26/02/2013

September Runaway (Edisi Cari Kos) #Part 3

12.00 WITA
Kami cabut dari pantai sanur, balik ke hotel di Ubung. Kali ini kami ngikutin "Jalur Luar" yang dulu sempet pernah saya saranin haha. Eh ternyata, Ubung - Sanur itu ga jauh banget ya bloggie, cuma jauh aja. Begitu nyampe hotel, kami langsung mandi *fyi, waktu nyari kosan tadi pagi, kami ga mandi lho HAHA ! Abis mandi, langsung packing barang. Ga lupa foto dulu sebelum cabut dari hotel

Sampai jumpa minggu depan Denpasar !
13.00 WITA
Rencananya abis check out dari hotel adalah balikin motor sekalian makan siang di RM Padang Mas Rony. Abis makan siang langsung nyebrang ke terminal Ubung (RM Padang ini pas banget di seberangnya terminal Ubung) dan nyari bis tujuan Banyuwangi. Dari Banyuwangi kita naik KA Sri Tanjung ke Solo. Hidup Sri Tanjuuung !! Hidup PT. KAI !! Sebelum ke terminal Ubung, kami sempet belanja makanan dulu di Alfamart sebelah RM Padang. Kaya air putih sama cemilan gitu, trus kita masukin ke tas gembol, biar ga riweuh nenteng nenteng tas plastik. Trus waktu di luar Alfamart sempet ditanyain ibu ibu "Mau kemana mba ? Kayanya tasnya berat banget yah, tapi kalian kece banget" *sedikit hiperbola di beberapa bagian.
Kami pun langsung nyebrang ke Terminal Ubung, disitu banyak banget om om sok ramah (apa emang ramah bener) nanya nanya "Mau kemana ? Mari saya antar". Kami nolak aja dengan halus, tapi ada satu orang yang nekat banget sampe narik Farida kalo ga salah. Trus Farida rada teriak 'Ga mauu !" abis itu si mas masnya langsung speechless. Gila, jangan main main sama duo keceeehh ! *___*
Terminal Ubung, kau memang kejam bagi wanita wanita anggun seperti kami *uhuk. Kami celingak celinguk nyari bis tujuan Banyuwangi. Tapi rata rata yang ada disana tujuannya Jember. Ahh sebodo amat lah mau jurusan apa, yang penting kami bisa nyampe Ketapang haha :D Kami nyari nyari bis yang sekiranya enak buat dinaikin, yang ber AC, kursinya empuk, soalnya kami pengen tidur. Capek qaqa. Setelah keliling keliling terminal Ubung, akhirnya kami nemuin bis idaman hati, jurusan Jember sih sebenernya. Tapi kami bilang dulu sama om bisnya kalo kami mau turun aja di Ketapang. Kalo ga salah dapet kortingan harga gitu kok, bloggie. Murah pokoknya, kalo ga salah (lagi) tiketnya cuma 15 ribu deh, CMIIW. Maaf kalo urusan harga saya agak lupa lupa dikit. Ahh, aku siapa ? Ini apa ? Aku sedang mengetik apa ? Ahh....

15.00 WITA
Sistemnya sama kaya angkot di Terminal Mengwi, nunggu bisnya penuh dulu baru jalan . Tapi kali ini penuhnya lebih manusiawi lah, kan udah jelas seat seatnya. Ga kaya di angkot Terminal Mengwi, kejam -___-. Sambil nunggu penuh, AC bisnya dinyalain, aiiihhh syahdu syekali, saya jadi ngantuk bloggie. Sambil nunggu bisnya jalan, Farida minta difotoin di dalem bis -_-. Btw, liat tuh di foto, seatnya ga penuh penuh ya bloggie hahaha, bahkan kami berdua aja bisa merdeka duduk dimana aja

Ternyata setelah ditunggu bisnya ga penuh penuh, akhirnya jam 3 sore. Bis kami pun melaju menuju pulau Jawa. Udah berasa bis dibooking buat orang orang penting aja. Bis ini ga penuh sama sekali, malahan kami bisa main futsal disitu, bisa panjat tebing,bisa main tenis meja, asik lah pokoknya. Selama perjalanan, si om bis masang video konser OM Palapa dengan penyanyi Evie Tamala dan Rita Sugiarto. Woohhoo ! Lumayan nemenin tidur selama perjalanan. Sumpah bloggie, di dalem bis ini syahdu banget. Dingin ber AC, kusinya empuk, dipasangin lagu dangdut melayu. Kurang apa lagi coba ? Kurang cowo ganteng ? Iya juga sihh...
Oh ya bloggie, lirik lirik lagu dangdut melayu itu kadang lucu banget, sampe bikin kami ketawa cekakan. Semacem hiburan di dalem bis gitu lah. Ada satu lagi, yang sampe saat ini masih kami inget. Judulya "Kereta Malam" by Evie Tamala. Liriknya sangat nikmat untuk didengar "juk ijak ijuk ijak ijjyuuuukk kereta berangkat, juk ijak ijuk ijak ijyuuuuk hatiku gembira"


Saya ketiduran beberapa jam bloggie, pas kebangun kira kira udah jam setengah 5 an, waktu liat keluar jendela, pemandangannya mantap banget bloggie ! Hamparan pantai, sawah sawah kecil punya penduduk, pohon kelapa, rumah rumah penduduk dengan pura pura kecilnya :) Saya mendadak ga ngantuk lagi bloggie, pemandangannya asli bagus banget . Sebenernya waktu itu, dalam hati saya ngebatin "Ga nyangka yah, saya bisa juga nyampe disini, tempat yang dari dulu diidam idamkan. besok seminggu lagi balik lagi kesini buat hidup 3 bulan"

18.30 WITA
Bis kami pun udah sampe di Gilimanuk, itu artinya sebentar lagi saya akan ninggalin pulau idaman ini :') Ternyata rasa lapar di perut, mengalahkan rasa sedih hati, stomach speaks louder than heart -___- Kami beli nasi bungkus ala pelabuhan 5000 sebungkus. Gila rasanya enaaaaak banget, nasinya banyak pula. Haha, saat itu orientasi saya cuma kenyang bloggie. Kalo mau rewel masalah lauk, ga sempet lah, terlepas dari itu emang lauknya bisa masuk kok ke perut saya, rasanya enak. Saya terima terima aja. Nasi bungkus pelabuhan 5000an, kalian luaaaarrr biaaasssa !! Setelah perut kenyang, hati senang, kami pun siap menyeberang. Tssaah~

19.00 WITA
Kapal feri yang ini sedikit berbeda sama yang awal waktu kami berangkat. Kapal feri kali ini lebih tertutup gitu bloggie, kabin buat penumpangnya bener bener tertutup, ga bisa liat laut kaya di kapal feri sebelumnya. Kami duo cewe keceh yang menyukai tantangan, naik aja ke paling atas. Soalnya dari sini pemandangannya lebih mantap bloggie, lampu lampu pelabuhan, bintang bintang di langit. Aiihh syahdu... Tapi ada satu yang kami sesalkan "Kenapa saya harus menghabiskan masa syahdu ini dengan Farida, pangeran berkuda putih dimana kau ?" K-E-N-A-P-A ? -___- .Begitu juga sebaliknya, Farida juga ngebatin pertanyaan yang sama tentang saya. HAHA !

Syahdu kan ? Eh ngga ? Yaudah deh , ini ga syahdu kok *masukjurang
Begitu kapal menjauh dari pelabuhan, pulau Bali dengan kelap kelip lampunya pun jadi tampak mengecil juga "Hey, setengah jam yang lalu aku masih disana, dadah Bali" :")
Di tengah tengah perjalanan, angin lumayan kenceng bloggie. Kenceng banget sih sebenernya. Rambut saya udah berkibar kesana kemari, fatalnya saya lupa bawa karet rambut. Alhasil, slayer pun saya jadiin iket rambut, udah ala ala Rambo gitu deh. Saking kencengnya angin, guncangan di kapal pun lumayan dahsyat bloggie. Yang tadinya kami berdiri liat lautan, langsung duduk, menatap langit dan berkata "Kita ga akan mati disini kan ?" 
Trus ga lama saya mulai sendawa sendawa gitu bloggie, yup alhasil masuk angin deh ini -__-. Mati sih engga yah, cuma masuk angin aja kok.

19.15 WIB
Waw ih waw, cuma 15 menit aja penyeberangannya ?? Ngga lah, liat dong zona waktunyaaa, WIB meeeennn~
Sampailah kami di Bayuwangi dengan selamat sentosa, dengan membawa sedikit sisa angin di laut tadi. Di Banyuwangi ini, kami ga tidur di penginapan bloggie, kami numpang tidur di rumah temennya Farida HAHA, makasih makasih udah mau nampung kami fakir miskin di tanah orang. Namanya Tata, bloggie. Makasih Tata :). Malem itu kami tidur dulu semalem di Banyuwangi, besoknya baru cabut pake kereta ke Solo jam 06.00 pagi. By the way, Tata ini orangnya baiiik banget, selain itu anaknya juga asik. Rame gitu lah anaknya, saya emang suka yang rame rame *uhuk.

1 September 2012


05.00 WIB
Kami udah bangun dari tidur nyenyak bloggie, fyi kami ga lupa nenggak 1 "obat tidur" andalan duo keceh sebelum tidur malemnya itu. Yah maksudnya baik kok bloggie, biar langsung tidur ga bangun bangun gitu, istirahatnya total meen. Balik lagi, kejadian bangun tidur di Denpasar dalam keadaan kedinginan, terulang lagi kali ini bloggie. Ahseeem, Banyuwangi dingin banget di pagi hari. Ini setingkat lebih dingin daripada waktu di Denpasar. Ga boong bloggie, gigi saya aja sampe gemerutuk. *ahh Ami lebay deh. Ngga, ciyuusss ! Abis drama kedinginan di pagi hari, saya memberanikan diri untuk mandi. Yeah, mau ga mau emang harus mandi bloggie, soalnya nanti di kereta pasti saya bakalan menjijikkan banget, mandi aja menjijikkan, apalagi ga mandi HAHA !

05.30 WIB
Kami dianter ke stasiun sama Tata dan ayahnya (makasih om). Tapi bukan ke stasiun Banyuwangi Baru, ke stasiun mana gitu, saya lupa bloggie. Maaf :( . Cluenya gini deh, kalo Banyuwangi Baru kan di daerah Ketapang, nah stasiun kami kali ini tuh di kotanya bloggie, di Banyuwangi nya. Nah apa dong itu ? Emmm.... apa yah, lupa deh *skip

06.00 WIB
Kami nungguin kereta di stasiun-apalah-namanya-itu. Pemandangan di stasiun ini bagus banget bloggie, Hamparan bukit bukit di depan mata, diterpa sinar matahari pagi. Bagus banget lah. Ga kaya muka saya yang ga bagus sama sekali pagi itu, masih ketekuk disana sini, muka bantal gitu lah -__-. Ga lama kereta yang ditunggu dateng juga, neng Sri Tanjung aku menunggumuuuu :*
Doa sebelum masuk kereta masih sama bloggie, selain minta keselamatan dan kelancaran, doanya adalah semoga ada cowo keceh satu cubicle tempat duduk sama saya, minimal satu gerbong lah, dan semoga ga banyak anak kecil kaya perjalanan sebelumnya. Bukannya ga suka anak kecil ya bloggie, masalahnya itu ketika jam 1an di kereta, saat panas panasnya dunia, pasti anak kecil banyak yang nangislah, teriak teriak lah, ngupil lah, apa lah. Bener bener bikin bad mood. Kacamata item, slayer, dan headset adalah pertolongan pertama keadaan begitu. *skip
Saat masuk kereta, saya komat kamit doa ga henti henti. Sampailah kami di bangku yang akan membawa saya 7 jam kedepan, oh iyah kenapa 7 jam ? Karena saya turunnya di Surabaya bloggie, dadah Faridaaaa. Jam 1 saya udah turun, selamat menikmati panasnya dunia di dalam kereta ekonomi haha ! Balik lagi, ternyata pasangan duduk kami adalah pasangan suami istri yang udah berumur gitu *nangisdarah. Saya coba nenangin diri dulu, barangkali di cubicle sebelah ada cowo kecenya, lumayan kan noleh boleh dikit gitu ntar kalo suntuk haha. Tapi ternyata, ga ada juga bloggie. GA ADA.... Apakah stok cowo kece udah abis di dunia ini ? Kalo kata suara hati saya sih, cowo kece itu di pesawat banyak, di kereta ekonomi gini pasti jarang jarang. Bener ga sih ? Suara hati...kamu jangan boong sama aku yah -___-

07.00 WIB
Perut mulai keroncongan, mata mulai jelalatan cari tukang nasi yang suka mondar mandir di kereta. Ga lama ada suara "Nasi pecel...nasi pecel....nasi pecel" Ahh, suara ituu, suara dari surga.. Langsung deh kami cegat. Sebungkusnya 3000 perak bloggie, wow ini lebih murah daripada di kereta waktu berangkat. Begitu saya buka bungkusnya, ada seonggok nasi putih, seonggok daun daun ijo, bumbu pecel diplastikin, tahu goreng seupil. Saya bolak balik itu daunnya, daun apakah gerangan ? Dari bentuknya saya ga pernah liat daun ini sebelumnya. Trus ga lama bapak di depan saya nyeletuk "Ooohh..pecel daun **** (maaf saya lupa namanya) yah ? Enak banget ini mbak. Belom pernah makan yah ? Enak kok" sambil ngacung ngacungin jempolnya. Mungkin bapak itu bisa nangkep air muka saya keheranan liat seonggok daun aneh itu. Makan aja deh. Bumbu pecel mulai saya campurin di daunnya, sayangnya perbandingan bumbu pecel dan daunnya itu kaya 1 : 10. Daunnya 10 sendok, bumbunya 1 sendok. Bumbunya ga bisa mengcover daun aneh itu. Saya sendokkin ke mulut, kunyah kunyah lucu gitu. Astagaaaah, rasa daun itu aneh banget sumpaaaahh >.< Saya noleh ke Farida, doi lempeng lempeng aja makannya, emm saya harus bisa selempeng itu. HARUS ! Sendok ke dua masuk ke mulut saya, rasa daun itu masih aneh di mulut saya, bener bener kaya makan daun. Ya taulah maksudnya, daun dalam definisi sesungguhnya, bukan daun sayur gitu semacem bayem ato kangkung. Akhirnya saya cuma makan nasi dan tahunya aja. Tahunya itu cuma seupil,nasinya sebogem -__-. Begitu tahunya habis, saya bingung mau makan apa lagi. Saya liat ke arah bapak bapak tadi, dia senyum senyum gitu kaya bilang "Enak kaaan". Enak gundulmu -_____- *eh. Akhirnya saya menyerah, bungkus nasi itu saya tutup lagi, saya karetin lagi, tapi pelaaaaan banget, biar bapak itu ga tau. Trus saya masukkin plastik sampah yang kami bawa di tas. Woohhoo, sarapan selesai !! Cari nasi bungkus yang lain ahh...
Ternyata Farida juga ngerasain hal yang sama, nasinya juga ga habis. Akhirnya, saya punya temen juga. Fiuuhh. Nasi bungkus mana nasi bungkus mana... *celingak celinguk

13.00 WIB
Kereta kami sampai di Stasiun Gubeng Surabaya, saatnya saya turun bloggie :)
Hey, saya udah ga di Bali lagi hahaha ! Babay Farida, babay neng Sri Tanjung !!
Fyi, Farida nyampe Solo jam 7 malem kalo ga salah bloggie...

Akhir kata, saya pengen ucapin makasih buat semua pihak yang udah ngebantuin perjalanan kami duo keceh selama nyari kos di Denpasar. Intinya sih, ternyata di luar sana masih banyak orang baik kok yang mau nolongin kalo kita butuh. Oh iya, ga lupa makasih juga buat OM Palapa yang udah nyediain musik selama perjalanan kami dari Denpasar ke Gilimanuk, kalian LUAARR BIASSA !.
Cerita saya ini ga cuma sekedar pengen cerita aja sih bloggie, saya harap cerita ini bisa jadi inspirasi dan referensi buat bloggie yang mau nyari kosan, pergi ke Bali pake cara ngeteng, atau naik kereta ekonomi. Haha, saya rasa sih, sedikit banyak cerita September Runaway dari part 1 - part 3 nyakup semua itu. Anyway, thanks bloggie udah mau setia baca kisah kami duo keceh *kecupbasah

No comments:

Post a Comment