24/05/2016

Makan Enak Di Lombok

Akhirnya selang sebulan sejak kepergian saya ke Gili Trawangan, saya pun kembali ke provinsi NTB ini tepatnya ke pulau yang jadi impian saya, yaitu Lombok ! Yeah ! Temen temen kantor yang tau saya mau pergi ke Lombok pun banyak yang heran dan sering melemparkan pertanyaan “Ngapain kesana ? Emang ada apa ? Desa loh itu ga ada apa apanyaaa” Dan pertanyaan serupa lainnya. Hmm...saya sih ga percaya ya kalo suatu tempat itu “ga ada apa apanya” cuma kitanya aja yang belum nemuin. Lagian indikator kebahagiaan saya ketika traveling itu bukan tentang tujuannya yang pantai pantai kece atau bangunan hits atau cafe hits dan lain lainnya. Tapi saya menikmati semua sudut kotanya sambil melihat kebiasaan baru di kota yang baru saya datangi #SokWise #KemudianDitimpuk. Seperti contohnya di Mataram helm itu bukan hal yang wajib sepertinya CMIIW, karena saya cukup sering menemukan orang naik motor tanpa helm di kepalanya. Dan itu di jalanan yang cukup protokol yah, di area Cakranegara dekat penginepan saya Hotel Palapa, 200 meter dari Mataram Mall. Kemudian 2 teman saya yang naik motor ga pake helm dalam perjalanan Praya ke Mataram which is itu jauhnya naujubilahminjalik. Hebat ! Dan masih banyak lagi hal hal baru yang saya pelajari selama di Mataram. So, kebahagiaan apa yang akan Ami temukan di Mataram ? Tunggu saja huaahahaha.

Flight saya menuju Lombok dijadwalkan jam 4 sore, saya pun ijin pulang kantor jam 2 siang. Lama penerbangan Bali – Lombok cuma 30 menit saja saudara saudara. Hal itu lah yang meyakinkan saya untuk bisa sunsetan di Senggigi begitu landing di Lombok Praya. Sayangnya, pesawat saya delay 2 jam, jadinya angan angan buat bisa sunsetan di Senggigi lenyap sudah. Dasar singa, delay mulu. Eh tapi mursida ini, alias murah. Gapapa deh delay yang penting mureeeee ! Nasib traveler kere.

Intermezzo : Bandara Internasional Lombok (BIL) terletak di Lombok Tengah, tepatnya di daerah Praya. Jaraknya kurang lebih 1 jam perjalanan kalo dari Mataram. Yeah, bukan rahasia lagi yah kalo area Lombok Tengah dan Selatan ini rawan begal (konon begitu ceritanya, dan udah 5 temen saya yang orang Lombok pun berkata demikian, so correct me if I wrong ya). Actually, teman saya ini jiper sama perjalanan dari Mataram ke Praya makanya dia bayar temennya buat ngawal doi. Ahelah lucu banget hahaha ! Tapi emang yah, saya ngerasain sendiri betapa tegangnya perjalanan menuju Mataram. Jalanan super gelap tanpa ada satu pun penerangan udah kaya tempat jin buang anak, serem deh pokoknya dan hanya motor kami yang melintas. Sampai kadang kadang kalo liat ada cahaya motor lain lewat spion langsung parno kalo itu begal.

Baiklaaaaah, terlepas dari begal dan kawan kawannya. Saya menemukan kebahagiaan disini. Apa itu ? Kebahagiaan saya adalah makanaaaaan !!!! Siapa sih yang ga bahagia soal makanan, ga adaaa, ya kan ya kaaaan ? #CariTemen. So, makanan apa aja yang bisa membuat Ami bahagia ? Cek this out !

1. Rumah Makan Taliwang Irama 
Jalan Ade Irma Suryani No.10, Karang Taliwang, Cakranegara,
Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Phone : 0370 623163

Siapa yang ga kenal dengan Ayam Taliwang, makanan khas dari Lombok yang terkenal dengan rasa pedesnya. Saya pun ikut penasaran, walaupun saya bukan penggemar cabe cabean (baca: makanan pedas) tapi saya merasa tertantang untuk mencicipi kuliner khas Lombok ini . Ayam Taliwang menggunakan ayam yang masih berumur 4-5 bulan, jadi jangan heran kalo ukurannya kecil dan satu ekor cuma cukup buat dimakan sendiri. Buanyaaaak banget restoran yang menyajikan Ayam Taliwang, salah satunya dan pilihan saya adalah RM Taliwang Irama yang cukup famous. Dan yang lebih menyenangkan lagi, rumah makan ini buka sampe jam 11 malem. Menu yang ditawarkan macem macem, jadinya eike bingung mau pesen yang mana. Akhirnya terpilihlah menu paket untuk berdua yang isinya Ayam Taliwang (wajib !), Ikan Bakar Taliwang, Plecing Kangkung, Tahu Goreng, dan Sayur Lebui. Untuk minumnya dapet Es Jeruk Madu Kristal. Semua itu ditebus dengan harga IDR 150.000 saja kakak. Lumayan hemat jika dibandingkan pesen ala carte.

Menu paket untuk berdua IDR 150.000

Bon appetite !
Baiklah, mari kita bahas satu persatu. Untuk Ayam Taliwang dan Ikan Bakar Taliwangnya emm, setelah saya rasain so so yah rasanya. Kurang menggetarkan lidah saya, kurang bisa bikin saya keenakan. Biasa aja kaya ayam bakar bumbu pedas, berhubung saya bukan fans berat ayam bakar jadi yaa biasa aja. Mungkin kalo kalian basicnya suka sama ayam bakar bisa beda cerita, beda lidah beda cerita hehe. Tapi, bumbu cocolannya harus saya akui enak banget, dan favorit saya adalah makan tahu lomboknya sambil dicocol saus taliwang itu. Juara !

Plecing kangkungnya sumpah itu pedesnya ga kira kira, saya cuma nyomot dikit aja langsung keringetan ! Buat yang ga suka pedes macam saya ini bakal tersiksa rasanya ngabisin satu piring plecing kangkung. Sedangkan si Bob dooong, gadoin itu plecing kangkung dengan wajah nan nyantai. Emang yah, orang Lombok kayanya harus banget bisa makan pedes. Ga cocok eike jadi orang Lombok kayanya.

Tahu lomboknya juga endes banget rasanya, ga tau kenapa yah. Rasanya beda aja gitu, padahal sederhana cuma digoreng biasa. Tekstur tahunya itu loh yang bikin beda, keras tapi lembut. Beda loh sama tahu kediri. Asik deh pokoknya tahu lombok ini, apalagi kaya yang saya bilang dari awal tambah enak kalo dicocol saus taliwangnya. Emmm, bikin khilaaaf maak ! #buangtimbangan

The holy sayur lebui
Sekarang, mari kita bahas si sayur lebui ini. Lebui itu semacam kacang hitam, dan dimasak dengan cara dikuahin gitu deh. Ga tau saya hahaha taunya cuma makan aja. Rasanya unik banget, ada pedes, ada gurihnya. Gurih bangeeet, kaya makan kuah tinta cumi gitu. Enak deh pokoknya, apalagi dimakan pake nasi. Ya Allah, enak #terharu.

Es jeruk madu kristal
Ini juga ga kalah fantastisnya, Es Jeruk Madu Kristal. Awalnya saya heran apa itu madu kristal. Dan setelah dijelaskan akhirnya saya tau kalo madu kristal itu adalah madu putih khas Sumbawa. Warnanya putih kaya susu. Jadi yang kalian liat di dasar gelas saya itu adalah madu. Baru tau kalo ada madu yang warnanya putih #katro. Dan rasa es jeruk ini emang enak banget sih bloggie, kerasa banget jeruknya dan seger abiiis. Terlepas ada madunya ato ngga, saya kurang tau sih yah, yang jelas emang es jeruknya RM Taliwang Irama ini endes.

2. Sate Rembiga 2 Ibu Sinaseh 
Jln. Dr. Sutomo Lap. AU Rembiga (posisinya di depan pasar Rembiga) 

Sate Rembiga Ibu Sinaseh yang posisinya di depan pasar Rembiga
Tadinya saya mau nyobain sate rembiga di Jl. Dakota 2 yang terkenal di kalangan pecinta makanan, dan katanyaaa itu sate rembiga yang asli. Tapi sayangnya, sate rembiga di Jl. Dakota belum buka kalo siang begini. Yaudahlah, kami cari sate rembiga lain yang ga kalah enaknya. Dari hasil browsing sih Ibu Sinaseh ini juga cukup famous dan banyak yang bilang enak juga. Lagian apa sih bedanya antara asli atau palsu. Paling ini masalah tempat, hits atau ga hits aja, ya ga ? #menghiburdiri

Sate rembiga lengkap dengan lontong kerucutnya
Warungnya, abaikan sisa piring piring pengunjung diujung sana
Satu porsi dibanderol dengan harga 20.000 saja kakak, udah plus lontong 3 biji atau kalo ga doyan lontong bisa minta nasi. Lontongnya lucu deh dibungkus kerucut gitu hahaha. Dan rasanyaaaaa ? Bombastis, fantastis, enak banget emaaaaak !! Ya Allah, citarasa sate rembiga ini baru pertama kali saya rasain. Bumbunya kaya banget, meledak di mulut. Dan saya bertaruh ga ada sate dengan cita rasa begini selain sate rembiga. Ya ampun ini enaaaak banget !! Wajib hukumnya kalo ke Lombok nyobain sate rembiga. HARUS ! Peduli setan lah banyak yang bilang ga ori ato gimana, yang jelas sate rembiga enak saudara saudara ! #UmuminPakeTOA #SemuaOrangHarusTau!

3. Sayur Kelor dan Beberuk Terong
Homemade, cuy !!

Sayur Kelor dan Orek Tempe (dan ikan goreng dibalik tumpukan)
Beberuk Terong
Hahahahaaa maapkeeun kalo fotonya ga beres. Ini masakan khas Sasak yang dimasakin sama ibunya Bob. Jadinya ga sempet saya tata sedemikian rupa biar bisa enak difoto jadi maapkeun kalo ala kadarnya begini hihihi. By the way baik bangeeuut yah orang lokal sama pendatang. Terharu saya. Jadi inget perjalanan saya ke Timor 2 tahun yang lalu yang disambut keluarga temen juga, dan perjalanan ke Toraja yang disambut sama hostfam saya. Indahnya traveling kalo dikasi gratisan giniii .Back to topic ! Ini namanya sayur kelor, ini makanan khas orang Sasak, dimasaknya kaya sayur bening. Rasanya enak bangeeeet ! (gila ya ini postingan isinya kebanyakan kata “enak banget”) rasanya beda sama sayur bening bayam yang suka dimasakin kalo di rumah. Dan tempe orek yang dimasakin ibu Bob ini rasanya juga cetar menggetarkan lidah saya. Enaaak !

Kemudian berlanjut ketika saya disuruh makan beberuk terong. Sebelumnya, beberuk terong ini isinya adalah potongan terong bulat mentah, potongan bawang merah, cabe dan teman temannya. Entahlah hahaha. Saya pun nyobain dikit aja karena saya ga gitu doyan terong mentah, dan tebak apaaaaaa !!! Saya akhirnya menghabiskan satu plastik beberuk terong itu pake nasi. Astaga, ini makanan sumpah ya enak banget !! Bukan, ini bukan karena gratis makanya jadi enak #ditoyor. Tapi emang beneran enak, saya makan aja sambil terharu. Walaupun masakan sederhana tapi maknanya dalem banget. Ngebayangin ibu Bob masakin mendadak karena tau temen anaknya dari luar kota dateng ke Lombok. Inaq, makasih nggih #kecup (inaq : ibu dalam bahasa Lombok)

4. Sate Rembiga Ibu Sinaseh 2 (again)
Jln. Dr. Wahidin, Rembiga, Kec. Selaparang. Mataram
Phone : 081917991747

Hari terakhir sebelum saya balik ke Bali, saya minta makan di sate rembiga lagi, semoga Bob ga muak yah hahaha ! Tapi sayangnya, sate rembiga yang pertama kali kami makan belum buka. Ga mau liat saya kecewa gagal makan sate rembiga, si Bob cariin rumah makan sate rembiga Ibu Sinaseh di tempat yang satu lagi. Dan Alhamdulillah buka, dan tempatnya lebih gede. Dan menunya ada bebalung jugaaaaa ! Yuhuuu, akhirnya saya nyobain bebalung juga.

Sate rembiga plus bebalung plus nasi. Nikmat mana yang au dustakan.
Bebalung

Sate rembiga (asli langsung laper pas posting ini)
Wajah sumringah nemu sate rembiga
Bebalung berasal dari kata balung yang artinya tulang. Itu berati bebalung berbahan dasar tulang tulang #MenurutNgana yang masih ada dagingnya nempel dikit dikit lah, jadi masih ada yang bisa dimakan. Dan dimasak pakai kuah gitu. Awalnya nyobain saya pikir bakal terasa after taste amis daging yang biasa kita temuin kalo makan daging dikuahin. Tapi ternyataaaaaaaaa, sama sekali ga amis dong dong dong !! Rasanya kaya banget rempah rempahnya. Kuahnya dituang ke nasi dan dimakan pakai sate rembiga, ya ampuuuun menggetarkaaaan lidah saya. Sumpah enak ! Enaaak ! Dan sedihnya lagi, kalo mau makan kaya gini mesti jauh jauh ke Lombok hiks.

Ternyata memang bener kalo makanan Lombok itu enak enak, tapi ada satu yang belom saya rasain yaitu sate bulayak. Tenang, masih ada chapter kedua saya ke Lombok kok. Hahahahaahaaa. Beneran deh ketagihan banget dateng ke Lombok. Biar kata orang kota Mataram itu menyedihkan, dusun, katro, ga asik, tapi buat saya kotanya ngangenin banget loh. Brb cari suami orang Lombok hahaha. Eh tapi beneran kayanya seru bersuamikan orang Lombok, adatnya itu loh unik banget. Waktu itu saya diceritain tradisi “nyongkolan” sama si Bob. Itu tradisi kalo ada pernikahan adat Sasak. (suara hati jomblo, abaikan please). Serius saking jatuh cintanya sama Lombok saya punya rencana pengen pindah kerja Mataram. Di Mataram ada konsultan interior ga sihhh ? #seriusnanya. Kalo ada bisa kali kontak eike bahahahaaaaaa.

Well bloggie, tunggu kedatangan saya ke Lombok untuk yang kedua, ketiga, keempat dan ke sekian sekian kalinya lagi yah. Cup. 

Foto dibuang sayang : 

Atribut anti kepanasan di Lombok
Tipikal jalan di Mataram
Banyak jalan jalan baru seperti ini, tampaknya Lombok memang sedang berbenah.
Salah satu jalan protokol di Mataram, daerah Cakranegara

No comments:

Post a Comment