10/09/2014

Dengkul Ketemu Jidat Di Batur (1717 Mdpl)

Belum puas dengan perjalanan kemarin ke Kawah Ijen, kami berlima kembali melakukan trip yang ga kalah seru dan ga kalah mendaki. Kemana itu ? Ke Gunung Batur, yeaaaahh~~~. Awalnya saya sempet underestimate kalo ini gunung ga bakal berat perjuangannya, mengingat ketinggiannya cuma 1717 mdpl, beda sama Ijen yang hampir 2800 mdpl. Jadi waktu itu kesimpulan saya, pendakian kali ini bakal lebih ringan dibanding waktu kami ke Ijen.

Perjalanan dimulai Sabtu, 6 Agustus 2014. Jam 10 malem kami cabut dari Denpasar menuju Kintamani. Sebelum perjalanan, kami mampir di toko roti Breadlife buat beli perbekalan biar ga kelaperan. Sebenernya waktu itu saya juga tergiur buat ngeborong roti roti nan yummy disana, tapi apa daya sekarang saya lagi program diet. Alhasil, biskuit havermout jadi andalan saya kalo pengen ngemil. Fyi, sebenernya di Indoapril lagi ada promo beli satu gratis satu, makanya saya lagi tergila gila sama ni biskuit. Ahak ahak ahak. Ok, lupakan masalah cemilan, kembali ke topik. Perjalanan malem itu sepi banget, cuma ada beberapa ekor anjing aja yang lagi tidur tiduran di pinggir jalan. Kurang lebih 2-2,5 jam, kami akhirnya sampai di pos pendakian Gunung Batur. Jam menunjukkan pukul 12 malem. Ahh, masih ada waktu kurang lebih 2 jam lagi sebelum kami mulai pendakian. Waktu pertama kali keluar dari mobil, hawa dingin langsung menyergap. Tapi untungnya ga terlalu dingin dibanding waktu di Ijen. Sisa waktu, kami pake buat bongkar muat barang bawaan, ke kamar mandi beberapa kali, sedikit pemanasan, dan...... tidur di dalem mobil.
Tim Summit SDS
Akhirnya waktu yang ditunggu tiba juga, jam 2 kurang seperempat pagi, kami mulai pendakian, biayanya per orang 10 ribu sahaja bloggie. Jalurnya kali ini sedikit berbeda dengan Ijen, emmm bukan sedikit, tapi emang berbeda. Dari awal aja udah beda. Jalanan dipenuhi pasir, pasir, dan pasir. Berdebu maksimal pokoknya, apalagi ditambah sama truk penambang pasir yang lalu lalang, bikin debu debu makin naik. Ahh, tau gitu bawa masker, pikir saya. Fyi, waktu di loket pendakian, penjaganya bilang kalo perjalanan kami 5 km untuk sampe puncak. Hmm... 2 km lebih jauh daripada di Ijen. Padahal kan gunungnya cebol. Padahal kan...padahal kan seharusnya dia lebih singkat. Jadi inget kata si Farida "Tiap gunung kan beda beda, Mik" . Perjalanan kami akhirnya sampe lah di sebuah persimpangan. Dan kami liat di pohon ada tanda yang mengharuskan kami buat belok kanan. Maka, kami ikutilah tanda yang mengarah ke kanan itu. Malem itu suasananya aduhai banget bloggie, bulannya teraaang banget. Lumayan ngasih penerangan di perjalanan kami. Ditambah ga ada pepohonan tinggi, yang ada cuma tanaman pendek khas tanaman dataran tinggi, ngebuat pandangan luas ga terhalang apapun. Malem itu, bagus banget !! Apalagi bintangnya buanyak nyak nyaaaaak. Mungkin kalo yang punya jiwa fotografi, bakal ngambil foto milky way dari sini deh. Sayangnya, saya ga punya jiwa fotografi, sama sekali, blassss. Payah.

Rupanya, inilah awal kesesatan kami. Jalan yang kami lalui mendadak habis dan cuma ada tanaman setinggi badan plus batuan gede bekas muntahan lahar Gunung Batur. Feeling udah ga enak, hawa hawanya kami salah ambil jalan waktu di persimpangan tadi. Kalo mau balik ke sana lagi udah kepalang tanggung. Dan satu satunya cara adalah kami tetep babat habis jalannya, lanjut terus, buka jalan baru. Celotehan kami sepanjang jalan kurang lebih kaya gini.

"Selama gunungnya ga pindah mah gapapa, pokoknya kita mengarah ke sana aja"
"Mungkin ini ga ada jalur resmi kali ya, bisa lewat mana aja. Yang penting puncak"
"Ohh.. ini mah shortcut, tinggal seepp seepp seepp.. kita udah nyampe jalur yang bener"

Naik turun batu gede nan labil akhirnya harus kami jalani. Perasaan takut kepleset dan masuk jurang selalu ada di pikiran saya saat itu. Fyi bloggie, batuan yang kami injak rata rata rapuh semua dan labil kaya anak muda. Takutnya kan kalo salah pijak aja bisa nggelinding. Untung waktu itu kami bawa penerangan yang lumayan banget ngebantu nyari jalan. Kalo ga bawa penerangan kaya jaman di Ijen mah, kami semua bisa modar, mati, wassalam, dan sebagainya (lebay ini sumpah, abaikan aja bloggie). Jujur ini pengalaman pertama saya berjibaku sama medan kaya gini. Ini pertama kalinya muehehehe, jadi perasaan saya antara tegang dan senang. Tegang tegang senang gitu deh. Dan kalo saya bisa ngelewatin jalan ini, saya bakal bangga abis. Bakal saya pamerin ke Mumichtu. Miahahahhaa, norak ya. Kurang lebih 2 jam kami tersesat dan meraba raba jalan menuju puncak. Hingga akhirnya kami sampelah di pos pendakian. Disitu udah banyak pendaki yang berkumpul buat mulai mendaki dalam arti harafiah, bener bener mendaki. Sudut kemiringannya tajem, kadang sampe butuh bantuan tangan buat manjat batu batu gede. Di pos ini ada pura, dan para pendaki yang orang Bali pada sembahyang dulu disana. Setelah capek ngebuka jalan baru, kami istirahat sejenak di tanah lapang yang datar ini. Setengah dari tenaga kami terkuras habis waktu ngebuka jalan baru itu. Begitu berhenti gerak, hawa dingin mulai menusuk. Beda pas perjalanan tadi dimana keringet ngucur deres banget. Keringet ditiup angin bikin dinginnya pecah abis. Saya yang tadinya ga pake jaket, langsung mendadak ngeluarin jaket dari dalem tas.

Dirasa udah cukup istirahatnya, kami mulai mendaki yang sebener benernya mendaki. Treknya jauh lebih berat dibanding waktu kami tersesat tadi. Ibarat dengkul udah ketemu jidat. Ahh, tapi kalo saya bilang "dengkul ketemu jidat" sama si Farida, dia bakal bilang "Itu mah karena kamu pendek aja, aku sih ngga" Sial. Lanjut lagi, jalanannya berpasir banget, batuannya labil pula. Hati hati aja yang pake sepatu tapi solnya ga ngegigit, bisa meluncur ke bawah dengan indahnya. Kekuatan engkel berpengaruh disini, gimana caranya ngerem kaki biar ga tergelincir. Pokoknya tegang abis deh. Karena treknya yang jauh lebih berat dan lebih menanjak, sesekali kami berhenti di persimpangan buat istirahat dan sekedar ngambil napas. Sambil istirahat kami melempar pandangan ke bawah, disana terlihat cahaya dari senter para pendaki yang mulai mendaki. Ahh, ternyata itu jalur yang bener, dan setelah dilihat dari atas, rupanya kami nyasar cukup jauh dari jalur yang sebenernya. Hahaha. Dari atas pemandangannya bagus banget kita berasa tinggiiiiii banget, kerlap kerlip lampu rumah penduduk di Kintamani keliatan jelas. Mba Revi pun ngomong "Ternyata begini rasanya jadi Tuhan. Kamu yang disana, coba pindah kesini...blah blah blah" Sambil menunjuk nunjukkan tangannya. Haha, iya juga ya. Saya juga mau ngatur "Hey kamu Lee Min Ho, kamu harus jadian sama Ami !"  Ahh lupakan kegilaan kami, yang jelas Tuhan tempatnya mah jauh jauuuh lebih tinggi dari sini, blah.  Fyi, track menuju puncak ini cuma selebar kurang lebih 1 meter aja. Percayalah, kalo kalian semua mau main futsal disini, ga akan bisa. Ga kebayang kalo berpapasan sama orang dari atas. Tapi emang sejauh ini ga pernah berpapasan sih. Kebetulan mungkin jam naik itu malem dan jam turun itu pagi. Selama satu jam kami mendaki batuan gede yang lumayan tajem plus jalan yang berpasir maksimal. Napas mulai tersengal sengal, dengkul mulai berdecit. Tapi semangat mencapai puncak ngasih tenaga tambahan buat saya.

Akhirnya, kami sampe juga di suatu pos yang disitu udah banyak pendaki yang mulai duduk nunggu sunrise. Dalam hati saya mikir "Ahh masa ini puncaknya ?" daaan kecurigaan saya terbukti, ini bukan puncaknya. Ada puncak yang lebih tinggi lagi. Denger denger dari guide yang dibawa para bule, perjalanan nyampe sana kurang lebih 1-1,5 jam lagi. Treknya lebih berat dan jurang di sisi kanan kiri lebih kerasa. Iya memang, dibelakang kami udah menganga lebar caldera dari si Gunung Batur ini. Ga kebayang gimana ngerinya naik ke puncak dari sisi sisi cekungan caldera yang gede abis. Akhir kata, kami berhenti aja sampe disini, tenaga udah abis buat naik ke atas lagi, maklum amatiran. Fyi, disini juga ada yang jual air minum. Bloggie tau ? 1 botol Aqua medium harganya 25 ribu. Penjualnya disini anak anak seumuran kelas 4-5 SD yang bawa minuman dari ransel mereka. Akhirnya dari tawar menawar disepakati lah harga 1 botol air mineral medium seharga 10 ribu. Saya tiba tiba berpikir, saya rasa 25 ribu itu harga yang sangat wajar kalo ngebayangin perjuangan mereka naik turun ini gunung sambil bawa minuman dari bawah. Tega bener si Ami ini nawar sampe 10 ribu. Maafin kakak ya adek kecil, hiks hiks.

Sambil nunggu sunrise, rasa ngantuk ga tertahan lagi. Ditambah angin dingin yang menerpa kami subuh itu. Makin merayu mata saya buat merem. Akhirnya saya tertidur pules dengan posisi terduduk sambil nunggu sunrise. Ga lama semburat cahaya keorangenan mulai muncul dari kejauhan. Dengan bayang bayang Gunung Abang dari dekat dan Gunung Rinjani dari kejauhan, ditambah kilau Danau Batur di bawah. Ahh sunrise.... Salah satu sunrise terbaik dalam hidup saya.

Di belakang kami itu tuh puncak yang lebih tinggi
Sedikit puas melihat cahaya kekuningan yang keluar dari sela sela langit pagi itu, saya memutuskan buat nyari tempat buat tidur dengan posisi yang enak. Iya, bloggie ga salah baca. Saya akhirnya tertidur cukup lama sampe akhirnya matahari udah naik mulai tinggi. Ngantuknya ga tertahan bloggie, saya rasa cukuplah ngeliat sunrise pagi itu, saya juga ga terlalu nafsu buat foto foto hahahaha. Tidur adalah kegiatan yang berjuta kali lipat lebih menarik waktu itu. Bzzzzz......

Saya terbangun gara gara suara ribut dari anak anak penjual minum yang bongkar muat dagangannya di tempat saya tidur. Waktu lihat keluar pos, matahari udah terang banget dan udah ngeluarin panasnya. Ahh lumayan ini buat ngangetin badan. Mengingat waktu saya tidur badan udah kaku kaya kanebo gegara kedinginan. Akhirnya saya keluar dari peradaban, celingak celinguk nyari anggota yang lain. Ga begitu lama, akhirnya ketemu deh sama anggota lain. Kirain mereka udah naik ke puncak yang paling tinggi itu, eh ternyata ngga hahahahaha. Mereka lagi bongkar muat bekal dari tas, ada yang bawa pisang, snickers, coklat, roti, blah blah blah. Saya mah makan biskuit havermout beli satu gratis satu yang lagi promo di Indoparil aja. Selain rendah lemak, juga murah. Ahak ahak ahak.

Matahari udah seterang ini waktu saya bangun tidur. Bzzz..
Saya baru sadar, udah banyak monyet sama anjing yang berkeliaran disitu. Padahal tadi subuh ga ada binatang satu pun. Dalam hati saya pikir, hebat juga ini anjing bisa ngedaki. Eh bukannya lebih gesit anjing daripada saya sendiri ? Ngahahahaha.

Happy !!
Anggota ISIS aja ikutan happy
Author kalian tercinta, mehehehe
Author lagi
Setelah puas foto foto di gunung, kami semua mulai perjalanan turun. Perjalanan turun rasanya bakal jauh lebih berat dibanding waktu naik. Bayangkan aja, bayangan takut tergelincir dan meluncur dengan indahnya ke bawah selalu ngehantui pikiran saya hahahaha. Tapi yang penting pelan pelan aja aja asal selamat. Kaya kata orang jawa jaman dulu, Alon alon asal kelakon. Yeah !! Daripada ngebut ngebut tapi malah celaka ? I don't wanna take that risk. Ngahahaha, iya saya cemeeen takut jatuh, walaupun pelan aja udah jatuh kok. Perjalanan turun dari puncak sampe pos yang ada puranya kurang lebih 1 jam lamanya. Sedangkan dari pos yang ada puranya ke parkiran kurang lebih 1 jam juga. Dan kali ini kami pulang lewat jalan yang resmi dan bagus. Bayangin aja, jalan yang resmi itu jalannya mulus dan bagus, ga banyak batuan gede, bahkan ada yang sudah diaspal. Ahh rasa rasanya saya bersyukur bisa nyasar lewat jalan yang kami babat habis sendiri malam itu. Lebih menantang dan mengena di hati. Tsaaah !

Gunung Batur dilihat dari pos yang ada pura nya itu
Jalanannya kaya begini nih, Bloggie

Track di jalan pulang, mulus abis. Cemen banget yang lewat sini. Hyaa !
Begitu sampe di parkiran, saya langsung bersih bersih badan yang udah penuh sama debu pasir. Apalagi muka sama rambut. Rambut udah kaku dan ngeres abis. Jadi inget waktu perjalanan naik kereta ekonomi Jogja-Banyuwangi, rambut saya juga penuh debu waktu itu. Setelah cuci muka sama cuci kaki rasanya seger abis, dan rasa ngantuk kembali menyergap. Ahahahaha, ngantukan mulu nih si Ami. Sebenernya abis mendaki, rencananya kami mau mandi di air panas Toya Bungkah. Tapi yang excited cuma Mba Revi sama Yance aja. Yang lainnya pada males. Jadinya dicancel deh mandi air panas di Toya Bungkah. Sebagai gantinya, kami mau makan di floating restoran Kedisan, tempat syutingnya di FTV SCTV itu kalo lagi syuting di Bali. Sebelumnya saya emang udah pernah makan disini, masakannya enak. Apalagi ikan bakar bumbu Kedisan-nya, ho chak paraah ! Enaaaak !! Setelah semua selesai bersih bersih dan ganti baju, kami langsung meluncur ke Kedisan Floating Restaurant.

Siang itu, arus danau Batur lumayan kenceng. Jadinya kami makan kaya makan diatas kapal, bener bener terombang ambing. Dan saya jadi teringat waktu penyeberangan naik feri dari Gilimanuk ke Ketapang waktu mau ke Ijen beberapa waktu lalu. Tinggal ditambahin videonya si Wandra Saheem, udah cocok ini mah. Kalo bloggie belom tau siapa sebenernya si Wandra ini, dia adalah penyanyi lagu Banyuwangi-an yang videonya hits banget diputer di atas kapal feri penyeberangan Gilimanuk dan Ketapang. Ok skip, kenapa jadi malah ngebahas Wandra. Kembali ke Kedisan, kami langsung pesen ikan bakar yang enak itu. Satu lagi, buat penggemar sambel sambelan, resto ini cocok banget. Kalo kita pesen ikan bakar, langsung dilengkapi 3 macem sambel yang enak. Ada sambel matah, sambel bumbu ikan bakar, dan satu lagi sambel mateng. Semuanya enak. Mba Revi aja sampe ketagihan sama sambel matahnya.

Gunung Batur dari kejauhan, plus riak air di Danau Batur

Sayang, waktu itu kami semua langsung kalap buat nyantap semua makanan begitu terhidang di atas meja. Jadinya ga sempet buat foto foto dulu hahaha. Emm, kayanya saya masih punya foto waktu pas makan di sini sebelum dateng sama anak anak SDS. Nanti deh, saya share biar bloggie semua tau betapa menggiurkannya ikan bakar bumbu Kedisan restoran ini. Mantap parah.

Setelah kenyang, kami semua langsung tancap gas pulang ke Denpasar. Tapi sebelumnya, pada mau beli jeruk kintamani, buah khas yang harus dibeli kalo kesini. Ada sedikit cerita selingan mehehehe, waktu di jalan, kami nemu ada mba mba yang pake cropped tee, dan potongannya banyak banget, sampe semua perut si mba ini terkespose dengan jelas. Hmm... dia pikir dia keren pake baju begituan di daerah pegunungan gini. Emmm... ato jangan jangan si Ami aja nih yang iri karena perutnya ga serata si mba itu. Ahh sudahlah. Btw, sungguh ga penting banget cerita selingan ini. Abaikan saja bloggie -___-

Inilah jeruk yang kami beli dalam perjalanan pulang ke Denpasar. Jeruknya lucu, masih nempel di batang plus masih ada daun daunnya. Harganya sekilo 10 ribu. Tapi kami semua ragu kalo timbangan si ibu penjual ini jujur, soalnya sekilo masa dapetnya dikit banget dan si ibu penjualnya jutek abis. Yah gapapa lah, terpaksa kami maafkan, soalnya jeruk ibu ini manis banget, enak. Saya yang ga terlalu tertarik sama jejerukan aja sampe bisa nambah 2-3 jeruk. Seger enyak.

Sekitar jam 2 siang, kami semua sudah sampe di Denpasar lagi. Dan besoknya udah hari Senin, tanda kami semua harus kembali buat kerja lagi. Males sihhh...tapi ya nasib jadi pegawai krucuk macam kami. Hahahaha. Sekian cerita kami dari Gunung Batur. Gunung yang cebol tapi menantang abis ! Next time kalo ada waktu mau kesana lagi, saya ga ragu buat join hehehe, saya pengen nyampe ke puncak yang tertinggi itu !! Yeah !

PS : Si author ketiduran sampe 12 jam sepulang dari Gunung Batur hahaha, kecapean banget.