15/12/2012

Joy Trip To Bangli #3 (Penglipuran Village)

yaaaay, akhirnya sampe juga di part 3, dan berarti sampailah kami semua di Desa Penglipuran
oh ya, sebelumnya ada intermezo sedikit nih :p

jadi, abis ngelakuin trip ke Bangli, besoknya saya mampir lagi ke kantor buat ngurusin sesuatu sebelum balik ke Solo. nah, saya bilang dong kalo akhirnya udah pergi ke Bangli dan mampir hutan bambu. trus, orang kantor bilang apa coba ? "ihh, beraninya kamu, dulu kan ada yang pernah diperkosa disana. disana sepi kan ? ya kan ? ya kan ?"


Desa Penglipuran terletak di Kabupaten Bangli, tepatnya Kelurahan Kubu. Hawa di desa ini sejuk banget, entah karena waktu kami kesana cuacanya lagi mendung, ato emang hawanya asli sejuk, mengingat desa ini deket sama Kintamani. Waktu ngbrol ngobrol sama warga sana sih, katanya udah 10 hari itu Desa Penglipuran diguyur ujan terus. Pantes sih, waktu kami kesana emang ga ada sedikitpun panas. Oh ya, menurut referensi yang saya dapet, nama Penglipuran itu berasal dari kata Pengeling Pura yang artinya ingat kepada leluhur, tapi disebutkan juga Penglipuran artinya penghiburan. Kalo arti yang terakhir ini saya setuju hahahahaha :D emang disana saya terhibur banget, makasih yah warga Penglipuran :') #salim.
Waktu pertama kali nyampe, kami ga parkir di deket gerbang desanya, soalnya disana lagi ada acara Hari Pangan Sedunia (ato se Indonesia ? lupa gw) Gubernur Bali juga dateng waktu itu, dan banyaaak banget mobil mobil pejabat gitu, ada Menteri Pangan juga kalo ga salah (eh ada yah menteri pangan ? duh salah lagi gw). Jadi kami parkirnya rada jauh, tepatnya di sebelah Taman Pahlawan Penglipuran, nah karena kami bacanya rada siwer, jadinya kebaca Taman Makam Pahlawan -___- dan baru sadar agak lama, kalo ternyata itu Taman Pahlawan. Pantesan, kami nyari makamnya ga nemu nemu.



Jadi sebelomnya sempet terjadi ketegangan antara Farida sama Ari, yah bukan berantem sih namanya. Kaya sewot sewotan gitu lah, tapi cukup bikin saya deg degan "ohh come on guys, jangan mayah mayah, adek takuut". Mungkin karena faktor rasa cape kali yah, jadi pada sensi. Untung saya yang lagi bulanan ga ikut ikut naik darah hahahaha. Tapi ketegangannya ga lama kok, abis itu suasana cukup mendingin (emang hawanya dingin wkwk). Disini kita nemuin kesulitan masuk ke Desanya, bingung nyari jalan masuk selain dari gapuranya. Sebenernya masalah ini juga yang bikin Farida sama Ari jadi tegang (tegang ?) hahahaha -___- ok ok cukup, fokus. Nanya orang yang kebetulan lagi nongkrong disitu, ngasih ngasih arah gitu. Kami ikutin deh arahnya, dan akhirnya jalan itu berakhir pada sebuah jalan buntu dan ada SD di ujungnya. iya bener SD yang kepanjangannya Sekolah Dasar -__- akhirnya ada anak SD yang keluar gerbang sekolahnya, kami nanya dan dikasih tau deh cara masuk ke Desa Penglipuran. Makasih ya adek lucu, sini kakak sun dulu pipinya :*
Dan akhirnyaaaaaa....


Selamat Datang di Desa Penglipuran :)
by the way, udah rukun loh mereka. ciyeeeehhh
Sampailah kami di Desa Penglipuran :') Makasih buat Tuhan yang udah ngasih aku selama ini rahmatNya, buat keluarga aku yang selama ini udah nyuport aku, buat temen temen, makan niiiihhhh !! -___-
maaf maaf maaf, kembali ke topik aja yah...

Akhirnya kami nyampe di Desa Penglipuran, setelah selama ini cuma bisa liat dari internet aja :') hiks hiks. Fyi, masuk ke desa ini gratis loh, gratis tis tis, ga keluar sepeserpun *_*. Rumah rumahnya lucuuuuu banget bloggie, bisa mirip semua gitu, lucu deh. Trus gerbangnya kecil kecil gitu, kalo ga salah namanya Angkul Angkul, ada yang bilang katanya Angko Angko, CMIIW aja deh :p dan desa ini sumpaah asri banget ! Ga ada satupun kendaraan bermotor, ahh mantap pokoknya. Dan ada 1 lagi nilai plusnya WARGA DISINI RAMAH BANGEET. Ahh aku jadi terharu atas keramahan kalian semua :') #ngelap air mata
Sebelum keliling desa, kami mampir warung deket situ buat beli minum, maklum haus banget bloggie. Abis beli minum, kita duduk bentar di warungnya, ibu yang jaga baik banget, ramah banget. Ahh ibu, kok saya disenyumin terus sih, kan jadi malu -__-




Abis beli minum kita nerusin jalan keliling desa, waktu pas lagi jalan, saya nemuin ada bapak bapak yang lagi minum sesuatu. Minumannya itu warnanya ijo lumut gitu, kaya peresan daun cincau. Karena emang lagi ga haus, saya ga tertarik beli, cuma masih bingung itu minuman apaan. Usut punya usut, setelah saya cari di internet, minuman itu namanya loloh cemcem, katanya dari daun cemcem. Duh, saya ga tau itu daun apaan, tapi menurut referensi yang saya dapet, minuman ini rasanya seger. Ahh jadi nyesel kenapa waktu itu ga ikutan beli.  Dan di desa ini, pengunjung boleh masuk masuk ke area rumah warga. Menurut penglihatan saya sih, ada beberapa rumah yang udah rada modern, ada yang masih tradisional. Mungkin ada beberapa yang udah ngikutin kemajuan jaman yah. Kontur jalan di desa ini menanjak bloggie, dan diatasnya kita bakal nemuin Pura Desa, namanya Pura Penataran, ntar deh saya kasih liat foto fotonya, tapi berhubung author kalian tercinta ini sedang haid, jadinya ga bisa ikutan masuk. Cuma diwakilin Farida sama Ari aja. Sebelum masuk ke pura, diwajibkan pake sarung sama selendang dulu bloggie, dan untuk biayanya, sukarela :) oh iya, satu lagi nilai plusnya, ibu ibu yang jagain itu baiiiiiikkk banget, selama temen temen masuk ke pura, saya banyak ngobrol sama ibu itu. Ngobrolin tentang desa, tentang anak anaknya si ibu, banyak deh. si ibu itu nyaranin saya sama temen temen buat mampir Kintamani, katanya deket lagi nyampe. Ok ibu, akan saya turuti maumu #salim. Oh ya, bloggie. FYI, anaknya si ibu itu ada 8 loh hahahaha *ga penting*


dipake dulu ya selendangnya, mas mbak
dan akhirnya mereka masuk ke pura, dan meninggalkan saya yang sedang berhalangan. it's okay, it's okay, udahlah kalian ga usah mikirin aku, aku bahagia kaya gini, aku ga papa, kalo kalian mikir aku sedih, kalian salah, aku sama sekali ga sedih, aku bahagia liat kalian bahagia :') #dramaqueen





Pura Penataran
Desa Pekraman Penglipuran
Lumayan sedikit lama nunggu 2 bocah itu keluar pura, saya nungguin sambil ngobrol ngobrol sama si ibu ibu tadi. Trus ga lama dateng 2 anak perempuan, yang 1 sektar kelas 1 SMP dan yang 1 masih 6 tahun, ngomong sama ibu itu pake bahasa Bali, duh saya ga ngerti. Ternyata 2 anak itu anaknya si ibu, kalo ga salah itu anaknya nomer 6 sama 8 (remember ? anaknya si ibu ada 8). Akhirnya Farida sama Ari keluar juga dari pura, dan untuk menghibur kekecewaan saya, kami bertiga foto di depannya pura, dan tentunya saya ikutan dipakein selendang :p

Harusnya yang pendek di tengah dong
kalian gimana sih ? jadi ga balance kan fotonya
aku mencih aku mencihhh
setelah puas foto foto, kami kembali nglajutin jalan. Ga lupa salim sungkem dulu sama si ibu, makasih ya bu #kecupbasah. Rencananya, kami mau nyoba masukin rumah warga yang kayanya menarik. Di sepanjang jalan, banyak banget warga yang nongkrong (wihh bahasanya, duduk duduk maksud saya) di depan rumah mereka. Kata ibu tadi sih, berhubung lagi ada acara, jadinya banyak warga yang nongkrong di luar rumah. Dan katanya si ibu tadi, bahkan satu desa itu rata rata kenal lho sama tetangganya, uuuuhhh so sweet syekali *_*
Contoh tempat sampah di Desa Penglipuran
Dan akhirnya kami tertarik sama satu rumah, kalo ga salah nomer rumahnya itu nomer 26, CMIIW. Kami tertarik soalnya rumahnya itu banyak banget ukiran ukirannya, dan kesannya Bali banget :D. Kebetulan yang punya rumah lagi nongkrong di depan rumahnya, dan dengan ramah ibu itu mempersilakan kami bertiga masuk, makasih ya bu :') ibu jangan baik baik sama saya yah, saya takut ga mampu membalasnya kelak :')

Ini nih ibu yang punya rumah sama cucunya yang baru bangun tidur :D
Ibu ini ramah banget loh, asli
Setelah puas masuk masuk ke rumah si ibu, akhirnya kami pamit dan bermaksud buat ngelanjutin perjalanan. Kami berencana mau lanjut ke Kintamani, soalnya kata ibu ibu yang di pura tadi itu kalo udah kesini lanjut ke Kintamani aja, kepalang tanggung hahahaha :p
Kintamani, here we come !!!!

Selamat tinggal Desa Penglipuran, sampai jumpa lagi
Entah kami atau saya sendiri pasti akan kesana lagi :)
Terima kasih buat semua keramah tamahan yang kalian berikan


2 comments:

  1. suatu saat saya kesini lagi disaat tidak haid #e-maap

    ReplyDelete
  2. eh ada tokohnya disini. kecup basah dulu sinih

    ReplyDelete