22/09/2014

Dieng Family Trip #Throwback

Hari minggu ga ada kerjaan selain liat liat isi laptop, dan tiba tiba kebuka folder waktu kami trip keluarga (yang ga terlalu) besar ke Dieng setahun yang lalu. Mendadak kangen, mengingat keluarga dari pihak Mumichtu itu keluarga yang paling dekat dengan saya. Mulai dari kecil sampe segede ini, kami selalu lengket kalo lagi kumpul keluarga. Mungkin karena darah Jawa Timur keluarga mumichtu, makanya keluarga besarnya kalo lagi ngumpul selalu seru dan rame, sedikit berbeda sama keluarga pupichtu yang asli Jawa Tengah yang lebih lembut hihihi. Kayanya sayang kalo sebagian foto foto itu cuma tersimpen rapi di laptop aja, kali ini coba saya share di Blogodok Blegedek :)

Setahun yang lalu, kami sekeluarga besar, rencanain trip ke Dieng. Fyi, Dieng ini dataran tinggi di daerah Wonosobo, Jawa Tengah. Kami semua belom pernah ada yang kesana. Kecuali pupich yang pernah rapat di salah satu perkebunan teh disana. Mendengar cerita pupichtu, kami semua langsung tertarik untuk pergi ke Dieng. Kami sewa mobil di Cipa*ganti (nama disamarkan) yang bisa memuat 13 orang sekaligus hahaha. Sebenernya family trip ini sekaligus acara perpisahan buat saya yang mau kerja di Bali dan sepupu saya yang mau ngelanjutin sekolahnya di Belanda. Kenapa Dieng ? Karena kami sekeluarga kompak banget suka wisata ke tempat yang dingin dingin. Kalo di Surabaya ada di daerah Tretes, kalo di Solo ada di daerah Tawangmangu. Tapi kami semua udah bosen pergi ke 2 tempat tersebut. Jadilah Dieng jadi our next destination, yuhuuuuu !! Untuk objek yang akan kami datengin terutama adalah perkebunan teh Tambi, kami bakal ikut tour keliling kebun teh mulai dari kebunnya sampe ke dalam pabrik untuk melihat prosesnya. Selain itu, kami juga jalan jalan ke Kawah Sikidang, Candi Arjuna, dan macem macem telaga di Dieng. Pokoknya dimaksimalin lah liburannya, semua tempat di Dieng harus didatengin. Untuk penginepan, kami semua menyewa villa di Wonosobo, kota terdekat dari Dieng. Dengan pertimbangan, kalo kami mau wisata kuliner pun gampang. Apalagi anak anak cowo itu hobinya makan melulu, ga liat liat jam pula. Jam 12 malem pengen makan pun mereka bela belain keluar villa sekedar cari makanan untuk dikunyah.

Foto di depan villa
Senangnya, mamas penjaga villa ini baik banget. Kami pengen makan apapun bakal dicariin sama mereka. Setiap pagi kami selalu dibeliin sarapan khas daerah sana, nasi megono dan tempe kemul. Awalnya liat nasi megono agak iyuh, soalnya ada coklat coklat gitu di nasinya. Tapi begitu dimasukkin ke dalem mulut, rasanya lumayan juga. Apalagi udara dingin, apa aja bakal dimakan lah untuk ngilangin laper. Ternyata, coklat coklat di nasi itu adalah potongan sayur nangka. Di antara semua personil keluarga, cuma si Mas aja yang ga makan nasi itu. Dia emang rewel banget sama makanan.

Lupakan nasi megono, pagi pertama di Dieng kami semua berencana ikut tur di kebun teh Tambi. Sebelumnya pupichtu make appoinment dulu sama pengelola kebun teh Tambi. Setelah deal, kami semua langsung cabut dari Wonosobo. Jalan masuk menuju kebun teh ini rusak banget bloggie, lubang dimana mana. Otomatis kami ber 13 di dalam mobil pun bagaikan dikocok kocok. Nasi megono yang dimakan tadi pagi pun seakan akan pengen keluar dari dalam perut. Hueeek abis pokoknya. Tapi untungnya, terobati dengan pemandangan yang amrazing banget, pohon teh di kiri kanan warnanya ijo seger, bikin mual sedikit ilang. Entah kenapa kalo liat pohon teh, yang ada di kepala saya cuma pengen bilang "Pucuk...pucuk.." #efek kebanyakan iklan.



Akhirnya, setelah perjalanan yang lumayan bikin perut terkocok kocok, kami sampe juga di pelataran parkir kantor kebun teh Tambi ini. Pupichtu langsung konfirmasi ke pengelolanya, dan sementara itu kami asik foto foto di halaman kebun teh yang sejuk hihihi..

Tante dan keponakan yang kompak abis

si Mas nih hobi banget manjat manjat aneh
Ga beberapa lama, akhirnya kami dipersilakan masuk ke areal perkebunan, dan diperkenalkan dengan guidenya. Guidenya asik, talkactive. Dan dari dia lah saya tau kalo dari perkebunan inilah teh bermerk Lipt*n (disamarkan) berasal. Dia juga bilang kalo kebun teh termasuk kebunt teh dengan grade yang bagus di Indonesia, bahkan di dunia. Saya cuma tau kebun teh Kayu Aro aja sebelum kesini, hehehe. Kata si guide, mereka impor ke Lipt*n dan dijual lagi ke kita dengan harga yang lebih mahal. Dan mereka pegawai perkebunan teh di Tambi ini cuma bisa haha hehe aja kalo tau ada orang yang lebih bangga minum teh dengan merk dagang Inggris dibanding minum teh produksi dari kebun teh ini. Kami juga diajarkan buat menilai kualitas teh yang baik. Justru teh yang kental dan pekat itulah teh yang paling buruk kualitasnya. Karena teh yang kualitas wahid justru berwarna kuning bening kaya ***** (disamarkan lagi) dan itu pure berasal dari daun yang ada di pucuk pohon. Kalo yang kental justru berasal dari batangnya. Saya sekeluarga cuma bisa "Ahh ohh ahh ohh" aja begitu tau beberapa fakta yang (ga terlalu) mengejutkan tentang teh. Mumichtu yang doyan banget minumin teh anti kolesterol pun kayanya makin cocok sama si guide ini. Karena mereka berdua ngobrolnya nyambung. Sedangkan Pupichtu masih tetep kekeuh kalo enakan teh yang kualitas paling buruk, yaitu teh yang kental dan pekat warnanya.

Si bapak guide yang ekspresif, entah dia lagi meragain apaan ini --"
Happy !
Foto bareng ibu ibu pemetik teh. Mereka pemalu abisss
Saya di tengah tengah dedaunan teh, ajiibbbb
Mumichtu dan Pupichtu yang heboh masuk ke sela sela pohon teh minta difotoin
So refreshiiing~~
Suejuk maksimaaal !
Puas keliling keliling di kebun teh yang gede abis, kami akhirnya dipersilakan masuk ke dalam pabriknya untuk melihat proses pengolahannya sampe jadi teh. Bau di dalam pabrik rada rada aneh gitu, bloggie. Bau teh, tapi...... agak aneh. Disana saya liat prosesnya, tapi ga terlalu konsen sih si guide jelasin apaan, soalnya suara mesin tuh ribut banget. Si guide jelasin mulai dari grade teh, trus ngejelasin pekerjaan para tester teh, dan blah blah yang lainnya. Saya cuma celingak celinguk aja sambil liatin pekerja pabrik. Saya mendadak inget pernah ke pabrik teh waktu jaman kecil dulu di Padang. Dulu pernah diajak pupich dan mumich ke perkebunan teh di Lubuk Selasih. Suasananya persis banget, tapi Tambi jauh lebih besar sih. Mumichtu bilang begini ke adek "Nah, kakak kakakmu kan dulu udah pernah juga ke kebun teh waktu kecil. Sekarang adek juga, jadi adil kan bapak sama ibu ?" Nguiik~~


Tenang, ini bukan guidenya lagi sujud minta maaf. Ini dia lagi nunjukkin lubang rahasia.
Setelah keliling di pabrik teh yang gede ini, kami dikasih kesempatan buat foto di depan tulisan perkebunan teh Tambi sebagai bukti kami pernah kesini.
Pabrik Teh Tambi 1400 mdpl. Yeaay !
Kurang lebih dua jam kami puas keliling perkebunan dan pabriknya. Itupun kami cuma kelilingin sebagian kecil aja kebunnya. Puas sih saya, ditambah guidenya yang profesional banget dan informatif. Menyenangkan. Dan yang lebih menyenangkan adalah, begitu balik dari tour, kami disiapin teh dan kudapan buat nemenin minum teh. Ini emang fasilitas tour, disajikan teh yang fresh dari kebunnya langsung. Tante tante dan mumichtu seakan akan abis dibius sama guide tadi dan langsung nyeruput teh di cangkir mereka. "Hmm wangi.... seger ya, ga pake gula berasa enaknya...". Ga lama saya ikutan nyeruput, hmm rasanya sama aja kaya teh teh yang lain. Hahaha, ini saya yang ga peka apa gimana ? Lain lagi si Mas, dia malah bilang "Mbak, minta air putih ada ? Kalo bisa yang dingin" Yaelaaaahhhh... dia emang ga doyan minum minuman panas.


Cemilannya buanyaaaaak banget, ini cuma foto sebagian aja. Masih ada yang lain di meja sebelah hahaha. Setelah capek berkeliling, ngeteh dan nyemil dengan pemandangan kebun teh itu emang paling pas. So refreshiing~~ Kalo bloggie sempet ke daerah Dieng, Wonosobo, sempetin dong mampir disini, dijamin ga akan nyesel. Happy bangeet ! Ga ada sedikitpun penyesalan di hati kami sepulang dari tur kebun teh ini. Selesai nyemil dan ngeteh kami langsung cabut ke Kawah Sikidang yang fenomenal. Ibarat landmarknya Dieng deh. Kawah ini denger denger ada kalanya beracun, dan kalo udah ngeluarin zat beracun itu, wisata Dieng Plateau langsung ditutup. Sebelum masuk areal kawah banyak banget penjual masker, ga mau ambil resiko, Mumichtu langsung negborong masker itu, termasuk si supir pun dikasih masker. Padahal dia ga ikutan masuk ke areal kawah --". Ternyata kepanikan mumichtu bener juga, baunya masya Allah banget. Ga kuat, mata udah perih kena asep kawahnya. Duh asli bikin pusing. Kalo bloggie bilang kawah Ijen aja udah bau, berarti belom pernah ke Kawah Sikidang, baunya 100 kali lipet lebih pecah.


si Mas pecah paraah, berani foto di deket bibir kawah
Kami semua ga lama disana, karena emang lumayan nyiksa disana. Tapi kalo ga kesini katanya nanggung. Ini nih destinasi wajib ke Dieng. Fyi, bloggie. Begitu masuk area kawah hawanya panas banget. Yang tadi pada pada kedinginan langsung mendadak keringetan begitu masuk areal kawah. Setelah berpanas panas ria di kawah, kami langsung jalan ke telaga yang katanya juga wajib didatengin kalo ke Dieng. Jujur saya lupa nama telaganya apaan. Seinget saya, yang namanya telaga tu pasti angker, ngahahaha. Udah kecuci otaknya sama film Suzanna - Telaga Angker.



Di areal telaga ini, kami juga ditemenin seorang guide. Dia cerita banyak tentang telaga ini, salah satunya tentang ritual anak gimbal Dieng. Mereka yang rambutnya gimbal, katanya rambutnya dipotong di salah satu telaga ini. Kalo ga salah ya bloggie. CMIIW. Gara garanya mumichtu nanyain "Dieng kan terkenal sama anak gimbalnya yah ? Saya kok ga liat mereka satu pun ya daritadi" Mueheheheeee....Setelah liat telaga (angker) kami mampir ke candi Arjuna. Bayangan saya candi ini megah dan pecah kaya Prambanan, tapi ternyata kecil, imut, dan "retak" (ga terlalu pecah, wkwk). Jadi, candi Arjuna ini kaya komplek reruntuhan candi, candi kecil kecil banyak kesebar di tanah lapang. Kurang lebih gitu deh deskripsinya. Tapi landscape nya bagus. Juara. Dan udaranya, dibis...dingin abis

Reruntuhan candi
Happy Family !
Puas seharian keliling objek wisata di Dieng, kami semua kembali ke villa untuk sekedar mandi dan ngeliat sunset di balkon villa yang pecah. Soalnya si penjaga villa bilang, disini spot yang paling bagus kalo mau liat sunset. Tapi sayang ga kefoto, mungkin waktu itu saya tidur dan kehilangan momen sunset yang (katanya) bagus itu. Hehehe... Fyi, untuk makanan yang wajib dicoba kalo pas ke Wonosobo adalah Mie Ongklok. Jujur, ini mie paling absurd yang pernah saya makan. Kuahnya kental banget kaya papeda, dan rasanya ngalor ngidul ngetan ngulon kalo kata orang jawa. Saya ga habisin satu mangkok Mie Ongklok waktu itu, udah keburu eneg. Sedangkan Tante tante dan Mumichtu dengan happy nya bilang "Ahh kamu rugi ga makan, enak banget gituuu" Nguik laah. Dan satu lagi, bloggie harus ngerasain es carica. Ini totally wenak bin seger maksimal. Carica ini buah semacam pepaya, tapi kecil banget. Dan rasanya asem, nah biar enak dibuatlah manisan dan dijadiin es. Ini enak ! Jempol ! Carica konon katanya cuma ada di Wonosobo aja loh. Jadi kalo ga ngerasain bakal rugi tujuh turunan. Ahak ahak lebay. Jadi waktu itu si Mumichtu berencana mau beli carica yang buanyak buat saya bawa ke Bali, tapi.... belom sempet dibawa ke Bali, kardus berisi carica itupun dibuka dengan indahnya begitu sampe di rumah dan diserang gerombolan yang haus akan belaian carica. Capedeh.

Bayangkan enegnya mie ini (Source)
Carica si pepaya gunung (Source)

No comments:

Post a Comment