07/06/2013

Sepeda Keliling Dunia

Kamis kemaren kan tanggal merah, dan otomatis libur bloggie. Jadinya saya dan Ave ngelanjutin ritual sepeda pagi yang kemaren kemaren sempet berhenti gara gara saya sakit, dasar penyakitan emang si Ami ini -__-. Rute kami kali ini lumayan jauh, makanya kami mulai jam 5 pagi, ntar biar saya yang nyamperin Ave ke rumahnya, soalnya rute kami ngarah ke rumahnya Ave. Malemnya sebelum sepedaan, saya tidur awal bloggie. Sebenernya bukan gara gara mau sepedaan paginya, tapi gara gara saya kecapean nangis trus ketiduran. Aiihh cengeng. Bodo ahh :p
Rencananya bangun jam setengah 5 sekalian subuhan trus mandi bebek baru deh cabut sepedaan jam 5. Tapi saya kesiangan, kebangunnya jam 5 kurang 10, begitu ngecek henpon ada 2 missed call dari Ave, sama 1 sms dari mantan eh Ave (mimpi aja lo, Mi). Langsung subuhan trus saya mandi bebek, ganti baju, pamit mumichtu, dan keluar rumah. Tapihh.... di luar masih gelap banget bloggie, masih kaya malem. Saya kan ngeri keluar pake sepeda gelap gelap begitu. Nunggu secercah cahaya dari langit dulu lah baru keluar rumah. Sambi nungguin, saya buka facebook dari handphone di ruang tamu. Trus liatin status temen temen, ada yang lumayan bikin saya ngakak ga karuan, dan saya yakin pasti mumichtu heran. Ni bocah kemaren malem abis nangis nangis eh paginya udah ngakak. Dasar anak stress -__-.
Jadi statusnya tu begini



Nah komen ini nih yang bikin saya ngakak sekenceng kencengnya. Lucu banget kan bloggie. Ya kan ? Ya kan ? Ohh, ngga lucu ? Ok, emang selera humor saya rendah. Lupakan...

Sekitar jam 5.15 udah rada terangan, udah ada secercah cahaya dari langit, jadi tu langit warnanya biru dongker kaya seragam SMP gitu deh, tapi lebih tua lagi. Kaya seragam SMP kena air, nah pas kaya gitu, cucook. Baru saya berani keluar rumah buat nyamperin Ave. Ngelewatin jalan raya masih berani soalnya masih banyak mobil mobil yang lewat. Begitu nyampe ke jalan yang lebih kecil lagi mulai ga enak ini perasaannya bloggie. Cewe kece, pake sepeda, gelap gelap pula. Karena takut, saya nggenjotnya to the max deh pokoknya bloggie, sekalian latian kalo ada penjahat yang nguber saya udah siap kabur pake sepeda. Sekitar 10 menit akhirnya nyampe juga di rumah Ave, si Ave udah nungguin di luar pager, langsung deh kami gowes berdua. Ga lama kami nemuin tanjakan bloggie. Perasaan selama ini kalo lewat ni jalan ga ada tanjakan, kenapa pas naik sepeda jadi ada tanjakan gini. Mungkin dari jaman majapahit udah ada kali ni tanjakan, tapi ga pernah ngeh gara gara selama ini cuman tinggal ngegas aja. Ahseemmm
"Dengkulku panas"
"Asseeemmm"
"Kita pasti bisa"
Yah kurang lebih itu kata kata yang keluar dari mulut kami pas nanjak

Ilustrasi
Begitu udah sampe puncak tanjakan, kami bahagiaaaa banget, pas di turunan rasanya ringan banget. Kaya beban beban hidup selama ini lepas. Haha, lebay -__-
Oh ya, kendala kalo sepedaan satu lagi adalah berhubung dia ga punya spion, kalo mau belok kanan susaaaah banget rasanya. Apalagi kalo jalanannya rame. Jadi kalo mau belok kanan, kami berhenti dulu di kiri jalan, kalo dah sepi baru deh nyebrang. Udah berasa orang nyebrang, malah mungkin lebih enak kalo nyebrang ga pake sepeda. Ahh sudahlah, latian kalo besok jadi supir becak.

Akhirnya kami sampe di daerah yang dituju. Sumpah rasanya segeeer banget bloggie. Tidur awal, bangun pagi, trus sepedaan subuh subuh. Rasanya enak banget. Seandainya hidup saya kaya gini terus. Terus kami liat ada anak cowo naik sepeda juga di depan kita, tapi gerakan kakinya pas gowes itu nyantai banget, dan kami sadar sesuatu "Itu dia yang naik sepeda terlalu santai, apa kita yang terlalu cepet ?" Akhirnya kami turunin kecepatan. Dan rasanya ''Waaaaah daritadi kek nggenjotnya kaya gini,, kan ga capek" Naik sepeda kok kaya ngejar maling.

Setelah gowes sana gowes sini, sampailah kami di Singapura. Yey ! Negara pertama yang kami datangi. Heran ? Heran kok kami di Singapura ? Baca dong judulnya "Sepeda Keliling Dunia"

Puas keliling Singapura, kami langsung cabut menuju Paris. Boong ? Ahh saya ga boong kok, ga percaya ? Ahh bodo ahh :p


Perjalanan menuju Paris, kami nglewatin perumahan dulu bloggie. Perumahan yang kaya di sinetron sinteron itu. Yang bapaknya kalo di rumah pake jas sama dasi, trus sarapan pake jus jeruk, anak cowo biasanya namanya Roy, pembantunya dipanggil "Bik", majikannya dipanggil "Non" yahh semacam itulah haha. Namanya juga mahasiswa lagi TA, omongan kami ga jauh jauh dari TA pas ngeliat rumah rumah itu.
"Bagus ni rumahnya, kalo di 3D pake Vray Light Material itu"
"Wah rumahnya kaya rumah Ashanti, atapnya mirip. Bikin 3D nya gimana itu ya"
Sepanjang perjalanan di perumahan itu kami nyanyi nyanyi lagu OST Meteor Garden judulnya Ni Yao De Ai sama Qing Fei De Yi. 2 lagu ini emang hits banget jadi OST Meteor Garden

"Wo ming bai, wo yao de ai"

" Zhi pa wo zi ji hui ai shang ni"

Ga tau kenapa, bukannya mau rasis ato gimana, cuman feeling kami yang punya rumah rumah ini pasti dari etnis tionghoa. Makanya kami nyanyiin lagu ini sambil naik sepeda. Tapi emang dasarnya ga apal liriknya, kami ngasal aja ngomongnya asal bunyinya masih tetep kedengeran sama. Kata kata "Zhi pa wo" jadi "Ce pa we" Astagaaaa, bisa diterjunin ke jurang ntar sama yang nulis ni lagu kalo denger kami nyanyinya begitu.
Akhirnya sampailah kami di Paris, sambutlah Menara Eiffel

Sutet ? Ohh bukan lho, ini bukan menara sutet bloggie. Ini Eiffel beneran. Selama ini foto foto menara Eiffel itu boong semua. Yang bener tuh ini. Bukan sutet lho yaa.. #disambit anak buaya. Nah puas keliling keliling Paris, kami mau balik lagi ke Indonesia. Bosen, ternyata Paris gitu gitu aja. Ga beda jauh sama Indonesia, masa iya ada menara sutet di sana. Destinasi kami selanjutnya adalah Bali. Yeahh Bali, bloggie.


Di Bali ini kami cuma lewat bentar aja, soalnya masih sepi banget. Takut aja kalo ada penjahat yang mau ngerampok kami. Yang disayangkan bukan nyawa kami sih, tapi sepedanya ini lho. Bahaya kan kalo diambil orang, mau pulang naik apa ? Padahal kami bawa duitnya cuma dikit, itupun duitnya basah basah lembab kena keringet di kantong celana. Tadinya abis dari Bali mau ke Hongkong dulu, cuman kami udah bosen di luar negeri pengen balik ke Solo aja. Begitu nyampe Solo lagi, kami keliling keliling, dan iseng pengen nyamperin rumah dosen yang kebetulan rumahnya di daerah situ, sebut saja Pak Mawar. Mahasiswa kurang baik apalagi coba ? Lagi nyantai sepedaan, malah nyamperin rumah dosennya. Dalam perjalanan ke rumah Pak Mawar, kami nemu toko sembako yang namanya "Kami Banget" deh pokoknya.

GEOOLL banget pokoknya daah. Geol sana geol sini. Ayo kita joged kucek kucek jemur jemur dulu untuk merayakan kegeolan ini, woohhoo. Ok lupakan. Dan sampailah kami di depan rumah Pak Mawar, ntah kesambet apaan kami mondar mandir di depan Pak Mawar itu 4 kali bloggie. Sambil ngomong
"Pak konsul pak.."
"Pak konsul pak.."
"Pak konsul pak.."
"Pak konsul pak.."
Setelah puas ngetroll di depan rumah Pak Mawar, kami memutuskan buat cari sarapan. Berhubung sudah pagi dan matahari sudah tampak memberikan sinarnya, tsaah. Di daerah ini banyak banget orang jualan sarapan, contohnya bubur ayam sama nasi liwet. Sepanjang jalan ada sekitar 10 penjual yang udah siap. Tapi karena kami berdua anti mainstream, kami ga beli di sepanjang jalan itu. Kami nyari agak jauhan dikit, rada belok dikit pokoknya. Akhirnya sampailah di warung nasi liwet pilihan kami.

Nahasnya, begitu nyampe di warung itu penjualnya ga ada bloggie. Dasar emang orang aneh, di jalan sebelumnya banyak pilihan orang jualan dan ada penjualnya ga dipilih, malah milih yang ga ada penjualnya. Akhirnya kami terpaksa nunggu sambil ngobrol ngobrol ga jelas. Ngobrol ala ala celotehan kampus lah. Ga lama si ibu penjual dateng juga. Langsung deh kami pesen nasi liwet. Harganya murah bloggie 5000 rupiah dapet nasi liwet plus telor. Mantap. Jadi keingetan nasi pelabuhan 5000. Ahh enaknya dengan goceng aja masih bisa makan jaman sekarang, di jaman yang makin sulit seperti ini. Sulitnya mendapatkan cintamu *uopooo iki.

Ada sekelumit kisah tentang nasi liwet ini. Begini ceritanya, nasi liwet pertama yang dateng itu punya saya. begitu nyampe di tangan saya, saya liatin ada sesuatu yang ga wajar di sela sela nasinya. Ternyata ohh ternyata, itu adalah sehelai rambut, kira kira panjangnya 30 - 40 cm, pokoknya panjang deh bloggie. Saya langsung liat liatan sama Ave, sambil ketawa ketawa pait gitu. Ahsemm ahsem, dikasih bonus rambut yang jual. Ga lama nasi liwetnya si Ave dateng. Tebak apa yang ada di nasi liwetnya Ave ? Yes, tepat, absolutely right, sehelai rambut yang sama kaya punya saya. Kali ini saya bisa ketawa lepas, hahaha ! Dan parahnya begitu si Ave narik rambut itu dari sela sela nasi liwet, suwiran ayam Ave ikutan jatuh juga gara gara rambut itu nyangkut di ayam Ave. Hahaha, double apes ya brooh. Puk puk...Sejak itu kami namain nasi liwet ini "Nasi Liwet Rambut" Buat bloggie, lain kali kalo pesen nasi liwet bilang "Jangan pake rambut ya buk, udah punya soalnya, banyak pula."
Kami pun makan dengan lahapnya, kecapean gara gara abis keliling dunia sih. Sempet terbesit di pikiran saya, seru kali ya sepedaan sambil sarapan sama "ehem ehem itu tuuh" disini, kenapa dulu dulu ga pernah terbesit yah kaya gini. Pagi pagi abis subuhan trus sepedaan berdua kan syahdu. Saya ngunyahnya jadi pelaan gitu sambil mikir, tapi tiba tiba alam bawah sadar saya bilang "Ngimpi lu bro..." Ya elah, ngayal dikit masa iya ga boleh -___- 

Selesai makan, kami nikmatin hidup ini. Udah lama soalnya ga nikmatin idup kaya gini. Jam segitu biasanya saya masih tidur, malah mungkin baru tidur. Eh sekarang malah udah sepedaan sambil sarapan nasi liwet. Well, cepet kok ini berakhirnya. Semoga saya bisa cepet nyelesaiin TA ini. Udah ga kuat bloggie. TA dan galau datengnya bareng, perpaduan yang ga pas. Sialnya si galau ini datengnya pas lagi masa masa sulit TA. Timing yang ga pas. 
Selesai makan, kami gowes lagi keliling keliling. Lagi lagi kami masuk ke perumahan "Meteor Garden" tadi. Sebelum mutusin buat keliling di perumahan itu , si Ave sempet mikir "Kalo kita dicurigain gimana ? Liat liatin rumah orang" Kalo dicurigain terus dikejar om satpam kabur aja broh. Sepedanya ditinggal, lebih cepetan lari daripada naik sepeda. Hahaha
Abis itu kami gowes ke arah pulang, kami pulang lewatin jalan yang beda buat ngindarin tanjakan maut tadi. Dilemanya naik sepeda itu adalah, kalo di traffic light. Kalo ikutan berhenti diklaksonin orang, kalo nerobos lampu merah kan namanya melanggar aturan, terus kami harus ngapain ? Haa ? Akhirnya kami tetep aja berhenti pas lampu merah. Udah gitu, kami berhentinya di barisan paling depan pula, like a boss deh berasanya. Rasanya tu kaya semua mata tertuju ke kami, ahh bodo ahh haha. Karena udah rada siangan, kendaraan udah banyak di jalan. Rasanya naik sepeda di jalan gede itu takut banget bloggie. Sumpah takut kesamber. Please, saya lagi TA ini. Jangan mati dulu. Seengganya kalo mati biarkan saya sarjana dulu, biar di nisannya ada gelarnya gitu, ihik. Waktu lagi perjalanan, tiba tiba kami disalip sama ibu ibu dengan sepeda tuanya, saya sama Ave cuma liat liatan, Ave bilang "Ibu ibu itu udah biasa, kalo kita kan kebiasaan ngegas aja" Ok deh...Dan apesnya, dari kejauhan kami lihat ada tanjakan maut itu lagi bloggie. Perhitungan yang salah, buktinya kami masih harus ngelewatin tanjakan maut itu. Yaudah dilewatin aja walaupun pahit, sepahit cintamu *uopoooo

"Kita aja bisa ngelewatin TA, kita harus bisa lewatin tanjakan itu"
"Kalo ga kuat, dituntun aja sepedanya"
"Lebih susah nanjak ke hatimu"
"Ritme genjotnya dijaga biar ga capek"
"Slow but sure kaya TA kita"

Kurang lebih itulah percakapan kami selama nanjak. Aturannya mah kalo nanjak gitu diem, biar hemat tenaga. Ini malah ngoceh ga jelas, Udah gitu ketawa ketawa pula, bikin makin lemes aja dengkulnya. Apalagi waktu liat ada spanduk tulisannya gini "Laris manis tanjung kumpul"

Ami : Loh Ve, bukannya "tanjung kimpul" ya ? Kok itu "tanjung kumpul" ?
Ave : Terserah dia lah, Mik. Mau tanjung kimpil,kimpul, apa kumpul. Tanjung kimpul tumpeh tumpeh
HAHAHAHAHA
*ga lucu ? emang

Kendala kedua yang kami hadapi adalah belok kanan, kaya berangkat tadi kami minggir dulu baru deh nyebrang. Berhubung jalanan udah rame, nyebrang kali ini 100 x maha dahsyat dibanding pas berangkat tadi. Intinya sih, kalo ga nekat kami ga bakal bisa nyebrang sampe besok pagi. Akhirnya dengan sedikit niatan, kami maju dikit dikit. Dan apesnya, saya ditinggal sama Ave. Dan untungnya saya ga disamber motor motor yang kenceng banget di belakang saya. "Ave kamu jahat..."

Yah kurang lebih itulah kejadian selama sepeda keliling dunia bersama Ami dan Ave. Kami berdua sempet mikir nama acaranya ini apa enaknya.
JJP bersama AA : Jalan Jalan Pagi bersama Ami Ave
ato
SESEPAAA : Sepeda Sepeda Pagi Ami Ave
Udahan ah ceritanya, mau bobok dulu. Udah jam setengah 5 bloggie. Bye !
Sebelomnya, sambutlah partner setia kami, Pego dan Freddie

Pego & Freddie
 Masih galau ? Take this !


"Mungkin memang ku yang harus mengerti
Bilaku bukan yang ingin kau miliki
Salahkah ku bila kaulah yang ada di hatiku ?"

*salaah...salah banget :p

No comments:

Post a Comment