24/02/2013

September Runaway (Edisi Cari Kos) #Part 1

Hi bloggie :) Seperti yang udah dijanjiin sebelumnya, kisah saya sama Farida nyari kos bakalan diceritain terpisah . Sebenernya petualangan mencari kos ini lanjutan dari September Runaway sebelumnya yang ga diselesaiin gara gara sang author terlalu sibuk. Tsaaaaaahhhh~
Anyway, disini saya selesaiin langsung yah ceritanya, cuma ada 2 part kok, janji saya selesaiin. Dan bakal saya ceritain dari awal aja yah biar ga nungging, eh nanggung. Ok sip :)

Duo pencari kitab suci, eh kosan

29 Agustus 2012

Saya dan Farida memulai perjalanan berangkat ke Bali buat nyari kos, berhubung tanggal 10 September 2012 kami sudah mulai masuk kantor. Kami memutuskan buat naik kereta aja. Maka terpilihlah KA Sri Tanjung jurusan Yogyakarta - Banyuwangi sebagai transportasi andalan kami *salimmasinis. Harga tiketnya hanya 35.000 rupiah saja bloggie. Wow bloggie woow ! muraaahh kan. Fyi ini juga jadi pengalaman pertama saya naik KA kelas ekonomi, dan ternyata naik kereta ekonomi itu ga seseram yang dibayangkan kok. Oh iya, Farida dan saya berangkat dari stasiun yang berbeda, soalnya kami ambil stasiun yang terdekat dari rumah kami masing masing. Farida dari stasiun Purwosari dan saya dari stasiun Jebres. Kereta berangkat jam 09.00 pagi dari Solo, jadi saya udah nungguin di stasiun sekitar jam 9 kurang seperempat. Sambil nunggu kereta saya keliling keliling stasiun sambil sesekali ngobrol sama orang yang ada disitu. Rata rata pada nanyain “mau kemana ?” “orang mana ?” “naik kereta apa” yaaah pertanyaan pertanyaan klise basa basi gitu lah HAHA ! Sebenernya dalam hati, saya berdoa bisa satu gerbong, bahkan satu tempat duduk sama cowo kece *uhuk. Ga lama akhirnya kereta yang ditunggu dateng, si Farida udah ada di dalem, soalnya keretanya berhenti duluan di stasiun Purwosari. Ahh makin deg degan liatt keretanya, siapakah ohh siapa gerangan lelaki tampan yang menemani perjalanan kami selama 12 jam sampai di Banyuwangi *___* Begitu kereta berhenti, saya langsung naikin gerbong 4. Daaan ternyata di luar ekspektasi, ga ada cowo ganteng, ga ada lelaki tampan, ga ada pria keceh. GA ADA, cuma ada ibu ibu, bapak bapak, dan anak kecil. Wow banget kan -___- Dan yang duduk satu cubicle sama kami adalah 1 keluarga kecil dengan anaknya yang masih batita... Ya deeh, ayo buruan jalan pak masinis, biar cepet nyampenya *ngelap ingus.

Jam jam yang paling memilukan selama di kereta Ekonomi itu jam 1 – 3 siang. Kenapaaa ? karena itu panas panasnya dunia *buiiiiikkkk. Rambut udah ga berbentuk lagi, cepol sana cepol sini, poni udah berantakan. Yah, naik kereta ekonomi ga usah ngarep cantik deh. Selain ga ada yang digebet, naik kereta ekonomi itu super berdebu. Bayangin aja selama 12 jam kena angin kenceng banget dari luar, bikin rambut beterbangan kesana kemari. Fiuuuhh Begitu rada sorean, jam 4 gitu udah mulai enakan lah suasananya. Ga terlalu panas lagi, udah mulai bisa nikmatin pemandangan. Fyi, sepanjang perjalanan Farida banyakan tidurnya, sementara saya masih setia dengerin lagu pake headset sambil celingak celinguk ngeliatin orang orang di gerbong 4. Lucu aja sih kelakuan mereka itu :D

Jam setengah 6, kami udah sampai di Jember, keluarga kecil itu pun turun bloggie. Tiba tiba saya iseng aja ngelap muka pake tissue, dan hasilnyaaaaa tissue yang putih itu berubah warna jadi item setelah mampir muka saya -___-. Selain itu, saya iseng iseng buat ngemut bibir, hasilnya lebih mengejutkan lagi. Saya ngerasa kaya lagi ngemut pasir halus. Oh my God ..... Trus ga berhenti disitu, saya iseng ngeraba raba kulit kepala, hasilnyaaaa ngeres mamennn, banyak butir butir pasir halus. OK, saya ga iseng lagi abis itu. Kalo kata Farida, naik kereta ekonomi dengan rambut tergerai itu nanti hasilnya bakal kaya disasak. Ga percaya ? Coba aja deh bloggie :)

Sekitar jam 8 malem, rasanya udah mulai capek bloggie, udah mulai pegel pegel. Dalem hati bertanya tanya terus “kapan nyampe” “kapan nyampe” HAHAHA... Sekitar jam 8an gitu gerbong kereta udah mulai sepi bloggie, rata rata penumpang udah pada turun sebelum nyampe Banyuwangi, rada nyeremin sih kalo gerbongnya sepi banget gitu bloggie, takut ada yang jahat aja sih sama kami duo keceh, kalo hantu sihh, ya takut...tapi ga setakut sama preman jahat. Akhirnya waktu yang dinanti dateng juga. Sekitar jam 10 malem kami nyampe di Stasiun Banyuwangi Baru.Finally....

Sepinya kaya gini nih, jujur saya ga berani beranjak dari tempat duduk, makanya fotonya nyempil gini
Kami langsung turun kereta. Akhirnya setelah 12 jam ga napak tanah, kami napak tanah juga :’) . By the way, ada satu pemandangan yang bikin saya terkejut kejut, apakah itu ? Ternyata di gerbong lain bersarang cowo cowo keceh, mereka turun dari kereta juga barengan sama kami. Kenapa oh kenapa Tuhan saya ditaroh di gerbong 4 ??? WHY OH WHY.... #garukgaruktanah

Galau melanda kami, 2 cewe keceh di tanah orang. Galau antara mau langsung nyebrang ke Bali apa mau nginep dulu dan nyebrang besok paginya. Setelah galau yang cukup lama, kami memutuskan nginep dulu, biar subuhnya sekitar jam 3 ato jam 5 pagi kami nyebrang ke Bali. Kami tidur di kos orang yang mendadak jadi penginapan, semalemnya 50 ribu. Murah meriah qaqaqq... Sebelumnya kami pesen sama yang punya kos, kalo minta dibangunin jam 4 pagi, soalnya kami mau nyebrang jam segitu. Soalnya pengen hemat waktu, semakin cepet nyampe semakin cepet dapet kosan *yihaaaaaa

*By the way, banyak kejadian yang terjadi sejak kami nyampe stasiun Banyuwangi Baru, nanti diceritain di part terpisah aja yah bloggie. Bahhh terlalu banyak part wkwkwkwk !!*

30 Agustus 2012

04.00 WIB
Yang punya kos (K) : mbak...mbak... katanya mau nyari bis ke Bali jam segini ? *sambil gedor gedor pintu kamar*
Ami & Farida (AF) : iyaaaaaaa *ngelap iler*

06.00 WIB
K : mbak...mbak....mbaaaaakkkk *ketok ketok pintu*
AF : iyaa apa mbaak ? *ngelap ingus*
K : ohh, saya kirain udah berangkat, katanya mau jam 4 nyebrangnya mbak..
AF : iyaa, bentar lagi ya mbak... *lanjut tidur*

09.00 WIB
Ami : woyyy far, udah jam 9 ! ayo mandiiiiii 
Yeah, singkat kata, kami telat banget dari waktu yang ditargetin -__- maklum kan kami cewe cewe keceh yang kecapean. Sambil nunggu Farida mandi, saya beresin barang, packing lagi *ini yang bikin males*. Sebelum keluar kamar, rencananya kami mau sarapan dulu, sarapan mie. Farida kan bawa kompor gas kecil seupil ipil ipil yang biasanya doi bawa kalo naik gunung. Trus Farida nyalain deh tu kompor, sementara saya lagi dandan dandan lucu gitu di depan kaca.
Farida : mana mienya mii ?
Ami : mie apa ?
Farida : kamu ga bawa mie ?
Ami : ngga
Farida : -______-
Ami : eh aku ga bilang bawa mie kali
Dan akhirnya, pupus sudah harapan kami sarapan sebelum berangkat. Farida beresin kompor yang udah diset sedemikian rupa. Kebodohan pertama kami di hari itu *krik krik krik

10.00 WIB
Kami keluar kamar dengan muka iler yang belom ilang, disambut sama mba mba yang punya kos. Kata dia “naaaaahhh, kesiangan yah mba, malah tadi aku pikir mba udah berangkat jam 4 pagi wikikikiki”. Ami sama Farida bangun jam 4 ? Banyuwangi ujan deres kaliii -__-. Satu hal lagi, saya kaguuuum bener sama pemandangan di depan kosan itu, bukit ijo diterpa sinar matahari bloggie. Aiiihhh eloknyaaaa, kemaren malem ga keliatan apa apa sih waktu kami ke sana. Pokoknya pemandangan mancap itu bisa bikin mata saya melek sekitar 75% lumayan bikin saya sadar kalo hari itu jadwalnya cari kosan bukan buat tidur wkwk. Sebelum cabut dari kosan itu, kami nanya nanya bis apa yang bisa bawa kami sampe Denpasar ? Harus nyegat dimanakah ? Supirnya ada yang ganteng ga ? *eh yang terakhir itu ngga kok* . Mungkin karena muka kami terlalu kece untuk dilepas sendirian nyegat bis, si mba kos bersedia buat nganter kami nyegat bis. Oh my...mba kamu baik banget siihhh :”) kamu ga pengen apa apa dari aku kan ? ngga kan ? :”) Si Mba kos baik hati itu telfon suaminya minta tolong dicariin bis ke Denpasar buat kami berdua. Soalnya suaminya itu punya kenalan bis banyak banget, kali aja ada bis enak berAC yang bisa kami tumpangin. Akhirnya, kami dapet bis enak berAC buat ke Denpasar. Sebelumnya kami salim dulu ke si mba dan suaminya, ga lupa ngucapin terima kasih, dan janji bakal kontak mereka lagi kalo ke Banyuwangi :) Makasiiihhh.....

Ga nunggu lama kami langsung naik bis. dengan bawaan segembol gini, sedikit susah sih nempatin posisi duduk yang enak. Akhirnya tas gembol itu saya pangku, lumayan buat nyandar kepala, dan saya sedikit tertidur sambil nunggu bis antri masuk pelabuhan. Zzzz... *fyi di bangku sebelah saya ini nenek nenek* Sampailah kami di dalem kapal feri, kami semua disuruh turun dari bis. Ahh rasanya udah lama banget ga naik feri :) terkahir naik feri waktu nyebrang Merak-Bakauheni waktu mudik dari Padang ke Jawa. Hmm kangen :) Balik lagi, karena kami belom sarapan, kami makan di atas kapal, di kapal banyak yang jualan makanan. Seharga 5000 rupiah, kami bisa dapet sebungkus nasi. Ohh terima kasih masih ada yang mau jualan nasi semurah itu untuk kami fakir miskin di tanah orang :’) Selesai makan, kami jalan jalan keliling kapal trus liat laut. Waaaa segernya :)

Farida : akhirnya, dua anak ini nyampe juga di Bali...
Ami : kita jaraknya 1000 km lebih dari rumah :)
Tiba tibaaaa...terlihatlah sebuah pulau di ujung sana
Ami : waaaa itu Bali, farr !!!
Farida : akhirnyaaaaaa....
*akhirnya dua gadis cantik ini, menemukan dimana ayah dan ibunya setelah perjalanan panjang yang cukup melelahkan*

Kami, duo cewe keceh nan cacat, akhirnya sampai juga di Bali, pulau impian kami. Yihaaaaa.... Kapal berlabuh di pelabuhan Gilimanuk, ada pemerikasaan KTP yang mengharuskan penumpang bis untuk turun dulu. Bloggie, ingetkan sebelah ane nenek nenek ? Si nenek itu berkata “aku titipin KTP ku sama kamu yah, aku capek” -__-

16.00 WITA
Kami nyampe juga di terminal Mengwi, wah capek sih, tapi rasanya bahagia banget udah nginjek tanah Bali hahahahahaha *norak banget. Begitu turun dari bis, kami istirahat istirahat lucu dulu di terminal. Tapi om om supir angkot di Mengwi pada teriak teriak “ayo naik mbaaaa, mau ke Ubung kan.. ayo ayo ayooo !!” setengah maksa gitu sih, risih juga saya lama lama. Karena udah kesel dipaksa paksa naik padahal kami mau istirahat dulu, saya jawab “bentar sih pak, mau istirahat dulu” Yah sebodo amat lah pokoknya mau bapaknya marah kek, apa kek....Trus ga lama bapak rese itupun pergi, soalnya angkotnya udah penuh. Well, penuh disini artinya bener bener PENUH yah...P-E-N-U-H ... PENUH... *to be continued.

Setelah asik istirahat, kami pun naik ke angkot yang ada disitu. Random aja sih milih angkotnya, toh juga ke Ubung semua. Kami pun duduk di dalem angkot, cuma ada 4 orang di dalem termasuk kami. Mas mas ala anak pantai, kami berdua, dan ibu ibu dengan keranjang belanjaannya yang cukup membuat fenuh angkot. Ga lama, makin banyak penumpang. Angkot pun penuh sesak dalam waktu sekejap, panas pun mulai terasa, pengap meeeennn... Penumpang pun tetap dmasukin sama bapak bapak supir angkotnya, pak pehliiissss ini udah penuhh. Saya udah dipepet kanan kiri, bisa gepeng lama lama -___- Ternyata angkotnya baru mau jalan kalo angkotnya penuh. Penuuuuhhhhh, udah ga ada ruang lagi yang tersisa di dalem angkot, udah ga bisa gerak sedikitpun, bahkan rambut sehelai pun udah ga kebagian tempat lagi saking penuhnya.Itulah definisi penuh menurut para sopir angkot di Mengwi, definisi penuh sesungguhnyaaa...

17.00 WITA
Kami sampai di terminal Ubung, wuhuuuuuuuu. Begitu turun dari angkot, kami pun bingung mau kemana dan mau ngapain hahahaha :D Tapi kami ga pasang wajah bingung, lah tau sendiri, di tempat umum begini ntar ada oknum yang memanfaatkan kebingungan kami.
Orang asing : mau kemana ? mari saya antar...
AF : mau makan
Orang asing : mau makan dimana ??? mari saya antar
AF : tuh rumah makan padang *nunjuk rumah makan padang di depan mata*
Orang asing : ohhhh *ngeluyur pergi*
Ohhh pehliiissss, kami tau kalo kami kece banget, tapi makan aja ga usah dianter dong...ga disuapin sekalian om ? -____-

Di dalem rumah makan padang, mesen makanan, dan kami pun makan dengan lahapnya. Setelah makan, kami buka peta. Dan mulai buat rencana perjalanan selama di Denpasar, urutan pertama perjalanan kami sebenernya nyari kantor dulu, ntar kalo kantornya udah ketemu baru deh bisa memetakan nyari kosannya. OK sippp !!

Peta legendaris yang membantu kami selama di Bali (dari awal cari kos, sampe 3 bulan kedepan KP di Bali)

*to be continued*

No comments:

Post a Comment