22/07/2013

Dokter Lampu

Dokter lampu ? Bloggie bingung ? Iya, sama saya juga bingung sama istilah ini awalnya. Yaudah ga usah berbingung bingung ria. Marilah kita bahas, siapakah sosok dokter lampu ini...

Malem itu, saya dan mamake pergi kontrol ke dokter abis buka puasa. Nah pulangnya mampirlah kita di lapak martabak mau beli martabak, masa mau beli semen ? Ngga kan ? Ok skip. Di sebelah lapak martabak ini ada bapak bapak beralaskan karpet ijo sambil majangin banyaaaak bangeeet bohlam. Sampe tumpeh tumpeh ke jalan.

Dokter Lampu
Ohh bukan, ini bukan aksi  kuda lumping yang biasanya suka ngemilin bohlam -___- 
Usut punya usut bapak ini adalah DOKTER LAMPU. Lampu lampu yang udah mati, di tangan bapak ini bisa berfungsi lagi. Ahh masa ? Masa iya ? Ihh kamu ga percaya sama aku ihh...
Balik lagi ke kisah duo mamake dan anake, abis pesen martabak sama abangnya yang jual. Kami duduk di bangku deket dokter lampu sambil nungguin martabak pesenan kami. Ga lama mamake nyeletuk "Lucu yah..." sambil nunjuk bapak dokter lampu itu. Maigaaatt, sejak kapan orang nyari duit dibilang lucu, mamakeee ?! Sejak celetukan itu, makin yakinlah saya kalo ternyata saya ini anak kandungnya mamake, celetukan celetukan macem gitu emang sering juga keluar dari mulut saya. Like mother like daughter. Ok, back to the right way. Sambil ngeliatin bapak bapak itu (bayangin aja, apa ga risih bapak itu diliatin 2 orang aneh kaya kami) duo maut ini saling nanya nanya sendiri trus dijawab sendiri.

Mamake a.k.a Mumichtu : "Makanya, kalo ada lampu yang mati di rumah, ga pernah dibuang sama Mba Bong, dibawa kesini pasti"
Ami : "Hemat kali ya daripada beli baru"
Mumichtu : "Lumayan lho, kalo beli baru tuh aja bisa 60 ribuan"
Ami : "Ahh paling bertahannya ga lama, seminggu udah mati lagi"
Mumichtu : "Lucu yaa... Eh tuh tuh ada yang beli, lagi milih milih dia"
Ami : "Lampu lampu segitu banyak dapet darimana ya.."
Mumichtu : "Ngambilin dari tempat sampah kali ya, kan banyak banget pasti itu"
Ami : *hening*

Emang, selama kami nungguin martabak, si bapak ini kedatengan pembeli lumayan banyak. Sekitar 4-5 orang gitu pasti ada yang dateng silih berganti. Sempet terharu juga ngeliatin bapak dokter lampu ini. Ga tau kenapa, rasanya terharu aja ngeliatnya. Ga tau itu efek mukanya yang emang melankolis, ato emang saya terharu sama kegigihannya nyari uang. Hiks...Apalagi mamake bilang kalo bapak ini dapet lampu lampu itu dari tempat sampah *brb ambil tissue
Dan tiba tiba, mamake nanya nanya ke si bapak dokter lampu

Mumichtu : "Kalo lampu mati bisa dibenerin disini ya mas ?"
Dokter Lampu : "Iya bu...e he he he" (emang begini kok nada ketawanya)
Mumichtu : "Ada tuh di rumah saya 2 bohlam, bisa ya mas dibenerin ?"
Dokter Lampu : "Ohh bisa bisa bu... e he he he"
Mumichtu : "Semua lampu bisa dibenerin ?"
(plisss, jangan nanya kalo lampu mercusuar juga mau dibenerin disini) -___-
Dokter Lampu : "Kadang kadang ada yang ga bisa juga bu..."
Mumichtu : "Tahannya berapa lama itu mas ?"
Dokter Lampu : "Setahun bisa ini bu"
Mumichtu : "Wahh lama yaa, berapaan mas buat ngebenerin ?"
Dokter Lampu : "3000 sampe 5000 bu.."
Mumichtu : "Wah murah ya mas. Mas bukanya kalo malem aja ? Siang ga buka ?"
Dokter Lampu : "Iya bu, malem aja bukanya"
Dan Ami pun ikut ambil suara.....
Ami : "Kalo siang panas soalnya ha ha ha ha..."
Mumichtu & Dokter Lampu : *hening*
Ami : *lari ke tengah jalan*

Sepanjang jalan pulang, saya dan mamake ga abis abisnya cerita tentang si dokter lampu ini. Saya sih setuju banget adanya si dokter lampu. Seengganya bisa ngurangin limbah juga kan. Lampu lampu yang mati bisa dibenerin lagi, ga langsung dibuang. Dan kalaupun kita ga mau make, bisa juga dijual ke bapak itu. Lumayan juga kan, bisa ngebantu usaha bapak ini juga. Waktu ada pembelinya dateng sih, saya sempet ngeliatin transaksinya. Yang bisa saya liat, harga bohlam yang udah bener itu 8000 rupiah. Si pembeli ngasih duit 10 ribu, dan dokter lampu ngasih kembalian 2 ribu. 8000 bener kan ?? Mungkin harganya macem macem tergantung jenis lampunya.

Saya mungkin lagi melankolis aja ya waktu itu. Dalam perjalanan pulang ga berhenti mikirin si bapak itu. Hey, saya ga jatuh cinta sama dokter lampu kan ? -___- Bukan kok, saya cuma terharu aja liatin dia nyari uang kaya gitu. Duduk ngemper di pinggir jalan. Mungkin posisi duduknya kali ya, yang bikin saya jadi sedih ngeliatinnya. Bener bener duduk di bawah beralaskan karpet ijo. Padahal tadi pas ngomong ngomong sama si dokter lampu, saya dan mamake duduk di atas. Hiks... Bapak Dokter Lampu, saya doakan usahamu lancar ya, Pak !! Bapak, kamu luar biasaaahhh...!

*fyi, Mba Bong itu mba yang bantu bantu di rumah

No comments:

Post a Comment