06/10/2014

Baliku Jamur (Review)

Satu hal yang paling saya ingat awal "kenalan" sama jamur crispy itu waktu nemenin mumich belanja di tukang sayur yang berhenti di depan rumah. Di tukang sayur banyak banget ibu ibu yang belanja. Waktu itu saya liat tetangga saya ngeborong berkantong kantong jamur tiram. Mumich juga heran ternyata, setelah ditanyain sama mumich, jamur itu digoreng buat anak anaknya, bukan buat ditumis. Trus dikasih lah resepnya, dan mumich latah ikutan beli jamur tiram juga buat digoreng. Ternyata, beneran enak bloggie, enaaaak banget. Jaman segitu emang belom banyak jamur crispy, hanya segelintir orang aja yang tahu, termasuk mumich dan saya -___- Itulah pertama kalinya saya makan jamur crispy.

Di Bali ini, saya kenal salah satu gerai jamur crispy yang enak banget dan mudah banget ditemuin. Waktu saya kos di tempat lama, ada juga gerai jamur ini. Bahkan saya pindah kos ke tempat baru pun ada gerai yang buka di deket deket situ. Ga jarang sih saya suka beli jamur crispy disana kalo lagi kangen jamur buatan mumichtu, namanya Baliku Jamur.

Ternyata temen kantor saya juga suka banget sama Baliku Jamur ini. Cocok deh, perpisahan hari terakhir (bener bener terkahir) Pak Suhe kami adain di gerai Baliku Jamur di bilangan Hayam Wuruk, soalnya di gerai ini udah mulai mengembangkan sayapnya dengan menyediakan nasi bakar jamur dan roti bakar dengan aneka macam rasa, Ditambah di Hayam Wuruk ini udah ada tempat buat sekedar nongkrong buat 4-6 orang. Ga masalah sih walaupun tempatnya di pinggir jalan, yang penting quality time bersama sahabat sahabat tercinta. Pulang kantor, kami langsung cabut ke Baliku Jamur di bilangan Hayam Wuruk.

Gerai Baliku Jamur di Jl. Hayam Wuruk, Denpasar
Gerobak orange nya yang eye cathcing banget dengan polkadot putih
Numpang foto di pinggir jalan Hayam Wuruk
Begitu sampai disana, saya langsung pesen nasi bakar jamur + tuna dan pesen roti bakar keju kacang, muehehehe. Soalnya harganya murah banget, bikin pengen pesen semuanya. Cukup dengan IDR 5.000 bisa dapet nasi bakar jamur yang yummy parah.

List harga, hemat kaan ? :v
Selain nyediain nasi bakar dan roti bakar, di gerai Hayam Wuruk ini juga nyediain aneka sate sosis, sate bakso dan rollade. Cukup membayar IDR 2.000 kita bisa menikmati satu tusuk satenya. Enak banget dijadiin temen ngobrol sama temen temen. Dan buat yang lagi diet, ini bener bener godaan bener. Ga sadar udah berapa tusuk sate yang masuk ke mulut kita sambil ngobrol sama temen temen, hiks hiks.

Aneka sate yang yummyyy !! Bisa digoreng ato dibakar
Lagi ngebakar nasinya, dijamin higienis bloggie
Ga menunggu lama, menu pesenan kami pun dateng. Nasi bakar jamur tuna dan roti bakar keju kacang. Sedangankan mba Revi pesen roti bakar rasa tiramisu dan green tea.

Nasi bakar jamur tuna, cukup IDR 5k sajaa~
Roti bakar enak nan crispy, cukup IDR 6k sajaaa~~
Rasa nasi bakarnya enak banget, cukup light di mulut. Soalnya jamur tiram mendominasi lauknya. Jamur tiram salah satu jamur yang paling saya suka, soalnya teksturnya mirip kaya daging dan gurih. Bisa dibilang jamur tiram itu levelnya dibawah jamur shitake, muehehe. Rasa nasi bakarnya enak banget, dan menurut saya cukup sehat. Soalnya lauknya kan jamur. Itung itung belajar jadi vegetarian. Satu kata buat nasi bakarnya, ho chaaak ! Dan saya ga ragu ragu langsung pesen lagi, tapi kali ini nasi bakar jamur teri, hmmm yummy. Sambil menunggu pesanan saya dateng, saya pun makan roti bakarnya. Suapan pertama langsung terdengar bunyi "kreeesss" gilaaaa, crispy maksimaaaal, kaya dipanggang di toaster dan bahkan lebih enak. Usut punya usut setelah saya liat cara bikinnya, roti dipanggang dulu di kedua sisi baru diberi isian. Teknik yang beda sama roti bakar biasanya. Diisi dulu baru dibakar, jadinya masih ada bagian yang ga terbakar. Dan untuk roti bakar Baliku Jamur ini, asli endeeeuss banget. Renyahnya sampe ke hati >.< pengen nambah lagi lagi daaan lagi.
Proses pembakaran rotinya
Setelah puas membabat habis pesenan kami, kami pun pesen jamur crispy kebanggan Baliku Jamur buat temen ngobrol. Kalo ngobrol ga ada yang digigit bisa asem nih mulutnya. Muehehe alibi aja inih biar bisa ngemil sepuasnya. Kami pesen jamur crispy teriyaki abon. Jamur crispy di Baliku Jamur ini enak banget, soalnya untuk pilihan rasa, mereka ngasih topping yang bener bener berasa di atas jamurnya. Bukan sekedar bubuk bumbu dan dikocok kocok di wadah trus disajikan. It's so last yeaarrr.

Jamur crispy teriyaki abon
Sisa pertarungan dengan makanan
Numpang foto di depan gerai Baliku Jamur
Untuk bloggie yang mau kesana, Baliku Jamur Jl. Hayam Wuruk ini letaknya di depan toko Soes Merdeka, dan disampingnya EF. Jadinya ga heran waktu jam pulang les, gerobak Baliku Jamur rame diserbu anak anak yang baru pulang les. Bahkan saya yang liat dari tempat duduk aja deg degan sendiri liatin gerobak orange itu diserbu anak anak hahaha, parno sendiri kalo ntar gerobaknya rubuh -___- abaikan. Sedikit tips buat bloggie, kalo mau nongkrong di Baliku Jamur ini jangan lupa bawa minum sendiri ya, tapi ga masalah, di seberangnya ada minimarket kok. Untuk saat ini Baliku Jamur belom nyediain menu minuman, tapi mungkin secepatnya segera dibikin. Sedikit tips buat Baljam, bikinin roti bakar yang isinya oreo dooong, muaaahahahaha.


Baliku Jamur
Facebook | Twitter

No comments:

Post a Comment