanya transportasi di Flores ga kaya di Jawa yang available setiap saat. Buat yang udah ngebook tiket pesawat, ada baiknya buat nyediain spare waktu, daripada mepet mepet dan ketika ada halangan di jalan malah jadi ketinggalan pesawat. Sebagai contoh yang udah diceritain blogger itu adalah waktu dia mau ngejar pesawat di Maumere, ternyata perjalanan yang seharusnya bisa ditempuh 2 jam bisa molor sampe 6 jam karena ada tanah longsor.

Sekian itinerary kedua saya, dan insya Allah ini udah itin yang paling pas. Dan perjuangan saya selanjutnya adalah ngumpulin duit pluuuss ngajuin cuti ke big boss. Wish me luck, bloggie ! Kyaaaaa~~

No comments:

Post a Comment