17/11/2016

Samsung Galaxy J5 & J7 : Smartphone For Smart Blogger



 Bicara tentang smartphone, sepertinya bukan merupakan hal yang asing bagi orang jaman sekarang. Semuaaa orang punya smartphone, tak terkecuali saya. Selain untuk media sosial (of course), sebisa mungkin saya harus memaksimalkan fungsi smartphone. Apalagi saya sebagai blogger, smartphone adalah barang yang ga bisa jauh dari jangkauan. Inspirasi buat nulis bisa dateng tiba-tiba gitu aja waktu saya lagi ga stand by di depan laptop. Biasanya kalau begitu, saya langsung ambil handphone dan ketik di draft sebelum inspirasinya ilang gitu aja. Selain buat ngeblog, saya aktif cek email yang masuk. Entah untuk kerjaan atau informasi tentang blogging competition, tapi yang paling penting setiap pagi saya menunggu email Morning Toast dari Female Daily

Saya bisa blogging lewat smartphone !
Sebagai blogger yang hobi jalan, fitur kamera itu penting buat saya untuk mengabadikan momen ketika lagi traveling. Walaupun bukan fotografer profesional, tapi kualitas foto yang baik sangat menunjang postingan di blog. Oleh karena itu, saya sangat concern terhadap ketajaman hasil foto yang saya ambil melalui smartphone. Selain fitur kamera, performa yang baik itu wajib hukumnya ketika saya memilih, saya suka smartphone cepat ! Ga mau dong, ketika sudah siap-siap mau mengambil gambar, eh ternyata smartphone saya lemot, hang dan kemudian restart sendiri. Itu jelas bikin mood saya jatuh banget. Selain mood yang jatuh, handphone juga bakalan jatuh banget. Iya, dibanting. Dan saya bersyukur, itu ga terjadi di smartphone saya sekarang, jadi belom ada kejadian banting handphone sejauh ini hahaha #JanganSampe. Tapi sayangnya, smartphone yang saya gunakan saat ini tidak mendukung expandables memory, sehingga saya tidak bisa menambah kapasitas dengan memori external. Sadar diri, saya ini orang yang hobi menumpuk file apapun, saya butuh lebih banyak kapasitas memori. Jadi kepikiran deh, pengen nambah smartphone yang bisa ditambah memori externalnya (horaaang kayaah !). Oleh karena itu, kepikiran lah buat beli smartphone berbasis Android yang bisa menunjang kegiatan nge-blog saya. Tapi, saya bingung. Smartphone berbasis Android itu banyaaaaaaaaaaak banget di pasaran, mulai dari merk yang terkenal sampai merk yang baru saya denger kemarin sore. Baca review sana sini untuk meyakinkan mau beli yang mana, belom juga yakin. Dan, sampai akhirnya perhatian saya tertuju pada Samsung Galaxy J5 & J7.

http://amsyongloser.blogspot.co.id/
Jujur, pertama kali lihat Samsung Galaxy J5 & J7 saya langsung kepikiran
"Warnanya bagus ! Mirip hp gw nih"
Elegant !
Love at first sight itu bener adanya hahaha ! Saya pun browsing tentang spesifikasi Samsung Galaxy J5 & J7 di website Samsung, dan berharap fitur dan fisiknya sebanding sama-sama bagus, harganya kalo bisa jangan mahal-mahal. Samsung J5 ini berukuran lebih kecil dibanding Samsung J7, Samsung J5 berukuran 5,2" sedangkan Samsung J7 berukuran 5,5". Layar keduanya adalah super AMOLED display 1280 x 720 sehingga ga usah takut kalau smartphone besutan Samsung ini bikin mata sepet gara-gara ga high definition. Dijamin puas ! Ngeblog pun lancar karena layarnya gede.

Samsung Galaxy J5 & J7 dilengkapi dengan kamera yang bagus banget yaitu 13 MP untuk kamera belakangnya, dan 5 MP untuk kamera depannya. Ini sih fix, banci selfie bakal puas selfie di Samsung J5 & J7. Selain ketajaman kameranya yang bagus banget, kameranya dilengkapi dengan beberapa fitur yang ok banget. Apa aja ?
  • Palm Recognition, cuma dengan gerakan tangan, smartphone ini langsung siap untuk ambil gambar tanpa tekan tombol shutter ! Ini asik kalau mau selfie bareng temen-temen !
  • Wide Selfie, ga usah takut kalau temen-temen segengmu badannya geday semua, trus panik ga bisa semuanya masuk ke dalam frame. Samsung J5 & J7 dilengkapi fiture Wide Selfie yang menjamin semua personil gengmu bisa masuk semua ke dalam frame. Dan kalo belom masuk juga, jangan salahkan hp, salahkan badannya. #AmiPikirDirinyakecil #Kabur
  • Beauty Mode, ini fitur bagus buat yang lagi LDR. Jadi kalau kalian bangun tidur terus si pacar minta dikirimin foto selfie padahal kalian belom dandan, maka beauty mode lah penyelamat hubungan kalian. Daripada diputusin pacar gara-gara dia kaget liat muka bangun tidur kita. Itu sih cowonya aja yang sok kegantengan.
  • Front Flash. Ini juga penting ! Pernah pengen selfie di tempat remang-remang ? Tapi hasilnya burem, gelap ? Jadi membuat orang bertanya-tanya kegiatan apa yang kalian lakukan di tempat remang-remang. Pakai Samsung J5 & J7 ! Karena kamera depan ada flashnya, sehingga hasil foto ga jadi gelap burem, semua terpampang jelas dan nyata jadinya ga membuat orang-orang berpikir yang tidak-tidak hahaha.
Kita ga ngapa-ngapain kok.
Fitur Wide Lens yang memungkinkan satu geng masuk frame semua.
Selain layar dan kameranya yang sama, Samsung J5 & J7 sama-sama dibekali 16 GB memori internal dan expandable up to 128 GB ! Ya, buat yang hobi numpuk file macam saya ini, cocok lah pakai Samsung J5 & J7, mau foto-foto sampai memble juga ga bakal penuh memorinya. Dan terkait dengan memori, Samsung J5 & J7 memiliki fitur yang bisa mengecek pemakaian memori dalam sekali sentuh, Smart Manager. Mulai dari penggunaan memori internal, external, RAM, bahkan penggunaan battery, semua dalam satu sentuhan saja. RAM ? Tenang, Samsung J5 & J7 dibekali RAM 2GB sehingga dijamin performanya cepat, dijamin ga akan ngelag atau hang yang bikin sebel tingkat tinggi.

Smart Manager
Namanya aja beda series, pasti ada bedanya. Samsung Galaxy J5 memiliki processor Octa Core 1,6 GHz dengan OS Android Marshmalow. Sedangkan Samsung Galaxy J7 memiliki processor Quad Core 1,2 GHz. dengan OS Android Lollipop. Untuk kapasitas battery pun, kedua smartphone ini berbeda. Samsung Galaxy J5 dibekali kapasitas battery 3100 mAh sedangkan Galaxy J7 memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu 3300 mAh. Dan jangan takut kalau mau menghemat penggunaan daya battery, karena kedua smartphone ini memiliki fitur Ultra Power Saving Mode yang bisa memangkas penggunaan daya battery untuk aplikasi yang tidak dibutuhkan.


Setelah mempelajari fitur-fitur dan kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy J5 & J7, saya jadi yakin untuk nambah smartphone lagi yang berbasis Android. Semua keinginan saya, tercover dalam satu smartphone. Kamera yang mumpuni bagi blogger seperti saya untuk mengambil  gambar. Kemudian adanya fitur Ultra Power Saving Mode yang membantu orang pelupa macam saya yang sering banget ketinggalan powerbank, sementara juga lupa ngecharge handphone. Amsyong deh. Dan yang terpenting adalah, tujuan utama saya memiliki smartphone yang bisa expandables memory pun terpenuhi, up to 128 GB ! Tapi semua fitur itu percuma kalau harganya ga miring, apalagi buat anak kosan macam saya. 

Bagaimana dengan harga ? Tenang, Samsung Galaxy J7 dibanderol dengan harga sekitar Rp. 3.500.000,00. Terjangkau banget, yuhuuuu. Dengan fitur yang sangat mumpuni dan harga yang sangat terjangkau, rasanya Samsung Galaxy J5 & J7 pantas disebut sebagai smartphone for smart blogger.

1 comment: