23/02/2015

Mille Crepes Oreo

Setelah sekian lama ga bikin makanan yang manis manis, saya pun akhirnya ga tahan buat ga bikin kue. Saya langsung meluncur ke Carrefour di deket kosan sepulang kantor untuk membeli bahan bahan kue. Kali ini saya mau bikin Mille Crepes. Ini resep yang super duper mudah banget. Mille Crepes ini adalah adonan crepes yang disusun berlapis lapis sehingga membentuk cake. Di tiap susunannya, diberil filling / isian sesuai selera. Kalo kali ini saya pake isiannya vla vanilla dengan oreo crumble. Kalau bloggie bingung, banyak kok di internet yang membahas Mille Crepes, googling aja. Untuk resepnya, saya dapet dari channel youtube favorit saya Ochikeron. Dan untuk saus vla nya saya emang udah punya resep ini sejak dulu kala hahaha. Selamat mencoba bloggie !

Bahan bahan kue
Bahan kulit :
Tepung terigu 80 gr
Gula 2 sdm
Garam sejumput
Telur 2 butir, kocok lepas
Mentega 2 sdm, dilelehkan
Susu cair secukupnya, kurang lebih 200-400 ml

Bahan saus vla :
Susu cair 500 ml
Kuning telur 2 
Maizena 40 gr
Gula 75 gr

Bahan pelengkap : Oreo crumble, oreo dihancurkan tapi jangan terlalu halus yah, biar masih ada gigitan gigitan manja pas dimakan :p

Cara membuat vla :

1. Campurkan semua bahan ke dalam panci, sampai tidak ada adonan yang menggumpal
2. Panaskan di atas api sedang, sampai saus vla mengental.
3. Jika dirasa kurang kental, bisa ditambahkan larutan maizena dengan air
4. Dinginkan vla

Cara membuat kulit :

1. Campurkan tepung, gula, garam, dan telur secara perlahan lahan.
2. Setelah semua bahan tercampur, masukkan mentega cair. Aduk hingga tercampur rata
3. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sampai mencapai konsistensi adonan yang tepat, selera saya sih jangan terlalu kental, harus agak sedikit cair. Sehingga saat dibentuk di teflon, adonan mudah mengikuti bentuk teflon.
4. Diamkan adonan kurang lebih 10 menit
5. Tuang adonan di atas teflon. Sebelumnya teflon diberi sedikit minyak, dan dilap pake tissue makan untuk menyerap kelebihan minyaknya. Jangan terlalu banyak minyaknya. Masak dengan api kecil, agar adonan matang merata dan warnanya tetap cantik, tidak menjadi coklat.

Kulit udah jadi, vla udah jadi. Tinggal disusun :D
Taraaaaa, Mille Crepes Oreo ala Ami udah jadiii
Kalo pengen bentuk yang lebih sempurna cantiknya, setelah crepes jadi, bisa dipotong dengan cake cutter berbentuk bulat. Sehingga pinggirannya yang keriting disko ini bisa ilang, dan bentuk Mille Crepes pun bisa lebih sempurna. Tapi karena saya eman sama pinggiran crepes yang terbuang nanti, saya biarkan Mille Crepes ini sedikit keriting di pinggirnya.



Karena bahan bahan kue masih banyak yang tersisa, saya pun punya ide untuk dijual aja di kantor hehehee. Karena adonan ini multifungsi, saya pengen bikin pancake durian, tapi karena durian mahal isiannya saya ganti pake vla keju dan vla oreo.

Yuk dagang yuk....
Malem malem ngelipet pancake
Siap dimasukkan kulkas dan disantap. Yummy
Selamat mencoba resepnya bloggie ! Terutama untuk anak kost hihihihi kalo ga ada uang bisa jualan ini, lumayan bisa menyelamatkan roda perekonomian anak kos di tanggal tua :p

1 comment: