06/05/2013

Nocturnal



Menurut pengertiannya, nocturnal itu berarti hewan yang melakukan aktivitasnya di malam hari. Emm, sebelumnya.. karena ini menceritakan tentang sang author, mari dijelaskan terlebih dulu kalo author ini manusia tulen ya, bukan hewan. Mentang mentang sekarang lagi ngebahas nocturnal :v

Inilah yang udah saya rasain 3 tahun terakhir, dan semakin parah dalam beberapa bulan ini. Bukan, ini bukan insomnia bloggie. Saya mulai ngerasa malam jadi siang, siang jadi malam. Awal mula ngerasain ini sejak awal awal masuk kuliah. Kuliah saya bukannya megharuskan buat begadang ato lembur gitu, cuman saya nya yang kalo ngerjain tugas sampe lembur lembur gitu. Semester awal begadang sampe jam 1, ngantuk ga kuat, trus tidur. Semakin naik semester semakin nambah jam terbang begadangnya, sampe jam 3 pagi. Hingga akhirnya tidak tidur pun jadi makanan sehari-hari di semester semester akhir, baru mulai tidur jam 7 pagi. Mulai ga wajar sih, badan juga mulai berontak kecapean.

Ini bukan saya yang mau lho. Jujur, maunya saya sih tidur yang cukup dengan jam yang wajar seperti kebanyakan orang. Jam 9 ato 10 malem gitu udah tidur, dan bangun jam 5 pagi. Badan seger, pikiran juga seger kan. Pernah ditanyain temen yang ga pernah begadang "kalo begadang gitu ngapain sih ? toh, tugas kita kan sama" Rada bingung jawabnya yah, kalo dipikir pikir emang bener, saya dan dia punya tugas yang sama. Kalo dia aja bisa tidur wajar, kenapa saya ngga ? Trus dia nanya lagi "Kalo siang gitu ngapain ?" Jawaban saya jelas kalo siang itu tidur dong, buat ngganti jam tidur yang kesita. Ternyata dia itu kalo ngerjain tugas siang, dan bener bener efektif. Di kampus bukannya nongkrong, dia malah nugas. Dan tugasnya memang selesai. Dia pernah nanya ke saya "kamu ngapain ke kampus ? nongkrong ?" Karena ini udah semester akhir, mata kuliah pun udah ga sepadet semester awal, tapi saya and the genks (haiss) masih rajin ke kampus buat sekedar having fun, hepingpan istilah kami -__-

Hingga akhirnya terbesitlah niatan buat ngerjain tugas di siang hari dan tidur nyenyak di malam hari. Niatan ini sangat disetujui sama papake, soalnya papake punya pemikiran yang sama kaya temen saya itu tadi, kalo bisa dikerjain siang, kenapa harus malem ?
Besoknya saya nyoba buat nugas sekitar jam 10 pagi, awalnya pemanasan dulu buka facebook, twitter, ngeblog, ngewancak. Ga kerasa udah jam 1 siang, istirahat makan siang sambil nonton tv. Ga kerasa udah jam 5 sore, mandi sore. Laptop dimatiin, rencana ngerjain lagi jam 7 maleman. Eh jam 7 ada drama korea favorit, eh jam 9 juga ada.... -____-

Nah itu masalahnya, menurut saya pribadi ngerjain tugas siang itu terlalu banyak kendala, ga bisa konsen, kalo malem itu rasanya lebih efektif (buat saya pribadi) kerjaan beres berkat bantuan the power of kepepet. Ga tau kenapa, kalo kepepet itu rasanya ada aja ide yang masuk ke otak, dan sangat susah nyari ide di siang hari. Emm, kayanya saya ga butuh persetujuan kalo soal ini, temen temen yang doyan begadang kaya saya pasti setuju setuju aja. Apalagi jam 1 pagi itu, waktu yang dewa banget buat ngerjain. Ide ngucur deras di otak sampe merembes keluar dari telinga -__- ok ini jorok. 

Penjelasan ini udah saya kasih ke papake juga "kalo malem tuh lebih konsen, kerjaannya juga cepet kelar, kalo siang banyak gangguan, bikin ga konsen" Yah, kalo saya udah ngomong begini, papake cuma bisa manggut manggut pasrah aja. Fyi, kebiasaan begadang saya ini berdampak ke kesehatan juga. Kepala sering sakit, punggung sakit apalagi yang deket tulang ekor, rahang sering sakit (ga tau kenapa, pernah iseng browsing kalo kebiasaan begadang bikin gangguan sama rahang). Dan yang paling kerasa sakitnya itu jelas punggung. Penyebabnya duduk di depan laptop berjam jam, dan disaat seharusnya badan saya istirahat. Kadang saya suka minum minuman berenergi buat semacam dopping ngerjain tugas di malam hari itu. Tapi sekarang udah ngga lagi sejak papake dan mamake ngelarang, ga mau liat lagi minuman itu nongkrong di kulkas. Sebagai gantinya saya sedia air putih aja yang banyak.
Meja Pesakitan
Kebiasaan begadang ini otomatis udah terporogram di badan saya. Walaupun ga ada tugas, saya tetep tidur malem menjelang dini hari. Memang ga ngantuk sama sekali. Selain itu, saya punya pemikiran konyol kalo mau tidur, misalnya udah jam 11 malem, pengen tidur, tapi dalem hati saya ngomong "alah, masih jam 11 kok udah tidur" bagi saya sekarang, jam 11 itu bagaikan jam 7 malem. Bener bener udah ga wajar rasanya :v. Akhirnya saya tidur jam 3 pagi, itupun dipaksa paksa karena memang mata ini ga mau merem, ini bener bener nyiksa bloggie, gelimpungan di kasur nunggu ngantuk. Bangun pun biasanya siang banget jam 10-11 siang. Bukannya seger, badan ini rasanya malah tambah lemes. Sempet kepikiran, kalo besok kerja dengan pola tidur kaya gini, saya bisa disiplin ngga ? Tapi pengalaman KP kemaren 3 bulan, saya jadi tau, justru saat kerja itulah jam tidur saya teratur. Pulang kerja, jam 8 malem itu rasanya udah capek, alhasil jam 9 pun saya tidur, dan bangun jam 5 pagi dengan badan yang seger

Memang banyak orang yang bilang, kalo kuliah teknik ato desain itu, begadang / lembur adalah hal yang biasa. Kalo ada temen yang tidur pagi (istilah kalo tidur jam 9-10 malem) pasti dibilang "desainer kok jam segini tidur" (desainer interior lho ya, bukan desainer fashion) -__- Jadi memang intinya bagi kami ga tidur itu biasa, kalo tidur baru luar biasa.

No comments:

Post a Comment