23/05/2016

Short Escape To Gili Trawangan (Part 1)

Ini adalah ketiga kalinya saya kabur ke Gili Trawangan dalam 3 tahun. Kalau yang pertama kurang begitu berkesan ga begitu asik, kali ini asli asik banget ! Mungkin pengaruh travelmate juga kali yes, kalo yang pertama ga begitu cucok, kali kedua ini travelmate sepertinya adalah kloningan saya dalam fisik yang lebih kecil (Ami gede, eiimm) dan lebih dewasa ahahahaha. Mungkin waktu pembagian otak waktu di surga, otak kami dibelah dua. Gimana ngga, semua pemikiran saya persis sama plek kaya dia ini. Please welcome, Mba Indah !
Travelmate baru di kancah Blogodok Blegedek
Ga ada angin ga ada ujan, tiba tiba kami berdua nemu ide brilian buat kabur ke Gili Trawangan setelah rada muak dengan kerjaan kantor yang lumayan membabi buta saat itu. 3 hari 2 malem sih rasanya cukup yah.Nekat beli tiket fast boat Bali – Gili Trawangan PP, walaupun cuti belom diacc si Bos. Waktu itu sih pede aja “Paling juga disetujuin lah”, dan alhamdulillah ternyata emang beneran diACC hahaha ! Padahal dalem hati udah nyiapin kata kata permohonan seandainya ga disetujuin bu Boss “Saya Lebaran ga mudik gapapa bu, asal saya diijinin cuti kali ini” #disambitMumichtu gegara ga pulang Lebaran. Hahaha ! 

Fast Boat yang saya pakai kali ini namanya Marina Srikandi, kena harga promo PP Bali – Gili – Bali IDR 600.000 saja (kalo ga promo PP 750 ribu) saudara saudara ! Mursidah alias murah bangeuuut ! Udah include antar jemput pakai shuttle bus. Dan shuttle bus nya pun ga main main, bukan sekedar mobil Elf ala ala travel gitu, ini pakainya Toyota Hiace doong, udah berasa keren aja ini eike naik shuttle bus mewah. #katro. Untuk jadwal keberangkatan dan detail lainnya cek aja websitenya di sini


Untuk penyeberangan Bali – Gili biasanya lewat pelabuhan Padang Bai yang jaraknya jauh dari Denpasar. Tapi untuk Marina Srikandi ini pemberangkatan melalu Pelabuhan Serangan di daerah Sanur, which is tinggal ngglundung aja dari Denpasar bisa nyampe. Lebih deket, tapi konsekuensinya adalah perjalanan laut akan lebih lama yaitu selama 2,5 jam. Sedangkan untuk yang berangkat melalui Padang Bai, hanya butuh 45 menit saja untuk sampai ke Gili. Jadi,silakan dipikirkan masak masak. Mau lama di darat atau lama di laut, saran saya sih buat yang mabok laut sebaiknya ambil pemberangkatan via Padang Bai saja.


Akhirnya setelah 2,5 jam terkatung katung di laut sambil nonton film yang dipasang selama perjalanan sampailah kami di pulau kecil yang berada di sebelah barat pulau Lombok. Fyi, walaupun sudah 3x ke Gili Trawangan tapi saya belum pernah serius explore Lombok, menyedihkan. Sepertinya harus merencanakan perjalanan selanjutnya ke Lombok yang jaraknya cuma selemparan sempak aja dari Bali. 

Pelabuhan Gili Trawangan ga punya dermaga ya bloggie, jadi siapin diri aja buat basahin kaki waktu turun dari kapal. Buat yang pakai celana panjang bisa digulung dulu celananya. Tapi hellaaww, ke Gili Trawangan ga basah ga afdol kali ahh, jadi ga masalah dong kalo basah dikit. 

Penumpang turun dari fast boat
Welcome to Gili Trawangan yeay !
Bening !
Walaupun turun dari kapal langsung disambut hawa panas yang naujubilahminjalik tapi ga menyurutkan nafsu saya buat main air di pinggir pelabuhan ini. Beniiiiiing abis ! Bikin gatel pengen dicemplungin, lautnya Gili Trawangan nyolot banget deh pokoknya hahaha ! Love it !

Selama di Gili Trawangan, saya menginap di Mosaix Gili Bungalow pesennya lewat Traveloka kena harga IDR 221.000 kamar AC (note: AC is a must ! Gili Trawangan panasnya like a hell). Harga yang lumayan murah, udah dapet AC pula, udah gitu letaknya strategis banget ga gitu jauh dari pelabuhan. Tips eike nih ya, jangan nanya sama orang orang buat nyari lokasi hotel karena mereka sendiri ga hafal saking banyaknya hotel disono hahaha ! Jadi, tolonglah gunakan teknologi ya teman teman, pakailah maps di handphone kalian. Percayalah, kalian tidak akan tersesat soalnya akurat banget. Atau kalau ga mau repot silakan telpon staff hotel untuk minta dijemput di pelabuhan. Easy. Bloggie bisa kepoin Mosaix Gili Bungalow di websitenya di sini

Mosaix Gili Bungalow
Bungalownya unyuuu
Kesan pertama masuk ke dalam cukup baik, ada 7 bungalow yang disewakan. Ada yang menggunakan AC atau kipas angin, suasana cukup tenang untuk istirahat. Kemudian proses cek in nya pun mudah, kode booking kami dari Traveloka rupanya sudah terdaftar. Berarti cukup profesional juga Mosaix ini. Mengingat banyaknya kisah traveler yang gagal cek in karena kode booking mereka belum masuk ke sebuah penginapan. Tapi alhamdulillah sih, saya belum pernah merasakan itu sebelumnya. Dan kemudian saya masuk ke kamarnya, cukup bersih dan wangi kayanya abis disemprot pengharum ruangan. Satu hal yang penting, wifinya ok bangeeeeut ! Saya pikir di pulau kecil begini saya bakal jadi fakir internet, eh ternyata wifi hotel asoy geboy abis. Sampe sampe bisa update apps selama di hotel hihihi. Tapi ada satu yang buat  kecewa, akika ga menemukan angsa angsaan yang dibuat dari anduk yang biasanya ditaruh di atas kasur. Padahal dari dulu saya selalu mendambakan bisa dapet angsa anduk itu kaya orang honeymoon haha ! Brb, cari suami biar bisa honeymoon !

Kamarnya ga gitu gede, tapi cukuplah buat tidur. Ya kali mau main bulutangkis di dalem kamar
Kamar mandinya so so yah, cuma buat saya ga masalah selama pake sendal jepit
Lupakan tentang handuk angsa dan honeymoon, kelar bersih bersih badan dan ganti baju, saya dan mba Indah langsung cabs cari sesuap nasi. Laper euy, nahan laper selama di kapal. Transportasi satu satunya di Gili Trawangan ini adalah sepeda, kecuali bloggie keyong alias kaya bisa tuh charter cidomo seharian, dimana harga 1 rute aja bisa 50-75 ribu, bisa rugi bandar eike kalo pake cidomo seharian, bisa bisa pulang ke kos cuma bisa makan nasi aking aja. Soooo, transportasi yang mursida alias murah meriah adalah sepeda. Tenang, di setiap sudut pulau banyak penyewaan sepeda mulai dari hitungan jam atau harian, dan setiap penginepan saya rasa pasti menyediakan rental sepeda. Dan untuk rental sepeda di Mosaix Gili Bungalow ini harganya 50.000/hari. Lumayan #cekdompet. Dan sepedanya pun bisa terbilang masih baru kondisinya, bukan sepeda tua yang kalo dikayuh berdecit ala ala sepeda sewaan di tempat lain.

Green Cafe, Gili Trawangan
Makanan ala Indonesia
Bukan rahasia lagi kalo di Gili Trawangan ini mayoritas pengunjungnya adalah turis luar. Hal itulah yang bikin resto resto di Trawangan rata rata nyediain menu ala bule. Tapi tenang, buat yang perutnya ga bisa kenyang kalo ga ditubruk makanan Indonesia, disini juga banyak warung warung ala local food alias “warteg” ala Trawangan. Salah satu “warteg” kesukaan saya adalah Green Cafe, masakannya lengkap dan harganya cukup terjangkau kantong anak kos kere macam eike. Tahun lalu ke Trawangan juga makan di Green Cafe ini. Lokasi Green Cafe sangat mudah ditemuin, ada di lapangan deket pelabuhan yang kalo malem jadi lokasi night market. Dan kalau malem Green Cafe ini juga buka stand di night market. Selain menjajakan local food dan seafood, Green Cafe jualan jajanan pasar yang bikin ngiler rasa rasanya pengen dibeli semua. Sedikit trivia, kalau beli jajanannya jangan lupa beli Choco Lava Cakenya. Juaraak ! Allahuakbar enak banget, dan cuma dibanderol dengan harga 10 ribu saja saudara saudara. Sungguh nikmat mana yang engkau dustakan.

Jajanan yang bikin khilaf range harga 5 ribu - 10 ribu ajeeeuu
Setelah kenyang makan siang, kami melanjutkan perjalanan untuk keliling pulau sambil cari spot yang menarik buat ditongkrongin. Untungnya kami datang bukan di musim liburan jadinya jalanan di Trawangan cukup kondusif untuk bersepeda. Waktu tahun lalu saya kesini pas dengan peak season jalanan super rame, jadinya naik sepeda pun sangat amat ga kondusif bikin emosi ga bisa ngegowes dengan leluasa, rasanya pengen cemplungin satu satu turis yang halangin sepeda saya ke laut aja #LangsungDihajar.

Baru sekitar 15 menit kami bersepeda, sepeda punya mba Indah rusak, rantainya kaya kekunci gitu. Gegara mba Indah ini iseng mainin ganti gigi di sepeda dalam kondisi lagi ga dikayuh. Alhasil macetlah itu rantainya. Kami langsung telpon staff hotel buat bantuin benerin sepeda Mba Indah. Sambil nunggu staff hotel dateng, saya duduk di atas pasir sambil nikmatin angin semilir. Ngantuk. Penyakit turunan kayanya kalo abis makan selalu ngantuk. Sambil menahan ngantuk saya mencoba sesekali mainan air di pinggir pantai sambil sesekali coba nerbangin sarung pantai ala ala di video klip gitu buat membunuh rasa bosan, eh ternyata gagal. Jadilah akika balik lagi gegoleran di pasir sambil nungguin staff hotel.

Gagal nerbangin sarung pantai -__-
Ga lama kemudian datanglah si staff hotel ini untuk benerin sepeda punya Mba Indah. Sebentar aja sepeda Mba Indah udah bener lagi, ga tau deh itu diapain rantainya. Kelar benerin sepeda kita ngobrol ngobrol ngmongin betapa bebasnya kehidupan di Trawangan ini sambil liatin pemandangan di seberang laut yang tidak lain dan tidak bukan adalah Pulau Lombok. Rasanya udah deket banget, sayangnya saya belum sempet mampir ke Lombok. Harus, harus banget diagendain inih ke Lombok !

Yang di seberang itu Lombok saudara saudara ! Deket bangeuut
Kami lanjutin lagi sepedaan dengan niatan mau muterin pulau rencananya.Namanya rencana masih bisa berubah dong yah. Dasar namanya orang kantoran manja , jarang jarang naik sepeda ehh sekalinya seharian naik sepeda mulai deh itu pegel pegel di paha dan tulang ekor. Mengingat sepeda yang kami sewa ala ala sepeda cowo gitu yang otomatis sadelnya ga empuk tambah kerasa deh itu pantat menjerit ngilu. Akhirnya rencana mengelilingi pulau pun kandas karena kami mulai kesakitan menemukan spot yang kece untuk menunggu sunset. Kalau orang orang ke Trawangan identik liat sunset di hotel Ombak Sunset yang ada ayunan di laut ituh, kami lebih memilih buat chilling out di The Exile Beach Bar. Tempatnya lebih nyantai dengan sayup sayup suara music yang relaxing bukan ala ala EDM. Jadilah kami ngejogrok 2 jam di The Exile sambil nyantai nungguin sunset sekalian istirahatin pantat di bean bag.

Sepi
Tersangka pembuat pegel selangkangan
Spot untuk lihat sunset seperti ini tersebar di bagian barat pulau. Bebas mau pilih yang mana
The Exile Beach Bar, nyantaiiii abis tempatnya
Nunggu jodoh sunset
Kalo dizoom ternyata pasir ini semu semu rada pink
Nyantai~~~
Selesai lihat sunset kami kembali ke hotel untuk mandi dan mempercantik diri abis seharian panas panasan dan nyemplung air laut. Dari kejauhan, sepertinya Lombok lagi diguyur hujan deras, anginnya terasa sampai ke Trawangan sedikit ngebawa titik titik air. Orang orang yang lagi naik sepeda semuanya memacu sepedanya cepet cepet takut kehujanan, ga terkecuali saya. Rasa ngilu di tulang ekor pun saya lupakan sesaat hahaha ! Pengen buruan sampe hotel dan cari makan malem.

Pilihan makan malam di Gili Trawangan banyak macemnya. Dan favorit turis turis berkantong cekak seperti saya ini adalah makan di Night Market. Di sana banyak banget pilihan makanan terutama untuk local food. Yang menjadi primadonanya tidak lain dan tidak bukan adalah seafood. Rata rata stand makanan di night market ini menyajikan seafood. Kemudian saya tertarik pada salah satu stand yang paling rame antriannya. Letaknya ada di pojok kanan depan. Mba dan mas penjualnya ga ramah #ceburinkelaut. Harga makanannya 30.000 – 80.000 untuk 1 tusuk sate seafood atau seafood utuh. Dengan memilih seafood, kita akan otomatis dapetin nasi plus sayur 3 macem. Lumayan hemat eiim buat kantong anak kos macam akika. 





Pilihan saya malem itu jatuh pada sate cumi dan sate udang. Untuk sayurnya saya pilih tumis kangkung dan teri kacang disambelin. Karena saya ga milih sayur ketiga, saya dikasih bakwan jagung (yang kerasnya bisa buat ganjel pintu #DikeplakYangDagang). Rasa makanannya ga terlalu special sih ya, bukan salah satu rasa seafood yang bisa membuat saya menggelinjang keenakan. Malah saya pernah makan yang lebih enak. Jadi yaaa, mungkin saya kurang beruntung aja malam itu.
Selesai makan tentunya kami ga langsung pulang ke hotel. Rugi bandar dong udah jauh jauh kesini ga ngerasain night lifenya Trawangan yang semua orang udah pada tau itu. So, jika kalian pecinta duniawi dateng ke Trawangan ini pilihan yang tepat bangeuuut ! Bar bar berjejer di sepanjang jalan, mau yang ala reggae bar silakan ke Sama Sama Bar, kalau mau ala irish bar silakan ke Tir Na Nog. Bebas mau pilih yang mana. Dan pilihan kami malam itu adalah Rudy’s Bar yang cukup menarik perhatian kami dengan live musicnya yang asik banget. Setelah diselidiki, malam itu pengisi acaranya adalah Whirlpool Band. Asliiik, ini band asik banget ! Vokalisnya juga kece, bukan tipe eike actually, tapi bener bener mampu bikin ga bisa berpaling #DikeplakMic. Pake susuk apaan siiihhhhhh wahai mas vokalis Whirlpool Band ? Aku padamu ! 

Makin malem makin panas. Pesan saya sih, stay aware yah sama lingkungan. Kalo ada yang ngajak ngomong kalo ga penting banget ga usah diladenin. Yah kayanya sih semua orang juga pada tau yes ilmu ini. Tapi berhubung ini di pulau kecil yang aparat keamanannya minim banget, marilah kita meminimalisir kemungkinan terburuk. Mana transportasi satu satunya sepeda pula. Ditambah bokong yang pegelnya setengah mati, saya rasa ga mungkin bisa gowes ngebut kalo ada apa apa hahaha !

Rudy's Bar

No comments:

Post a Comment