11/09/2014

Itinerary Trip Overland Flores 2014

Bisa nyungsep kerja di Bali jadi salah satu anugerah buat saya. Soalnya menjelajah timur Indonesia udah jadi impian saya dari dulu. Transportasi ke Pulau Flores pun rasanya lebih gampang diakses dari Bali. Mengingat dari Bali ada direct flight ke Labuan Bajo, yang tarifnya bisa mencapai 1,5 juta sekali jalan. Dan buat saya angka segitu banyak banget, muhehehehe. Bisa buat biaya hidup selama sebulan. Tapi untunglah, berhubung saya posisinya sekarang di Bali, transportasi banyak tersedia mulai dari udara, darat, maupun laut. Bahagia kaan ? :D bayangkan aja kalo saya masih bersarang di Solo, tentunya ga bakal semudah ini nemuin transportasi ke Flores. Yah, walaupun saya udah di Bali pun masih nemuin sedikit kesulitan. Jujurnya sih, kepentok masalah finansial, kalo duitnya segepok mah saya mudah aja mau naik pesawat. Tapih, duit juga pas pasan, nekat pula mau trip Overland Flores. Milih transportasi harus secerdik mungkin. Mulai dari rencana pengen lewat jalur laut, pengen naik kapal pelni KM Tilongkabila yang ongkosnya bersahabat banget sama kantong. Tapi sayang ni kapal cuma berlayar 2 minggu sekali di hari Sabtu. Takutnya ga pas sama jadwal keberangkatan saya. Kalo naik bis sama naik kapal ga kekejar, terpaksanya naik pesawat. Soalnya baca di internet, naik bis pun ga segampang membalikkan telapak tangan nyari kursi yang kosong. Bahkan ada yang bilang sampe terlunta lunta di terminal 3 hari gegara ga kebagian kursi kosong. Pokoknya, nabung harus giat abis ini, gapapa yang penting berhemat demi liburan maksimal.

Berikut ini saya udah nyusun itinerary yang dirasa paling cukup mendekati realitanya. Hahahaa, bayangin saya udah bongkar pasang itin sampe 5x loh, sampe akhirnya bisa nemuin yang bener bener pas. Rencananya saya bakal bertolak dari Denpasar dan pulang lagi ke Denpasar lewat Kupang, di Kupang nanti masih nyempetin mampir ke kampung pedalaman di Belu, buat ngerayain taun baruan. Itin kali ini diasumsikan kalo saya berangkat lewat jalur darat (naik bis) dari Denpasar-Labuan Bajo. Here we go !

Day 1 : Berangkat dari Denpasar ke Labuan Bajo naik bis langsungan (asumsinya sih Bis Langsung Indah) selama 36 jam perjalanan. Tepos tepos dah tu pantat, asal murah mah hayooo ajah

Day 2 : Sampe di Labuan Bajo, cari penginepan di dekat pelabuhan. SKSD sama nelayan disana, kali aja nemu ojek kapal ke Pulau Rinca yang murah meriah, nemu di internet sih 20.000 sekali jalan. Jujur, selain keterbatasan waktu, saya ga punya cukup uang buat ikutan LOB (Live On Board) 2 hari 1 malem. Kenapa Pulau Rinca bukan Pulau Komodo ? Soalnya Pulau Komodo itu buth waktu 4-6 jam naik kapal kalo dari Labuan Bajo, jadi rasanya ga mungkin ada one day trip kesana. Kalo pengen liat si komo aja sih rasanya cukuplah ke Pulau Rinca. Lagian banyak baca review kalo komodo lebih banyak ditemuin di Pulau Rinca. Sukur sukur deh bisa liat, soalnya ga jarang banyak pengunjung yang ga berhasil ketemu sama naga purba ini. Blah..

Day 3 : One day trip ke Pulau Rinca buat ngejenguk si Komo yang suka bikin macet Jekardah. Disini saya sedikit agak meraba, apakah naik ojek nelayan bisa sehari perjalanan aja atau saya harus nunggu si nelayan balik keesokan harinya, which is bakal butuh 2 hari 1 malem. Kalo sampe 2 hari gitu, terpaksa saya skip buat ketemuan sama si Komo. Saya punya waktu sehari aja.

Day 4 : Cabut ke Ruteng buat menikmati udara sejuk kota ini. Katanya sih kota ini asik banget, banyak bangunan bernuansa Eropa. Jadi lumayan worth to see lah yaaa...
Source
Day 5 : Cabut ke Bajawa. Di Bajawa ini saya pengen nyamperin Kampung Bena yang ada di kaki gunung Inerie. Ini kampung adat yang masih aseli 100%. Ini juga jadi salah satu primadona wisata saya dalam trip kali ini.
Day 6 : Ke Ende, trus lanjut ke Moni. Mau liat sunrise di Kelimutu yang fenomenal abis. Pengen liat danau tiga warna yang stunning abis pokoknya. Sepulang dari liat sunrise, langsung cabut ke Maumere naik bis siang. Sampe di Maumere ga ada yang banyak dilakuin sih, soalnya dari sini saya mau terbang ke kota Kupang.

Day 7 : Terbang ke Kupang. Di Kupang ga ada yang banyak dilakuin juga sih. Tapi yang penting kaki saya udah menginjak tanah Timor mihihihihi. Masih nyari di internet objek wisata di Kupang yang worth to see apaan.

Day 8 : Cabut ke kampungnya temen di kabupaten Belu. Pagi berangkat, sore nyampe.

Day 9 & Day 10 : Stay di kampung, buat ngerayain taun baruan di kampung. Pengen ngerasain taun baruan di kampung pedalaman. Katanya sih taun baru disana lebih happening banget. Soalnya mayoritas masyarakat disana beragama nasrani. Jadinya taun baru dan natal bakal jadi perayaan yang besar besaran. 2 hari di kampung bakal saya gunain buat eksplore abis abisan. Pengen sesekali ngerasain acara Primitive Runaway

Day 11 : Cabut ke kota Kupang buat ngejar flight ke Denpasar. Perjalanan dari kampung ke Kupang kurang lebih 8 jam.

Day 12 : Flight to Denpasar. Bye Floreess !!

Kurang lebih itu itinerary yang udah saya susun, dan itu yang rasanya paling pas dan yahud. Ada sedikit kekecewaan sih soalnya ga nyempetin mampir di Riung 17 Islands yang katanya stunning abis. Ego harus dismapingin dulu deh, kalo nyempilin si Riung ini di itin, ga bakal cukup waktunya. Gapapa deh yang penting bisa nginjekkin kaki di tanah Flores aja udah Alhamdulillah bangeets. Untuk total pengeluaran, setelah dihitung hitung kurang lebih 3,5 juta, udah all in termasuk tiket pesawat Maumere-Kupang, Kupang Denpasar, dan tiket bis Denpasar-Labuan Bajo. Kalo ke Labuan Bajo nya naik pesawat kurang lebih budget membengkak 900 ribu lagi, jadi kurang lebih 4,5 juta. Saya asumsiin kalo budget buat makan sehari itu antara 25-30 ribu aja, ga boleh lebih, sukur sukur kalo bisa ditekan lagi biayanya, kalo perlu bawa ikan asin dari kosan, ato bawa kering tempe. Jadinya sampe sana cuma beli nasi putih aja hahaha. Beli nasi padang haram jadah hukumnya, bisa dipastiin harganya mahal banget, yah walaupun porsi dan rasanya enak banget kalo pas kelaperan. Disini aja nasi ayam goreng harganya 15 ribu. Apalagi disana, mahal jenderal ! Untuk penginepan sendiri sih, budget saya ga boleh lebih dari 100 ribu. 75 ribu semalem udah paling mentok ituh. Mengingat hotel cuma dijadiin tempat naruh barang sama tidur aja. Persetan lah sama fasilitasnya yang bla bla bla. Yang penting ada kasurnya aja udah alhamdulillah. Tinggal minum obat tidur dijamin tidurnya bakal nyenyak. Untuk transportasi antar kota, saya usahain buat naik transportasi umum aja, kaya yang dikenal namanya otokol. Semacam truk yang bagian baknya dikasih bangku kayu buat penumpang. Kalo ga kepepet, ga usah pake travel ato nyewa mobil. Ini ga menyiksa diri kok bloggie, ini cuma siasat aja. Dengan duit yang minim bisa jalan lintas pulau Flores.

Ini masih itinerary sementara tapi kemungkinan ini yang bakal jadi panduan. Semoga semuanya lancar. Mulai dari cuti dari si boss semoga diacc plus dari segi finansial semoga mencukupi. Aamiin aamiin. Perjalanan ini bakal dilakuin akhir taun Desember 2014. Masih ada waktu buat ngumpulin fulus, semoga kekumpul sampe hari keberangkatan. Wuhuuuuu !

Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi
maka berjalanlah ke segela penjurunya
(Al Mulk : 15)

1. di Timor kamu bisa ke pantai Kolbano di Soe, kalau 3hari di Belu bisa sekalian ke pulau Alor itu :))

2. Salam kenal mba Tristy :)

wah boleh deh jadi objek tambahan hihi, kalo aku sih pengennya ke perbatasan timor leste. pengen liat wkwkwk, jauh ga yaaa kira2 ? atambua ya kalo ga salah ? :D